x

Kuatnya Aroma Politik Jelang Kongres Pemilihan Ketum PSSI

Jumat, 1 November 2019 14:23 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Logo PSSI

INDOSPORT.COM - Kongres Pemilihan Ketum PSSI yang akan diselenggarakan Sabtu (02/11/19) besok ternyata masih kental dengan aroma politik.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan segera menggelar Kongres Pemilihan pada Sabtu besok. Bahkan semua calon Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum sudah menyampaikan sederet program mereka jika terpilih.

Akan tetapi, sejumlah program mereka seakan tidak terlalu penting bagi pecinta sepak bola Indonesia. Karena bagi mereka kepentingannya adalah membersihkan penyakit di PSSI.

Baca Juga

Salah satu cara untuk membersihkan penyakit tersebut adalah merombak atau menghancurkan gerbong lama di tubuh PSSI. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia berharap agar Caketum yang terpilih bisa melakukannya.

Ketua Suporter Madura United, Cak Mimit, menantang kepada seluruh Caketum PSSI untuk menandatangani pakta integritas yang dibuat oleh Suporter Indonesia Bermartabat.

“Beranikah Bapak (seluruh Caketum PSSI) ketika terpilih, merevolusi tubu PSSI? Kalau berani, semua warga Indonesia akan mendukung Bapak,” ujar Cak Mimit di acara Mata Najwa.

“Karena suporter Indonesia sudah capek, kita sering Kongres, yang diganti cuma logonya saja. Gerbongnya masih sama, orang-orang lama,” lanjutnya.

Menarik untuk membahas orang-orang lama yang memang terdapat beberapa nama di antara deretan Calon Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI yang akan dipilih besok.

Baca Juga

Tak kalah menarik jika menyebut bahwa orang-orang yang sebelumnya berkecimpung di kepengurusan PSSI adalah orang yang pernah terjun atau merupakan bagian dari politik.

Lantas siapa saja dari deretan nama calon Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI yang akan dipilih pada Kongres besok, tapi yang pernah terlibat bahkan juga ada yang masih aktif di partai politik. Berikut INDOSPORT coba mengulasnya untuk para pecinta sepak bola.

Calon Ketua Umum PSSI

Fary Djemy Francis

Caketum PSSI Periode 2019-2024, Fary Djemy Francia saat menyampaikan vis dan misi pada acara diskusi 'Mencari Ketum PSSI Ideal' di Wisma Kemenpora, Rabu (30/10/19).

Yang pertama dari daftar calon Ketua Umum PSSI adalah Fary Djemy Francis. Seorang tokoh olahraga yang kini berdomisili di Kupang, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu sosok yang peduli pada olahraga, khususnya sepak bola tapal batas.

Fary ternyata merupakan fraksi dari Partai Gerindra bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR-RI periode 2014-2019 lalu, mewakili Dapil Nusa Tenggara Timur II.

Meski mengemban peranan aktif dalam politik praktis, pria berusia 51 tahun itu juga telah menunjukkan kepeduliannya terhadap sepak bola di perbatasan NKRI.

Salah satunya adalah mendirikan Sekolah Sepak Bola Bintang Timur Atambua yang hingga kini terbilang sangat aktif mengikuti kompetisi junior di kancah nasional.

Baca Juga

La Nyala Mattalitti

La Nyalla Mattalitti terpilih sebagai ketua DPD.

Selanjutnya ada nama yang sangat familiar di telinga para pecinta sepak bola Indonesia, siapa lagi kalau bukan La Nyala Mahmud Mattalitti.

Lebih dikenal dengan nama La Nyala, pria ini disebut sebagai politikus dan sudah pernah menduduki kursi tertinggi di federasi sepak bola Indonesia pada periode 2013-2015.

Bahkan pria yang saat ini berusia 60 tahun itu juga pernah menjabat sebagai Komite Eksekutif (Exco) dan Wakil Ketua PSSI.

Sempat terjerat kasus pencucian uang dalam pengelolaan dana hibah Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur 2011-2014 hingga akhirnya diputuskan tak bersalah, La Nyala baru-baru ini didapuk sebagai Ketua DPD RI untuk periode 2019-2024.

La Nyala yang baru terpilih menjadi Ketua DPD RI dari fraksi Golkar ini kembali mengajukan diri sebagai salah satu calon Ketua Umum PSSI untuk periode 2019-2023.

Mochamad Iriawan

Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Drs. Mochamad Iriawan. Foto: Liputan6.com/Fatkhur Rozaq

Sementara itu ada juga nama Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule yang maju sebagai salah satu bakal calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Memiliki karier gemilang di kepolisian, Iwan Bule benar-benar melesat dengan cepat dimulai dari dirinya didapuk menjadi Kapolres Tegal Polda Jawa Tengah pada tahun 2001 silam.

Namanya semakin harum ketika Iwan Bule menjadi Dir Reskrimum Polda Metro Jaya dengan menangani kasus pembunuhan kontroversial, Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan mantan ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Antasari Azhar.

Setelah ditelusuri INDOSPORT, Iwan Bule memang tak tergabung bersama Partai Politik apapun seperti dua nama di atas. Tapi dirinya sempat memiliki jabatan politik sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat hingga 5 September 2018 lalu.

Kini Iwan Bule mengaku akan mengabdikan sisa hidupnya di bidang sepak bola karena bisa juga mengharumkan nama bangsa dan negara. Salah satunya adalah dengan menjadi Ketua Umum PSSI.

Calon Wakil Ketua Umum PSSI

1. Doli Sinomba Siregar

Rahim Soekasah dan Doli Sinomba maju dalan perebutan kursi Ketua Umum PSSI.

Setelah Caketum, ternyata untuk bursa Calon wakil Ketua Umum PSSI lebih banyak lagi nama yang juga aktif di dunia politik praktis.

Kita sebut saja anggota dari keluarga Besan Presiden Joko Widodo, Doli Sinomba Siregar yang ramai dibicarakan setelah mendeklarasi diri maju mencalonkan sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Doli Sinomba Siregar merupakan fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) yang baru saja gagal maju ke Senayan sebagai Caleg DPR-RI periode 2019-2024. Terakhir, Doli juga menjabat sebagai Wakil Sekretariat Jenderal Golkar.

2. Hinca Panjaitan

Pelaksana Tugas Sementara (PLT) Ketum PSSI, Hinca Panjaitan.

Ada juga nama familiar yaitu Hinca Panjaitan yang sempat menjabat sebagai Plt Ketua Umum PSSI pada tahun 2016 lalu, menggantikan La Nyala. Pada KLB saat itu, dia mendapat 82 dari total 105 suara.

Hinca Panjaitan juga kini aktif dalam kepengurusan Partai Demokrat sebagai Sekretaris Jenderal sejak menggantikan Ibas pada tahun 2015 lalu. Dia juga terdaftar sebagai anggota DPR-RI 2019-2024 dari Partai Demokrat.

3. Hasnuryadi Sulaiman

Manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman.

Nama familiar lainnya mungkin Hasnuryadi Sulaiman yang kita kenal sebagai manajer Barito Putera sekaligus menjabat Komisaris Hasnur Group di Kalimantan Selatan.

Selain aktif berkecimpung di sepak bola, Hasnuryadi juga punya peran besar pada politik praktis. Dia juga baru saja terpilih sebagai anggota DPR-RI Dapil Kalimantan Selatan untuk Komisi V.

Calon wakil Ketua Umum PSSI lainnya yang tergabung partai politik adalah Djamal Aziz dan Jackson Andre William Kumaat yang aktif di Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). 

Baca Juga

Meski beberapa nama dari Calon Ketua Umum PSSI dan juga Calon Wakil Ketua Umum yang mereka gandeng pernah atau sedang terlibat di politik, semoga saja saat terpilih nanti mampu menanggalkan jabatannya di birokrasi pemerintahan.

Karena para pecinta sepak bola Indonesia sudah lama mendambakan kepengurusan PSSI yang diisi oleh orang-orang yang bersih dari politik. Karena politik dan sepak bola memang dua hal yang tak bisa dicampur aduk. Semoga saja. Amin.

PSSILanyalla MattalittiHinca PanjaitanLiga IndonesiaKongres Pemilihan Ketum PSSIKongres PSSIHasnuryadi SulaimanBola IndonesiaIwan BuleMochamad IriawanFary Djemy FrancisKetua Umum PSSIBerita Liga 1Berita Liga 2Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini