x

Bukan Luis Milla, 5 Pelatih Asing Ini Juga Layak Latih Timnas Indonesia

Sabtu, 19 Oktober 2019 15:24 WIB
Editor: Coro Mountana
Bukan Luis Milla, 5 Pelatih asing ini juga layak latih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Sebenarnya, bukan hanya Luis Milla saja pelatih asing yang layak melatih Timnas Indonesia, masih ada sosok lain cukup mumpuni untuk posisi itu, siapa saja?

Nama Luis Milla menjadi santer dikabarkan bakal segera kembali melatih Timnas Indonesia lagi setelah hasil buruk yang dituai oleh Simon McMenemy. Memimpin dalam 4 laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Simon McMenemy malah mengantarkan Timnas Indonesia ke dasar klasemen sementara grup G.

Baca Juga

Melihat Simon McMenemy seperti gagal total dalam mengemban misi mengantarkan Timnas Indonesia berbicara banyak di kualifikasi Piala Dunia 2022, suporter pun meminta adanya pergantian posisi pelatih. Nama Luis Milla pun mencuat untuk menggantikan Simon McMenemy.

Nama Luis Milla memang sudah begitu harum berkat kepiawaiannya dalam membawa Timnas Indonesia bermain dalam konsep dan taktik yang lebih jelas. Namun ternyata, tak hanya Luis Milla saja sosok pelatih asing yang layak melatih Timnas Indonesia.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT menghadirkan deretan tersebut dalam 5 pelatih asing yang juga layak melatih Timnas Indonesia.

Stefano Cugurra Teco

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Nama pertama tentu saja Stefano Cugurra Teco yang kini sedang di ambang meraih titel Liga 1 secara back to back. Usai mengantarkan Persija Jakarta menjadi kampiun, kini Teco sedang dalam perjalanan untuk membawa Bali United meraih hasil serupa.

Tentu tidak mudah untuk meraih gelar Liga 1 secara back to back dan dibutuhkan kepiawaian lebih sebagai seorang pelatih tapi Teco sedang dalam jalur untuk mencetak rekor itu. Selain itu, Teco dikenal selalu memiliki tim yang kuat dalam bertahan.

Baca Juga

Hal itu akan sangat menguntungkan bagi Timnas Indonesia yang selalu jadi bulan-bulanan di kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan telah kebobolan 14 gol dari 4 laga. Apalagi nama Teco sempat masuk dalam bursa pelatih Timnas Indonesia di akhir tahun lalu, sebelum nama Simon McMenemy yang terpilih.

Mario Gomez

Pelatih Borneo FC, Mario Gomez. Foto: Instagram@ borneofc.id

Sukses mengantarkan Johor Darul Ta’zim meraih gelar juara Piala AFC mengantarkan Mario Gomez berlabuh ke Persib Bandung pada Liga 1 musim lalu. Dampaknya sangat instan, Persib Bandung dibawa menjadi pemuncak klasemen Liga 1 2018 hingga September.

Sayang setelah itu, Mario Gomez gagal menyelamatkan Persib Bandung yang mengalami penurunan peforma di akhir musim lalu. Meski demikian, nama Mario Gomez masih begitu harum sampai membuat Borneo FC merekrut dirinya di awal musim ini.

Kembali dengan sentuhan tangan dinginnya, Borneo FC berhasil tampil apik dengan berada di papan atas dan baru saja membantai Bali United, pemuncak klasemen sementara Liga 1. Tak hanya itu, Mario Gomez juga dikenal mampu mengorbitkan pemain muda.


1. Milomir Seslija

Pelatih asal Bosnia, Milomir Seslija yang kini menangani Arema FC.

Dari Eropa Timur, Timnas Indonesia juga bisa melirik pelatih dari kawasan yang dalam sejarahnya dapat memberi andil terhadap tim. Sebut saja Ivan Kolev yang menerapkan gaya khas Eropa Timur yang sedikit banyak mampu membuat Timnas Indonesia lebih kuat.

Para pelatih dari kawasan Eropa Timur memang dikenal sebagai seorang yang jenius secara taktik dan pintar dalam hal non teknis seperti kedekatan dengan pemain. Salah satu sosok pelatih Eropa Timur yang dapat dilirik adalah Milomir Seslija.

Keberhasilan mengantarkan Arema FC menjadi juara Piala Presiden 2019 menjadi bukti sahih kalau Milomir Seslija adalah sosok bertangan dingin. Dengan kepiawaian mengantarkan Arema FC untuk sementara berada di papan atas Liga 1, bukan tak mungkin itu akan diulangi untuk Timnas Indonesia.

Jacksen F. Tiago

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago. Foto: Tribunnews

Pernah menangani Timnas Indonesia di tahun 2013, Jacksen F. Tiago rasanya tetap akan cocok untuk diberi posisi itu lagi. Alasannya, Jacksen F. Tiago sudah sangat paham luar dalam akan sepak bola Indonesia.

Jacksen F. Tiago sudah pernah mengantarkan Persebaya Surabaya juara Liga Indonesia (2004) dan Persipura Jayapura sebanyak 3 kali (2008-2009, 2010-2011, dan 2012-2013). Capaian itu juga yang membawa Jacksen F. Tiago sempat menangani Timnas Indonesia di 2013.

Saat menangani Timnas Indonesia pun, Jacksen F. Tiago terbilang lumayan karena sempat membawa Timnas Indonesia menahan imbang China, tim kuat di Asia dengan skor 1-1. Di musim ini, Jacksen F. Tiago berhasil membangkitkan Persipura Jayapura di Liga 1, mungkin hal sama bisa dilakukan di Timnas.

Robert Rene Alberts

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts

Terakhir ada Robert Rene Alberts yang saat ini terbukti berhasil membawa Persib Bandung perlahan bangkit di Liga 1 2019. Sempat terseok-seok di awal musim, kini Robert Rene Alberts seperti telah menemukan resep yang tepat untuk membuat Persib Bandung bangkit.

Robert Rene Alberts sudah dikenal sebagai pelatih bertangan dingin sejak Liga Indonesia 2010 dengan membawa Arema Indonesia menjadi kampiun. Setelah itu, angin membawanya ke PSM Makassar dan nyaris menjadi juara juga di musim lalu.

Berbekal pengalaman yang sudah sangat banyak dan kebiasaannya dalam mengorbitkan pemain muda, Robert Rene Alberts mungkin sudah saatnya menangani Timnas Indonesia. Itulah 5 pelatih asing yang layak melatih Timnas Indonesia selain Luis Milla.

Persib BandungPersija JakartaPersipura JayapuraPSM MakassarBorneo FCPelatihTimnas IndonesiaRobert Rene AlbertsLuis MillaLiga IndonesiaArema FCStefano Cugurra TecoSimon McMenemyRoberto Carlos Mario GomezTRIVIA

Berita Terkini