x

Mengenang Arseto Solo, Klub Legenda yang Hilang Bersama Orba

Minggu, 13 Oktober 2019 17:06 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Arseto Solo, klub asal Solo, Jawa Tengah, yang hilang bersamaan turunnya Soeharto sebagai presiden Republik Indonesia.

INDOSPORT.COM- Mengenang Arseto Solo, klub asal Solo, Jawa Tengah, yang hilang bersamaan turunnya Soeharto sebagai presiden Republik Indonesia.

Bagi para pencinta sepak bola era-90an, pastinya tidak asing dengan nama klub, Arseto Solo. Sebuah klub yang dikenal karena prestasinya dan kehebatannya dalam mengorbitkan pemain-pemain bintang.

Baca Juga

Berawal dari tahun 1978, Arseto pertama kali didirikan oleh salah satu putra Soeharto, Sigid Harjoyudanto. Awalnya, klub ini mewakili Jakarta di berbagai kompetisi kala itu.

Namun, sejak tahun 1983, Arseto pun akhirnya 'dipindahkan' ke Solo, Jawa Tengah, seiring dengan peresmian Hari Olahraga Nasional di Stadion Sriwedari, Solo, pada 9 September oleh Soeharto.

Itulah cikal bakal 'kelahiran' Arseto Solo di pentas sepak bola Indonesia. Sebuah klub yang selalu dikenang dengan prestasinya.

Bisa dikatakan, puncak dari kejayaan klub berjuluk The Cannon ini pada tahun 1992, ketika Arseto berhasil menjuarai kompetisi Galatama, serta berhasil melaju ke putaran ketujuh Liga Champions Asia satu tahun berselang.

Skuat Arseto FC merupakan sepakbola dari Solo.
Baca Juga

Selain dikenal akan prestasinya, Arseto juga dikenal sebagai salah satu klub pengorbit pemain-pemain bintang. Sebut saja, Ricky Yacobi, Eduard Tjong, Rochy Putiray, Nova Arianto hingga Miro Baldo Bento pernah berseragam Arseto.

Sayang, perjalanan Arseto di kancah sepak bola Tanah Air harus berakhir seiring turunnya Soeharto dari kursi nomor satu di Indonesia tahun 1998.

Ya, Soeharto dan Arseto bak simbiosis mutualisme dalam sepak bola. Keduanya saling membutuhkan, dan juga saling melengkapi. Arseto bisa dibilang sebagai kekuatan keluarga Cendana di dunia olahraga. 

Eduard TjongRochy PutiraySoloRicky YacobiLiga GalatamaLiga IndonesiaSoehartoBola IndonesiaArseto Solo

Berita Terkini