x

3 Fakta Mulia Aidil Sharin Sahak, 'Pep Guardiola Singapura' yang Tertarik Latih Persija

Sabtu, 14 September 2019 10:43 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Aidil Sharin kandidat pelatih Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Nama pelatih Juara Piala FA Malaysia Kedah FA, Aidil Sharin Sahak muncul sebagai salah satu nama yang dikaitkan ke Persija Jakarta untuk mengantikan Julio Banuelos.

Tak mampu membawa Persija Jakarta beranjak dari zona degradasi Liga 1 2019, pelatih Julio Banuelos kini berada di ujung tanduk. Dirinya disebut-sebut akan segera dipecat andai kembali tak mampu memberikan kemenangan saat melawan PSIS Semarang, Minggu (15/9/19).

Baca Juga

Meksi masih belum ditentukan secara pasti, nasib Julio Banuelos yang berada di ujung tanduk itu belakangan sudah menghadirkan beberapa rumor mengenai sosok penggantinya. Salah satunya adalah juru taktik klub juara Piala FA Malaysia, Kedah FA, Aidil Sharin Sahak.

Dengan rekam jejaknya di Liga Malaysia, nama Aidil memang masih cukup asing di telinga publik sepak bola Indonesia.
Untuk itu berikut INDOSPORT.com coba rangkumkan tiga fakta mengenai pria asli Singapura yang dikaitkan dengan Persija Jakarta.


1. Prestasi Mentereng

Aidil Sharin kandidat pelatih Persija Jakarta.

Sebagai pelatih kepala, Aidil Sharin Sahak sebenarnya tak memiliki pengalaman yang cukup panjang. Dirinya baru menjadi juru taktik kala menukangi Home United (Singapura) mulai Januari 2017. Setelah sebelumnya hanya menjadi asisten pelatih di klub yang juga dibelanya itu kala menjadi pemain.

Baca Juga

Selepas dari Home United, Oktober 2018 Aidil Sharin Sahak pun hijrah ke klub keduanya sebagai pelatih, Kedah FA di Liga Malaysia. Namun meski belum sampai tiga tahun sebagai pelatih, prestasi luar biasa sudah mampu dicatatkan Aidil Sharin. 

Mulai dari menjadi runner up Liga Singapura, di musim perdananya bersama Home United, menjadi runner up dan juara Piala AFC Zonal ASEAN secara berturut di tahun 2017 dan 2018, juga yang terbaru mampu membawa Kedah FA meraih juara Piala FA Malaysia tahun 2019.


2. Pep Guardiola

Aidil Sharin kandidat pelatih Persija Jakarta.

Sebagai pelatih Aidil Sharin identik dengan formasi 4-2-3-1, sejak masih di Home United ataupun di Kedah FA kini.

Dengan formasi tersebut, permainan yang diterapkan Aidil Sharin juga cukup identik dengan karakter yang atraktif. Banyak pihak di Singapura dan Malaysia yang menilai gaya permaian Aidil Sharin tak ubahnya seperti yang ditunjukan pelatih asal Spanyol, Pep Guardiola.

Baca Juga

Tak mengherankan, karena seperti yang diutarakan Aidil Sharin sendiri pada medio 2018, dirinya memang mengidolakan pelatih Manchester City itu, khususnya dalam filosofi permainannya.

“Saya akan mengatakan Pep Guardiola adalah seseorang yang saya kagumi khususnya karena filosofi kami yang sama," ungkapnya, dikutip dari Goal Internasional.


3. Sosok Dermawan

Aidil Sharin memberikan santunan kepada pelajar tahfiz Intitut Al Quran Darul Aman (IQDAR) di Kedah.

Sukses di atas lapangan, Aidil Sharin juga merupakan sosok yang juga patut dijadikan contoh di luar lapangan. Salah satunya perihal sifat dermawan yang ada pada diri pria 42 tahun itu.

Baca Juga

Sikap dermawan Aidil Sharin bisa dilihat misalnya terlihat ketika dirinya menyumbangkan dana pribadi sebesar RM10,000 atau sekitar Rp33 juta kepada Intitut Al Quran Darul Aman (IQDAR) Yayasan Islam Negeri Kedah, (25/6/19), seperti dilansir dari Berita Harian.

Sumbangan tersebut diberikan Aidil sebagai bentuk syukur setelah Kedah FA mampu berada di peringkat keempat Liga Super Malaysia 2019 dan juga masuk ke Final Piala FA Malaysia 2019.

Persija JakartaKedah FAPelatihLiga IndonesiaLiga MalaysiaLiga 1TRIVIABola IndonesiaJulio Banuelos Saez

Berita Terkini