x

3 Pemain Timnas Indonesia yang Layak Dicadangkan Lawan Thailand, Ada Lilipaly

Sabtu, 7 September 2019 10:15 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
Striker timnas Indonesia, Stefano Lilipaly.

INDOSPORT.COM - Tiga pemain timnas Indonesia ini berpeluang dicadangkan melawan Thailand dalam matchday kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (10/9/19).

Pemain-pemain timnas Indonesia terpaksa tertunduk lesu setelah kalah dari Malaysia pada laga perdana. Sempat dua kali memimpin, Indonesia kalah dramatis 2-3.

Alhasil, pasukan Simon McMenemy harus menduduki peringkat terbawah klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga

Simon telah mengakui penampilan timnya kurang maksimal. Terlebih lagi, di babak kedua fisik anak asuhnya terkuras dan harus kecolongan di menit akhir dari Malaysia.

"Walau berat, saya tak cari alasan, saya terima (kekalahan dari Malaysia). Saya mau bilang, kalau pemain sudah lakukan yang terbaik, mereka lari sampai tidak bisa lagi hingga akhir mereka jatuh karena kelelahan," ujar Simon McMenemy.

Hal tersebut tentu menjadi evaluasi bagi Simon guna memperbaiki penampilan di laga kedua melawan Thailand yang sukses menahan imbang Vietnam 1-1, Kamis (5/9/19).

Baca Juga

Simon berpeluang mencadangkan sejumlah pemain yang tampil kurang maksimal melawan Thailand dan memberi kesempatan penggawa lain.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan tiga pemain timnas Indonesia yang layak dicadangkan ketika melawan Thailand.


1. Hansamu Yama

Duel udara Hansamu Yama bersama pemain Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

Hansamu Yama bersama Manahati Lestusen sejatinya tampil rapat pada babak pertama melawan Malaysia. Akan tetapi, keduanya mulai kewalahan setelah masuknya Mohamadou Sumareh.

Bek klub Persebaya Surabaya ini hebat dalam duel bola atas. Namun sayangnya, ia tidak mampu mengantisipasi gol kedua Malaysia yang dicetak Syafiq Ahmad lewat sundulan kepala.

Situs berita olahraga asing, Fox Sports Asia, memberi nilai lima kepada Hansamu berdasarkan penampilannya melawan timnas Malaysia.

Baca Juga

Menghadapi Thailand nanti, Simon berpeluang memainkan salah satu dari Victor Igbonefo dan Yanto Basna yang saat ini berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Liga Thailand.

Meski begitu, Hansamu punya pengalaman apik kala menghadapi Thailand. Gol sundulannya saat itu di final leg 1 Piala AFF 2016 membawa timnas Indonesia menang 2-1.


2. Yustinus Pae

Bek kanan Persipura Jayapura, Yustinus Pae.

Bek sayap kanan klub Persipura Jayapura ini sebenarnya tampil apik pada babak pertama. Yustinus Pae sesekali rajin naik membantu serangan.

Akan tetapi, Tinus Pae dua kali gagal mengantisipasi gol pemain naturalisasi Malaysia, Mohamadou Sumareh, pada menit ke-37 dan 90+7.

Baca Juga

Pada gol pertama, Tinus Pae kalah duel lari dengan Sumareh sehingga ia dengan mudah menyodorkan bola ke tiang jauh, sedangkan pada gol kedua Tinus Pae kalah cepat menghadang Sumareh.

Sama dengan Hansamu, Tinus Pae diberi nilai lima oleh Fox Sports Asia. Meski punya pengalaman, Tinus Pae berpeluang digantikan oleh Ruben Sanadi yang dapat dimainkan sebagai bek sayap kanan.

Selain Ruben, Simon masih punya I Made Andhika sebagai bek sayap kanan murni. Dia sedang bersinar di Shopee Liga 1 2019 bersama Bali United meski minim jam terbang di level internasional bareng timnas Indonesia.


3. Stefano Lilipaly.

Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai kalah dari Malaysia, Kamis (05/09/2019).

Di antara semua pemain timnas Indonesia yang tampil melawan Malaysia, Stefano Lilipaly yang mendapatkan nilai paling buruk dari Fox Sports Asia, yakni empat.

Lilipaly dinilai tidak memberikan banyak pengaruh terhadap permainan timnas Indonesia. Ia setidaknya mendapat dua peluang emas di babak kedua, namun gagal mengonversikannya menjadi gol.

Baca Juga

Pemain naturalisasi ini juga tidak banyak berperan banyak dalam situasi build-up serangan. Alhasil, serangan timnas Indonesia tidak terlalu berkembang.

Lilipaly masih punya kans untuk dimainkan sebagai starter melawan Thailand menimbang pengalamannya bersama timnas Indonesia. Di sisi lain, ia bisa disiapkan Simon McMenemy sebagai supersub.

Stefano LilipalyHansamu Yama PranataTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandSimon McMenemyTRIVIABola IndonesiaYustinus Pae

Berita Terkini