x

3 Pemain ‘Cadangan’ Timnas Indonesia yang Layak Tampil Lawan Thailand, Ada Bek Naturalisasi

Minggu, 8 September 2019 11:12 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
3 pemain 'cadangan' Timnas Indonesia vs Malaysia yang layak main saat melawan Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Tiga pemain Timnas Indonesia yang dicadangkan melawan Malaysia ini layak tampil pada match day kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G melawan Thailand, Selasa (10/09/19), di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia di laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor dramatis 2-3, Kamis (05/09/19) lalu.

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, turut merasa sedih dengan kekalahan timnya. Anak asuhnya sempat bermain bagus, namun harus kecolongan pada menit akhir.

Baca Juga

"Itu susah untuk diterima, susah untuk ditelan kekalahan ini, kami tak bisa pura-pura kekalahan ini membuat sakit," ujar Simon dalam konferensi pers, Kamis (05/09/19).

Demi menjaga persaingan di Grup G, timnas Indonesia harus segera berbenah. Simon dapat melakukan pergantian pemain yang dinilai tampil kurang maksimal di laga melawan Malaysia.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT mengulas 3 pemain ‘cadangan’ timnas Indonesia yang layak tampil melawan Thailand di match day kedua.


1. Ruben Sanadi

Ruben Sanadi tampak mendapatkan instruksi dari sang pelatih Simon McMenemy, Kamis (05/09/2019).

Ruben Sanadi masuk pada akhir babak kedua, tepatnya pada menit ke-80. Ia menggantikan Ricky Fajrin yang dikabarkan mengalami cedera.

Kehadiran bek sayap kiri Persebaya Surabaya itu dinilai terlambat. Ruben tidak banyak memberikan dampak terhadap permainan Timnas Indonesia yang terus ditekan Malaysia.

Baca Juga

Laman berita olahraga asing, Fox Sports Asia, tidak memberikan nilai kepada Ruben pada pertandingan melawan Malaysia lalu. Meski begitu, Ruben layak mengisi starting line up di laga kontra Thailand nanti.

Jika Ricky Fajrin masih belum terlalu fit, Ruben dapat menggantikannya terlebih ia merupakan bek sayap murni. Meski begitu, Ruben juga dapat menggantikan Yustinus Pae yang tampil kurang maksimal.

Pada laga uji coba sebelumnya, Ruben pernah dimainkan sebagai bek sayap kanan. Hal tersebut berpeluang dicoba Simon saat melawan Thailand.


2. Hanif Sjahbandi

Pemain Timnas U-23, Hanif Sjahbandi (kiri) dijaga ketat oleh pemain Semen Padang pada laga uji coba di stadion Madya Senayan, Selasa (12/03/19).

Simon secara mengejutkan menarik keluar Zulfiandi di babak kedua. Fox Sports Asia menilai Zulfiandi bermain tidak terlalu buruk dan memberikan nilai 6.

Rizky Pellu yang ditugaskan sebagai pengganti justru kurang memberikan dampak terhadap permainan timnas Indonesia di babak kedua.

Baca Juga

Simon dapat mencoba gelandang Arema FC, Hanif Sjahbandi, untuk mengisi lini tengah andai Zulfiandi tidak terlalu fit di laga melawan Thailand nanti.

Meski belum lama bergabung bersama timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022, Hanif mampu membuktikan kualitasnya. Ia bahkan mampu mencetak gol di laga uji coba melawan Bhayangkara FC.

Hanif punya kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya. Pada pertandingan-pertandingan penting, ia kerap menjadi pemecah kebuntuan.


3. Victor Igbonefo

Pemain PTT Rayong Victor Igbonefo

Rapuhnya lini pertahanan Timnas Indonesia melawan Malaysia tentu menjadi sorotan Simon. Duet Hansamu Yama dan Manahati Lestusen berpeluang dirotasi di match day kedua nanti.

Melihat kebutuhan taktik, Simon berpeluang menggantikan Hansamu dengan Victor Igbonefo, sementara Manahati tetap diplot sebagai bek tengah yang memiliki tugas build up.

Baca Juga

Igbonefo unggul dari segi pengalaman, terlebih ia saat ini masih berstatus pemain klub PTT Rayong di kasta tertinggi sepak bola Thailand dengan menit bermain yang tinggi.

Kehadiran Igbonefo menjadi keuntungan bagi Timnas Indonesia. Bek naturalisasi itu tentu telah hafal karakter pemainan Thailand yang memadukan teknik dan kecepatan.

Selain Igbonefo, Simon sebenarnya juga masih memiliki Yanto Basna yang juga bermain di Liga Thailand. Jika Simon memutuskan bermain dengan tiga bek, Yanto Basna berpeluang mendampingi Manahati dan Igbonefo.

Victor IgbonefoThailandRuben SanadiTimnas IndonesiaBola InternasionalHanif SjahbandiSimon McMenemyTRIVIABola IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini