x

Sejarah yang Siap Tercipta Jika Shin Tae Yong Latih Timnas Indonesia

Jumat, 22 November 2019 13:14 WIB
Editor: Juni Adi
Shin Tae-yong, pelatih Korea Selatan.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong menjadi kandidat terkuat sebagai pelatih Timnas Indonesia, menggantikan Simon McMenemy. Jika dirinya terpilih, Tae-yong akan menorehkan beberapa catatan sejarah di sepak bola Indonesia.

Teka-teki pelatih baru Timnas Indonesia hingga saat ini masih belum juga terungkap. Dua nama bersaing yakni Luis Milla (Spanyol) dan Shin Tae-yong (Korea Selatan) yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat pengganti Simon McMenemy.

Sebelumnya, PSSI sudah membebas tugaskan Simon McMenemy dari jabatan pelatih Timnas Indonesia beberapa hari sebelum melawan Malaysia, setelah rentetan hasil buruk yang diraihnya selama babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G.

Dibawah komando juru taktik asal Skotlandia itu, Timnas Indonesia belum satupun merasakan kemenangan. Dari empat pertandingan yang dilalui, harus berakhir dengan kekalahan.

Baca Juga

Alhasil, Skuat Garuda saat ini masih karam di dasar klasemen tanpa mendulang poin dari lima pertandingan (satu laga lain Timnas Indonesia dilatih oleh caretaker Yeyen Tumena).

Satu dari dua nama yang disebut di atas kabarnya sudah bertemu dengan pihak PSSI, untuk melakukan presentasi program dan visi-misi di depan dihadapan sang ketua, Iwan Bule di Malaysia pada Selasa (19/11/19) lalu.

Sejarah yang Tercipta di Tubuh Timnas Indonesia

Jika dipercaya menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berjanji akan membawa beberapa staf pelatih yang membantu membawa Korea Selatan tampil di final Piala Dunia U-20 Polandia tahun 2019.  

Shin Tae-yong juga akan mencetak sejarah andai menahkodai Hansamu Yama cs, yakni jadi pelatih kedua jebolan Piala Dunia yang melatih Timnas Indonesia sepanjang sejarah.

Sebelumnya, ada nama Wim Rijsbergen yang menjadi pelatih Timnas Indonesia (2012) jebolan Piala Dunia tahun 2006, ketika menjadi asisten pelatih dari Leo Beenhakker di timnas Trinidad dan Tobago.

Selain itu, dirinya juga merupakan pelatih asing pertama dari Benua Asia dan pelatih pertama Korea Selatan pertama di Timnas Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, pelatih asing yang kerap menangani Skuat Garuda selalu berasal dari negara-negara benua Eropa dan Amerika Latin.

Baca Juga

Tanggapan Shin Tae-yong Soal Sepak Bola Indonesia

Shin Tae-yong yang merupakan mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, mengaku telah mempelajari sepak bola Indonesia, dan menganalisis 4 pertandingan terakhir timnas Indonesia di kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022.

"Bagi saya ini adalah sebuah tantangan. Saya tahu atmosfer sepak bola Indonesia sangat luar biasa dengan suporter yang fanatik. Saya juga melihat, pengurus federasi memiliki semangat yang kuat untuk membangun sepak bola Indonesia ke level yang tinggi," kata Tae-yong seperti dilansir situs resmi PSSI.

Di sisi lain, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mengapresiasi Shin Tae-yong yang telah memenuhi undangan PSSI, sebagai kandidat pelatih Timnas Indonesia. Organisasi sepak bola tertinggi di Tanah Air itu akan mempelajari presentasi Tae-yong.

"Timnas Indonesia membutuhkan pelatih yang andal. Shin Tae-yong salah satu pelatih yang memiliki prestasi dunia. Tentu kita akan mempelajari presentasi programnya. Keputusan akan diambil secara faktual dan obyektif melalui rapat exco," kata Iwan Bule.

PSSITimnas IndonesiaLuis MillaLiga IndonesiaSimon McMenemyBola IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini