x

Jelang Hadapi Persib, Kalteng Putra Justru Ditinggal Asisten Pelatihnya

Selasa, 29 Oktober 2019 11:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Pelatih Kalteng Putra Gomes de Oliveira tidak akan didampingi asistennya, Eko Tamamie, jelang kontra Persib Bandung di laga Shopee Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Kalteng Putra  menerima kabar buruk jelang kontra Persib Bandung untuk lanjutan Shopee Liga 1, Jumat (01/11/19). Pasalnya, Gomes de Oliveira selaku pelatih tidak akan diampingi asistennya Eko Tamamie.

Pada hari Selasa (29/10/19), Kalteng Putra melalui akun resmi di Instagram mengumumkan bahwa coach Eko Tamamie harus meninggalkan tim dalam beberapa pertandingan Shopee Liga 1 karena mengikuti kursus kepelatihan.

Baca Juga

Coach Eko merupakan perwakilan dari Kalteng Putra yang akan mengikuti kursus Lisensi B AFC yang diselenggarakan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta.

Eko Tamamie merupakan salah satu staf pelatih Kalteng Putra di bawah komando pelatih kepala Mario Gomez. Kariernya di sepak bola mencuat ketika berhasil membawa Bhayangkan menjadi yang terbaik di Divisi Utama 2005 silam.

Kursus ini sejatinya sudah berlangsung sejak 16 Oktober lalu dan diikuti oleh 24 pelatih dari sejumlah klub di Indonesia, termasuk Ismed Sofyan dan Maman Abdurahman (Persija Jakarta), dan Made Pasek Wijaya (Bali United).

Sebagaimana diketahui, PSSI telah dipercaya oleh Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sebagai penyelenggara langsung kursus pelatih B dan A sepanjang tahun 2019.

Dilansir dari situs resmi PSSI, kursus ini diselenggarakan sebagai atas keputusan pihak AFC yang tidak mengeluarkan sertifikat lisensi kepelatihan C AFC per 1 Januari.

Baca Juga

Artinya, kursus ini menjadi syarat terbitnya sertifikat lisensi kepelatihan sesuai dengan AFC Coaching Convention, atau peraturan, metode dan panduan pendidikan kepelatihan yang disusun AFC.

Kalteng Putra sendiri saat ini tengah terpuruk di dasar klasemen. Meski baru saja membekuk Semen Padang 2-0 akhir pekan lalu, posisinya masih bertahan di peringkat ke-17 dengan 23 poin dari 24 laga.

Persib BandungPSSILiga IndonesiaGomes de OliveiraLiga 1Kalteng Putra FCShopee Liga 1Berita Liga 1

Berita Terkini