x

Ramai-ramai Mundur dari Pencalonan Ketua Umum PSSI, Vijaya Fitriyasa: Kami Diusir Sekjen

Sabtu, 2 November 2019 11:40 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
Calon ketua umum PSSI periode 2019-2023 Vijaya Fitriyasa dan Iwan Bule

INDOSPORT.COM - Sebanyak tujuh calon Ketua Umum PSSI menyatakan mudur ketika kongres hendak dimulai. Begini dalih salah satu caketum, Vijaya Fitriyasa.

Dari 11 nama calon Ketua Umum PSSI yang telah dinyatakan lolos verifikasi, tujuh di antaranya mundur saat kongres berlangsung di Hotel Shangri-La, Sabtu (2/11/19), mulai dari Aven Hinelo, Beny Erwin, Yesaya Oktavianus, hingga Vijaya Fitriyasa.

Mundur dengan meninggalkan ruangan kongres, Vijaya Fitriyasa memberikan keterangan perihal keputusannya itu. Dirinya mengaku sebenarnya tak mau mundur atau walk out, melainkan diusir oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

Baca Juga

"Sebenarnya kami tak mau walk out, tapi diusir oleh Sekjen karena dianggap tidak menerima kongres. Kami sebenarnya bukan tak menerima kongres, hanya minta kejelasan," beber Vijaya di hadapan wartawan.

Selain itu Vijaya juga menyebut bahwa Kongres PSSI kali ini penuh ketidak jelasan. Seperti agenda yang tak transparan, juga adanya penyampaian visi misi yang dibatalkan begitu saja.

"Bagaimana kita mau ikut kongres, kalau kita tak tahu tata caranya. Yang kedua dijanjikan juga ada debat antar kandidat agar bisa menyampaikan visi misinya, tapi dibatalkan tanpa alasan yang jelas," cetusnya.

"Bagaimana kita bisa punya akses ke voter kalau kita tidak dikasih kesempatan untuk menympaikan visi misi. Tiba-tiba di kongres kini langsung pemilihan. Jadi telihat kongres ini tidak demokratis," keluh Vijaya Fitriyasa.

Baca Juga

"Ketika kami konfirmasi melalui telepon ke sekretariat PSSI, nanti katanya akan ada pernyataan tertulis. Tapi, faktanya sampai hari H belum terima penjelasan itu. Kami tak mengerti tata cara pemilihan. Bagaimana mengikuti kongres kalau tata cara pemilihannya saja nggak tahu," tambah Vijaya.

Buntut mundurnya tujuh kandidat calon Ketua Umum PSSI dalam Kongres, praktis kini tinggal menyisakan empat nama calo. Yakni Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, Arif Putra Wicaksono, Rahim Soekasah, plus La Nyalla Mattaliti yang memang tak hadir ke area Kongres PSSI.

Lanyalla MattalittiLiga IndonesiaKongres Pemilihan Ketum PSSIKongres PSSIBola IndonesiaIwan BuleKetua Umum PSSIVijaya Fitriyasa

Berita Terkini