x

3 Perubahan yang Dirasakan Persija Usai Dilatih Edson Tavares

Sabtu, 12 Oktober 2019 19:40 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Di sisa kompetisi Shopee Liga 1 2019, pelatih asal Brasil, Edson Tavares, langsung memberikan perubahan usai ditunjuk sebagai pelatih baru Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM – Di sisa kompetisi Shopee Liga 1 2019, pelatih asal Brasil, Edson Tavares, langsung memberikan perubahan usai ditunjuk sebagai pelatih baru Persija Jakarta.

Edson baru diresmikan sebagai pelatih Persija Jakarta pada 29 September 2019 menggantikan Julio Banuelos. Setelah itu, ia melakukan gerak cepat.

Setelah disahkan sebagai juru latih, ia langsung memimpin latihan Persija Jakarta di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Baca Juga

Penundaan pertandingan pada pekan ke-22 dan 23 membuat Edson mempunyai banyak waktu untuk beradaptasi dengan skuat Macan Kemayoran.

Persija Jakarta dijadwalkan baru akan menjalani pertandingan kembali pada Rabu (16/10/19) menghadapi tim tamu sekaligus juru kunci, Semen Padang.

Selama hampir kurang lebih dua pekan dilatih Edson, Persija Jakarta telah merasakan beberapa perubahan. Berikut redaksi berita olahraga  INDOSPORT mengulas tiga perubahan tersebut.


1. 3 Perubahan yang Dibawa Edson Tavares

Edson Tavares langsung memimpin latihan perdana Persija Jakarta setelah diresmikan sebagai pelatih baru.

Program Latihan

Edson Tavares langsung cepat beradaptasi dengan latihan tim Persija Jakarta. Ia juga tidak tertutup dengan masukan yang ada.

"Coach Edson ini pelatih yang sangat familiar dengan kita. Dia sangat mau menerima masukan dan sangat mau bertanya apa yang kurang," ucap asisten pelatih Sudirman, Senin (07/10/19).

Sudirman mengakui adanya banyak perkembangan setelah Edson, terutama soal program latihan yang akan diterapkan di Persija Jakarta.

"Dia selalu diskusi kira-kira program apa hari ini yang bagus buat tim karena sudah lama disini. Kita selalu diskusi tentang program latihan dan satu nilai positif bagi kita," tambah Sudirman.

Baca Juga

Suasana Internal

Edson menilai penyebab terpuruknya Persija Jakarta ialah soal jadwal. Persija Jakarta punya pemain yang berkualitas, namun jadwal yang padat membuat kondisi pemain kurang maksimal.

Selain mengidentifikasi masalah Persija Jakarta, Edson juga memberikan keharmonisan di internal tim yang berdampak ke mental pemain. Salah satu yang merasakannya ialah penjaga gawang Shahar Ginanjar.

"Pemain berharap pelatih anyar mampu menaikkan atau mengangkat mental pemain. Dengan itu, saya optimis mendulang poin demi poin," tutur Shahar.

Kesempatan Pemain Muda

Asisten pelatih Antonio Claudio menyampaikan Edson ternyata siap memberikan kesempatan lebih banyak kepada pemain muda Persija Jakarta.

"Memang di tim sebelumnya dia (Edson) mengaku menggunakan banyak pemain muda. Tidak menutup kemungkinan itu akan ia lakukan juga di Persija," ucap pria yang akrab disapa Toyo itu, Sabtu (12/10/19).

Baca Juga

Meski begitu, Toyo menegaskan Edson tetap akan selektif dalam menurunkan pemain muda sesuai dengan situasi dan skema yang dibutuhkan.

"Tapi pastinya harus disesuaikan dengan karakter tim seperti apa, dan pemain muda yang bisa cocok dengan skema keinginan pelatih," ujar Toyo.

Selain itu, kejutan yang layak dinanti dari Edson ialah skema permainan. Pelatih asal Brasil itu terkenal dengan formasi 3-5-2 dan tidak menutup kemungkinan akan menerapkannya di Persija Jakarta.

Persija JakartaShahar GinanjarLiga IndonesiaLiga 1TRIVIAAntonio ClaudioBola IndonesiaEdson Tavares

Berita Terkini