x

Cegah Kasus Alfin Lestaluhu Terulang, Dokter Timnas Indonesia Minta Pemain Lapor Jika Ada Keluhan

Jumat, 1 November 2019 13:32 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
Dokter Timnas Indonesia U-19, Dokter Muhammad Yusuf Zulfikar meminta pemain Timnas Indonesia bicara bilang keluhan kesehatan. Hal ini untuk menjaga kasus Alfin Lestaluhu tak terulang.

INDOSPORT.COM - Pemain Timnas Indonesia U-16, Alfin Lestaluhu meninggal dunia karena menderita encephalitis atau infeksi saluran otak. Meninggalnya pemain kelahiran Tulehu, Ambon itu membuat Dokter Timnas Indonesia U-19, yakni Muhammad Yusuf Zulfikar meminta pemain Timnas untuk segera melapor jika merasa ada yang tak beres.

Yusuf, sapaan Muhammad Yusuf Zulfikar menilai penyakit encephalitis memang tak melulu menyerang pesepakbola. 

Baca Juga

"Kalau itu gak juga, karena infeksi otak memang utamanya dari virus, nah virus itu kan tak terlihat, kalau terlihat kita bisa hindari. Tapi kalau untuk pesepakbola insya allah tidak," ucap Dokter Yusuf kepada INDOSPORT di Stadion Pakansari.

"Selagi pemain itu daya tahan tubuhnya bagus, paling kalau kecapekan dia kebanyakan tipes," tambahnya.

Baca Juga

Namun meski begitu, Dokter Yusuf menitipkan satu pesan kepada pemain bola, khususnya penggawa Timnas Indonesia U-19. Pemain diharapkan lapor bila memang ada yang tidak beres dalam tubuhnya agar penyakit seperti yang diderita Alfin Lestaluhu bisa dicegah.

Baca Juga

"Masukan untuk pemain yang saya mau adalah dia segera lapor kalau sudah merasa gak enak pada tubuhnya. Karena yang tahu tubuhnya adalah dia sendiri. Kita hanya pantau saja," jelas Dokter Yusuf.

"Tapi kesadaran diri dari pemain terkadang kurang juga, dia kalau bilang sakit mungkin takut posisinya tergeser. Tapi saya bilang ke pemain ada keluhan harus bicara, karena kita selalu terbuka apapun keluhan dalam tubuhnya kita siap," tutupnya.

Timnas u-19Timnas Indonesia U-16Liga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Alfin LestaluhuBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini