x

Digelar Tahun 2021, Ini Nama Resmi Ajang UEFA Setelah Liga Champions dan Liga Europa

Rabu, 25 September 2019 12:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
UEFA telah mengonfirmasi bahwa kompetisi sepak bola antarklub Eropa ketiga akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang, inilah nama resminya.

INDOSPORT.COM – Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengonfirmasi bahwa kompetisi sepak bola antarklub Eropa ketiga akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang . Berikut nama resmi kompetisi tersebut.

Perlu diketahui, pada Desember 2018 lalu UEFA mengumumkan akan ada kompetisi baru setelah Liga Champions dan Liga Europa dan akan dimulai pada tahun 2021.

Baca Juga

Dilansir dari Sport Mirror, hasil pertemuan komite eksekutif UEFA, seperti yang dikonfirmasi presiden UEFA Aleksander Ceferin, memutuskan bahwa kompetisi baru itu akan disebut Liga Konferensi Eropa.

Liga Konferensi Eropa ini dibentuk untuk memberikan kesempatan lebih banyak klub di negara-negara berpartisipasi dalam sepak bola Eropa.

Sejatinya, UEFA sudah pernah menggelar kompetisi ketiga yang ditujukan untuk pemenang piala domestik, Piala Winners. Namun, turnamen itu dibubarkan pada tahun 2001.

Sementara selama 18 tahun terakhir, UEFA telah mengandalkan dua turnamen bergengsi, yakni Liga Champions untuk empat besar liga domestik dan Piala UEFA yang dikemas ulang menjadi Liga Europa untuk klub berperingkat 5 hingga 15 besar.

Dengan adanya turnamen Liga Konferensi Eropa ini, klub yang berasal dari liga di bawah peringkat 15 teratas akan langsung lolos ke babak kualifikasi kompetisi baru.

Baca Juga

Kompetisi baru ini tetap akan menggunakan format yang sama dengan dua kompetisi lainnya, yakni delapan grup dari empat klub dengan pemenang masuk ke babak 16 besar.

Akan ada play-off sebelum putaran itu untuk klub yang berada di urutan kedua dalam grup dan klub yang berada di posisi ketiga dalam kompetisi yang lebih tinggi.

Liga EuropaLiga ChampionsUEFABola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini