x

Update Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions: Barcelona Jaga Reputasi

Kamis, 28 November 2019 08:50 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
Barcelona memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019/20 usai berakhirnya matchday kelima, Kamis (28/11/19).

INDOSPORT.COM – Dua tim memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019/20 usai berakhirnya matchday kelima, Kamis (28/11/19). Kedua tim itu ialah raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, serta tim kuda hitam Bundesliga Jerman, RB Leipzig.

Barcelona memastikan diri lolos usai menundukkan Borussia Dortmund di Camp Nou dengan skor 3-1. Ketiga gol Blaugrana masing-masing dicetak oleh trisula penyerang mereka, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann.

Hasil itu membuat Barcelona juga lolos sebagai juara grup F. Dengan torehan 11 poin, Barca tidak mungkin terkejar Inter Milan dan Borussia Dortmund di bawahnya yang masih mengemas tujuh poin.

Lolosnya Barcelona sebagai juara grup pun menjaga reputasi mereka di kancah Liga Champions. Sejak musim 2001/02, tim asal Catalan ini selalu lolos dari fase grup. Dengan kata lain, mereka selalu lolos ke babak 16 besar dalam 18 musim beruntun.

Baca Juga

Selain Barcelona, RB Leipzig juga memastikan satu tiket ke babak selanjutnya usai bermain imbang 2-2 melawan Benfica. Hasil seri di depan pendukung sendiri itu diperoleh dengan cara yang sangat dramatis.

Tim asuhan Julian Nagelsmann awalnya tertinggal 0-2 hingga waktu normal berakhir. Namun, mereka memperlihatkan semangat juang yang tinggi. Emil Forsberg menjadi penentu kelolosan Leipzig dengan brace-nya pada menit ke-90 dan 90+6.

Baca Juga

Babak 16 besar sendiri adalah capaian terbaik RB Leipzig di Liga Champions. Hal ini cukup fantastis mengingat mereka baru dua kali berpartisipasi di ajang ini. Leipzig pertama kali lolos ke Liga Champions pada dua musim yang lalu, yakni 2017/18.

Barcelona dan RB Leipzig menyusul enam klub yang sudah lebih dahulu memastikan lolos ke babak 16 besarx Liga Champions. Keenam klub tersebut ialah Paris Saint-Germain, Real Madrid, Manchester City, Tottenham Hotspur, Bayern Munchen, dan Juventus.

BarcelonaLiga ChampionsRB LeipzigBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini