x

Timnas Indonesia vs Malaysia, 3 Pemain Naturalisasi Ini Tersisihkan dari Skuat

Rabu, 4 September 2019 09:45 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
Pemain Timnas Indonesia, Osas Saha.

INDOSPORT.COM - Tiga pemain naturalisasi harus tersisihkan dalam laga pembuka Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC antara  timnas Indonesia vs Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/19).

Timnas Indonesia akan menjalani laga perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan lawan yang dihadapi adalah rival serumpun, Malaysia.

Kedua tim sama-sama memiliki pemain naturalisasi di setiap lini. Tidak heran, keberadaan mereka dapat mengangkat performa tim di atas lapangan.

Baca Juga

Kekuatan timnas Indonesia dipastikan akan sedikit berkurang dengan absennya beberapa penggawa naturalisasi bahkan ada yang telah tercoret.

Ada sejumlah alasan tersisihkannya para penggawa naturalisasi tersebut dari skuat Simon McMenemy menjelang duel kontra Malaysia, mulai dari cedera sampai kelengkapan dokumen.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT mengulas tiga pemain naturalisasi yang tersisihkan pada laga timnas Indonesia vs Malaysia.


1. Otavio Dutra

Pemain Timnas Indonesia, Otavio Dutra.

Bek tengah Persebaya Surabaya ini kembali gagal memperkuat timnas Indonesia karena alasan administrasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang belum beres sepenuhnya.

Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan, proses naturalisasi Dutra sudah lolos dari tahap verifikasi Komisi III DPR dan juga pihak kementerian terkait. Gatot juga sudah memantau langsung perkembangannya ke Kemkumham.

Baca Juga

"Alhamdulillah, Dutra sudah aman di Komisi III, Pak Menteri. Pas saya ke sana sudah selesai. Tadi sempat ketemu dengan Pak Dirjen AHU Kemkumham yang mendampingi Pak Menkumham. Ini tinggal surat ke Pak Presiden," ungkap Gatot.

Proses naturalisasi Otavio Dutra tinggal menunggu tanda tangan dari Presiden. Jika berjalan cepat, Dutra berpeluang membela timnas Indonesia di laga melawan Thailand, Selasa (10/9/19).


2. Greg Nwokolo

Greg Nwokolo selebrasi pada laga Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 2019, Kamis (4/7/19).

Alasan kondisi yang belum pulih total membuat gelandang Madura United, Greg Nwokolo, dicoret dari timnas Indonesia jelang menghadapi Malaysia.

Kondisi tersebut bisa langsung diketahui Simon McMenemy berdasarkan prosedur medical check-up yang dilakukan timnas Indonesia.

“Kami tahu Greg datang ke timnas dalam kondisi cedera. Kami sempat mencoba diskusi dengan dia dan kami berikan kesempatan untuk berlatih, tapi ia belum mampu memberikan 100 persen (kemampuannya) saat latihan,” ucap Simon.

Baca Juga

“(Kekurangan) Greg bisa terlihat di sesi latihan terakhir. Kami selaku tim pelatih tidak bisa turunkan pemain yang kondisi fisiknya masih 60 persen. Tim ini memiliki standar tinggi, kecepatan dan intensitas yang luar biasa,” cetusnya.

Pernyataan Simon tersebut sekaligus menampik isu yang menyebutkan Greg tidak profesional. Pasalnya, setelah dicoret dari timnas Indonesia, Greg Nwokolo tampil dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 saat Madura United menjamu Kalteng Putra, Minggu (1/9/19).


3. Osas Saha

Osas Saha merayakan gol ke gawan Persib Bandung

Pemain kelahiran Nigeria ini harus menunda debut bersama timnas Indonesia di laga melawan Malaysia akibat masih dibekap cedera.

Simon menjelaskan, Osas Saha mengalami cedera dan berlatih terpisah pada Minggu (109/19) lalu. Striker Tira-Persikabo itu tidak ikut berlatih taktik dan fisik demi menghindari risiko yang lebih besar.

Baca Juga

“Osas ada tertarik (ototnya). Tapi dia sudah istirahat satu atau dua hari. Harapan saya dia segera pulih dan bisa mengikuti latihan. Kita lihat besok, mudah-mudahan dia bisa berlatih,” terang Simon McMenemy.

Meski begitu, Osas Saha diharapkan segera pulih dan dapat membela timnas Indonesia di laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, Selasa (10/9/19).

Greg NwokoloNaturalisasiOsas SahaTimnas IndonesiaOtavio DutraBola InternasionalTimnas MalaysiaSimon McMenemyTRIVIABola IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini