x

Mengulas Kelayakan Seorang Irfan Bachdim untuk Perkuat Persebaya Surabaya

Senin, 16 September 2019 09:56 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Mengulas Kelayakan Seorang Irfan Bachdim untuk Perkuat Persebaya Surabaya.

INDOSPORT. COM - Irfan Bachdim, namanya belakangan santer dikaitkan akan gabung Persebaya Surabaya. Apakah kualitas Irfan Bachdim layak untuk menjadi bagian skuat Bajul Ijo?

Kabar mengejutkan baru-baru ini menghiasi karier sepak bola Irfan Bachdim. Kebersamaan Irfan Bachdim dengan klubnya, Bali United, dikabarkan semakin dekat menuju pintu keluar.

Alasannya, Irfan Bachdim disebutkan sudah tak mengikuti akun Instagram dari Bali United lagi. Padahal Irfan Bachdim sendiri hingga kini masih berstatus pemain nomor 10 bagi klub berjuluk Serdadu Tridatu tersebut.

Baca Juga

Melihat situasi yang ada, publik mulai mengkaitkan Irfan Bachdim akan gabung klub lain. Teranyar, Irfan Bachdim santer dirumorkan bakal gabung klub asal Jawa Timur, Persebaya Surabaya.

Jika rumor hijrah menuju Persebaya Surabaya benar terwujud, Irfan Bachdim akan mendapatkan klub ketiganya di Indonesia. Sebelumnya, Irfan Bachdim hanya pernah membela Bali United dan Persema Malang saja selama menghiasi kancah sepak bola Tanah Air.

Baca Juga

Kualitas Irfan Bachdim

Irfan Bachdim mungkin saja bisa menjadi sosok yang tepat untuk menjadi penggawa anyar Persebaya Surabaya. Pasalnya, reputasi Irfan Bachdim untuk ukuran pemain sepak bola Indonesia memanglah terbilang memukau.

Irfan Bachdim pernah menimba ilmu sepak bola dari dua klub ternama Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam dan FC Utrecht. Ia berguru di Negeri Kincir Angin dalam periode 1998 hingga 2010.

Tak berhenti sampai di situ, Irfan Bachdim sempat pula menjelajah ke klub-klub Asia. Sedari tahun 2013 hingga 2017, Irfan Bachdim diketahui menjalani karier di klub Thailand dan Jepang, seperti Chonburi FC, Huai Thalaeng, Ventforet Kofu, C'dole Sapporo, serta H.C Sapporo.

Kualitas Irfan Bachdim juga sudah berkali-kali diandalkan oleh Timnas Indonesia. Data dari situs Transfermarkt mencatat, Irfan Bachdim telah tampil 36 kali untuk Skuat Garuda dan membukukan 11 gol.

Artinya, Irfan Bachdim telah memiliki pengalaman yang cukup tangguh bertarung menghadapi lawan-lawan dari berbagai negara. Jika membela Persebaya Surabaya dan harus menghadapi para pemain asing tim lawan, Irfan Bachdim jelas punya nyali tinggi untuk melakukan pergerakan ciamik.

Kebetulan, posisi yang biasa ditempati Irfan Bachdim sesuai dengan kebutuhan Persebaya Surabaya. Kubu Bajul Ijo kini sedang mencari sosok pemain yang bisa menempati sektor gelandang serang ataupun second striker.

Irfan Bachdim merupakan tipe pemain nomor 10 yang tugasnya menjadi pembuka ruang bagi penyerang utama. Peran seperti ini sudah biasa ia mainkan di Bali United ataupun Timnas Indonesia.

Hebatnya lagi, Irfan Bachdim turut bisa menempati dua posisi lainnya. Berdasarkan data situs Transfermarkt, Irfan Bachdim dapat bertindak sebagai winger kiri dan juga winger kanan.

Namun, Persebaya Surabaya harus mencermati pula sisi kelemahan yang mungkin dipunyai Irfan Bachdim. Sejak musim lalu sempat dibekap cedera parah, produktivitas gol Irfan Bachdim hingga kini belum membaik.

Liga 1 2017, Irfan Bachdim yang tampil 30 kali untuk Bali United, total mampu membukukan 10 gol. Semusim berikutnya, Irfan Bachdim harus absen cukup lama dan hanya bisa mencatatkan satu gol dari 18 penampilan.

Pada kancah Liga 1 2019, Irfan Bachdim sejauh ini cuma mampu membukukan satu gol dan jarang sekali mendapatkan menit bermain reguler. Buktinya saja, dari 10 kali penampilan, hanya dua di antaranya yang dilakukan sejak menit awal.

Begitulah kurang lebih gambaran kualitas Irfan Bachdim yang bisa diandalkan Persebaya Surabaya. Tinggal ditunggu saja ke depannya, apakah manajemen Bajul Ijo benar akan mendatangkan Irfan Bachdim di bursa transfer paruh musim ini?

Persebaya SurabayaIrfan BachdimBali UnitedLiga IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini