x

3 Alasan Persija Jakarta Akan Sikat Habis PSM Makassar di GBK

Rabu, 28 Agustus 2019 09:38 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
Aksi selebrasi pemain Persija Jakarta setelah Marko Simic mencetak gol ke gawang Persib Bandung.

INDOSPORT.COM – Persija Jakarta akan menghadapi PSM Makassar pada pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019, Rabu (28/08/19), di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Ini merupakan pertemuan ketiga Persija Jakarta dan PSM Makassar musim ini setelah dua laga final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19.

Persija Jakarta berhasil menang 1-0 di GBK pada leg 1, namun kalah 0-2 saat bermain di Stadion Mattalatta, Matoangin. Alhasil, Persija Jakarta harus melepas trofi Kratingdaeng Piala Indonesia.

Baca Juga

Laga nanti tentu akan menjadi ajang revans bagi Persija Jakarta. Meski dalam kondisi kurang baik karena padatnya jadwal, Persija Jakarta siap mati-matian demi memberi kemenangan di hadapan Jakmania.

"Kami tahu hasil tim musim ini, tentu saja The Jakmania kurang bahagia. Saya merasa kecewa pula. Namun, saya meminta The Jakmania jangan menyerah untuk percaya kepada tim, dukung tim," ujar striker Persija, Marko Simic.

Persija Jakarta punya sejumlah catatan positif yang bisa membuat mereka menyikat habis PSM Makassar di GBK. Berikut portal berita olahraga INDOSPORT mengulasnya untuk Anda.


1. Rekor Kandang

Latihan tim Persija jelang laga Liga 1 melawan PSM Makassar di Stadion GBK Senayan, Jakarta, Selasa (27/08/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Persija Jakarta saat ini masih terdampar di urutan 15 klasemen sementara Liga 1 2019 atau satu tingkat di atas zona degradasi. Macan Kemayoran baru mengemas 13 poin dari 12 pertandingan.

Baca Juga

Meski begitu, Persija Jakarta memiliki rekor kandang yang cemerlang. Dari 5 laga kandang yang sudah dimainkan, Persija Jakarta belum sekali pun menelan kekalahan.

Hebatnya, setiap kali meraih kemenangan di kandang, Persija Jakarta selalu mencatatkan clean sheet. Ini dapat menjadi modal apik pasukan Julio Banuelos tatkala bersua PSM Makassar.


2. Ketajaman Simic

Striker Persija, Marko Simic membasuh wajahnya dengan air di sela-sela latihan tim Persija Jakarta jelang laga Liga 1 melawan PSM Makassar di Stadion GBK Senayan, Jakarta, Selasa (27/08/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Marko Simic sedang tajam-tajamnya. Tak heran jika Jakmania sedang saying-sayangnya dengan striker asal Kroasia berusia 31 tahun tersebut.

Simic sejauh ini telah menciptakan 12 gol dari 12 pertandingan. Artinya, Simic rata-rata selalu mencetak satu gol setiap pertandingan.

Baca Juga

Top skor Persija Jakarta musim 2018 lalu itu tercatat selalu mencetak gol bagi Persija Jakarta dalam 8 pertandingan terakhir, termasuk sekali hattrick dan brace.

Catatan istimewa ini dapat menjadi ancaman bagi lini pertahanan PSM Makassar. Terlebih lagi, PSM Makassar punya catatan hitam apabila bermain di luar kandang.


3. Rekor Buruk PSM Makassar

Official training tim PSM Makassar jelang lawan Persija Jakarta di Stadion GBK Senayan, Jakarta, Selasa (27/08/19). Pemain baru mereka Raphael Maitimo sudah terlihat berlatih bersama dengan tim

PSM Makassar sejatinya kuat di kandang, namun rapuh di laga tandang. PSM Makassar sejauh ini telah memainkan 11 laga di Liga 1 2019 dengan rincian 6 laga kandang dan 5 laga tandang.

Dari 6 laga yang dimainkan di Stadion Andi Mattalatta, anak asuh Darije Kalezic sanggup menyapu bersih dengan kemenangan. Total 14 gol disarangkan PSM Makassar ke gawang tamu berbanding 4 gol kemasukan.

Namun demikian, PSM Makassar ternyata hanya mampu meraih satu poin di luar kandang. Satu-satunya poin tersebut diraih pada laga tandang pertama ke markas Tira Persikabo yang berakhir 0-0.

Baca Juga

PSM Makassar bahkan hanya bisa mencetak 2 gol dari 5 laga tandang. Berbanding 8 kali kebobolan saat melawan Madura United, Bali United, Borneo FC, dan PSS Sleman.

Artinya, PSM Makassar baru saja pecah telur mencetak gol pada laga tandang kelimanya musim 2019 ini saat takluk 2-3 dari PSS Sleman, Jumat (23/08/19), di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Salah satu titik lemah PSM Makassar adalah mentalitas. Kalezic bahkan mengakui hal tersebut dalam konferensi pers usai takluk dari PSS Sleman.

Persija JakartaPSM MakassarStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Liga IndonesiaLiga 1Marko SimicTRIVIADarije KalezicBola Indonesia

Berita Terkini