x

Vietnam Sukses Usai Ditangani Riedl dan Pelatih Korea, Bisa Nular ke Indonesia?

Jumat, 22 November 2019 20:07 WIB
Editor: Coro Mountana
Vietnam Sukses Usai Ditangani Riedl dan Pelatih Korea, Bisa Nular ke Indonesia.

INDOSPORT.COM – Tak bisa dipungkiri kalau Vietnam telah menjadi tim paling ditakuti di Asia Tenggara berkat tangan dingin pelatih Korea Selatan dan Alfred Riedl, bisakah itu menular ke Indonesia?

Suka atau tidak, Vietnam saat ini telah menjelma menjadi tim terbaik di Asia Tenggara bahkan mengalahkan Thailand sekalipun. Berdasarkan ranking FIFA, Vietnam jadi yang terbaik di Asia Tenggara dengan berada di peringkat 97.

Di kancah Asia, Vietnam juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang mampu bertahan hingga 8 besar Piala Asia 2019. Dan jangan lupa Vietnam merupakan juara Piala AFF 2018 yang artinya merekalah negara terbaik di Asia Tenggara.

Baca Juga

Itu semua berkat tangan dingin pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo dan jangan lupa kebangkitan Vietnam diawali oleh sentuhan Alfred Riedl juga. Melihat fenomena itu, tampak Indonesia mencoba untuk meniru kesuksesan Vietnam.

Mulai dari mengontrak Alfred Riedl hingga terbukanya peluang untuk mengangkat seorang pelatih asal Korea Selatan untuk Timnas Indonesia. Semuanya dilakukan oleh PSSI demi Timnas Indonesia bisa berjaya termasuk meniru cara Vietnam, pertanyaanya apakah itu bisa menular?

Baca Juga

Alfred Riedl – Vietnam

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl

Selama 3 periode menangani Vietnam (1998-2000, 2003-2004, dan 2005-2007), Alfred Riedl perlahan-lahan membangun tim untuk berbicara banyak di Asia Tenggara. Memang tidak ada gelar juara yang bisa direngkuh oleh Alfred Riedl.

Tetapi 5 kali runner up bersama Vietnam dan Vietnam U-23 sedikit banyak telah membentuk fondasi tim untuk terus berkembang. 3 kali runner up SEA Games, sekali runner up Piala AFF, dan 1 kali runner up King’s Cup merupakan prestasi yang terbilang lumayan bagi Vietnam.

Karena setelah itu, Vietnam berhasil menjadi juara Piala AFF 2008 meski sudah tidak bersama Alfred Riedl. Tetapi tak bisa dipungkiri, Alfred Riedl merupakan sosok penting dalam perkembangan sepak bola Vietnam.

Alfred Riedl – Timnas Indonesia

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl menatap trofi Piala AFF Suzuki CUp 2016.

Oleh karena itu, PSSI pun memanggil Alfred Riedl untuk melatih Timnas Indonesia dengan harapan bisa berkembang seperti Vietnam. Hasilnya dalam 3 periode Alfred Riedl melatih Timnas Indonesia, ia berhasil membawa pulang dua gelar runner up Piala AFF.

Dari capaian itu, setidaknya Alfred Riedl nyaris membawa Timnas Indonesia meraih juara sama seperti Vietnam. Tak hanya itu, Alfred Riedl juga berhasil mewariskan sejumlah permain berbakat untuk Timnas Indonesia seperti Zulkifli Syukur dan Muhammad Nasuha.

Park Hang-seo – Vietnam

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Setelah menjadi juara Piala AFF 2007, Vietnam pun sempat mengalami penurunan lagi hingga akhirnya ditunjuklah seorang pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo pada 2017. Menangani Vietnam dan Vietnam U-23, ternyata Park Hang-seo berhasil membangkitkan tim lagi.

Pencapaian berupa runner up Piala Asia U-23 2018, peringkat keempat Asian Games 2018, dan juara Piala AFF 2018 adalah gelar yang berhasil direngkuh oleh Park Hang-seo.

Kedisiplinan yang ditanamkan oleh Park Hang-seo sukses menyulap Vietnam menjadi tim yang paling disegani di Asia Tenggara. Dan hal itulah yang dilihat oleh PSSI makanya, nama Shin Tae-yong masuk dalam bursa calon pelatih Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong – Timnas Indonesia?

Shin Tae-yong, mantan pelatih Timnas Korea Selatan.

Bak déjà vu, PSSI kembali ingin meniru cara Vietnam dalam membangun Timnas Indonesia. Usai cukup sukses bersama Alfred Riedl, PSSI ingin melihat Timnas Indonesia berkembang di bawah arahan pelatih asal Korea Selatan.

Meski belum pasti menangani Timnas Indonesia, tetapi peluang Shin Tae-yong untuk menjadi pelatih timnas cukuplah besar. Jika melihat rekam jejak Shin Tae-yong yang sukses mengantarkan Korea Selatan ke Piala Dunia 2018 dan pelatih asal Korea bisa sukses di Vietnam.

Tampaknya ada peluang Timnas bisa benar-benar bangkit di tangan pelatih Korea sama seperti saat ditangani Alfred Riedl, dan itu semua berkat Vietnam yang menjadi panutan bagi Indonesia.

IndonesiaPSSIAlfred RiedlVietnamTimnas IndonesiaIn Depth SportsBola InternasionalPark Hang SeoBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini