x

7 Fakta di Luar Nalar dari Hasil Drawing Babak Grup Euro 2020

Minggu, 1 Desember 2019 06:30 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Berikut 7 fakta di luar nalar dari hasil drawing babak grup Euro 2020, dari Italia, Spanyol, Prancis, Portugal hingga Cristiano Ronaldo.

Undian babak grup Euro 2020 ini tak sepenuhnya selesai, karena masih harus menunggu 4 negara yang masih harus memperebutkan tiket di babak play-off.

Italia yang tampil impresif di babak kualifikasi kemarin, tergabung di Grup A Euro 2020 yang sebenarnya tak terlalu berat. Italia tergabung bersama Turki, Wales dan Swiss.

Baca Juga

Sementara Grup C Euro 2020 dihuni oleh Belanda, Ukraina dan Austria. Satu lagi masih akan ditentukan, yakni pemenang play-off D, salah satu dari Islandia, Bulgaria, Hungaria, Rumania, Georgia, Belarusia, Macedonia Utara atau Kosovo.

Terdapat grup neraka di Grup F Euro 2020 yang dihuni oleh Jerman, Prancis, Portugal. Di mana Portugal merupakan juara bertahan di Euro 2016 lalu.

Setelah ditelusuri oleh INDOSPORT, terdapat 7 fakta di luar nalar dari hasil drawing babak grup Euro 2020. Berikut fakta-fakta tersebut.

Yang pertama adalah fakta dari Grup A, di mana Wales punya rekor buruk kala menghadapi Italia. Bayangkan saja, 5 dari 9 pertemuan dengan Italia, mereka tidak pernah cetak gol. Uniknya, keduanya belum pernah bertemu satu sama lain di kejuaraan Euro.

Fakta selanjutnya masih dari Grup A Euro 2020, yaitu satu-satunya pertemuan Italia vs Turki. Hanya terjadi di Euro 2000 silam, dengan kemenangan Gli Azzuri 2-1, dicetak oleh Antonio Conte dan Filippo Inzaghi.

Baca Juga

Italia dan Swiss juga menyimpan fakta, yaitu keduanya akan segera bertemu untuk pertama kalinya di kejuaraan Euro. Dari 3 pertemuan menghadapi Italia, Swiss berhasil menang dua kali dan kalah sekali.

Fakta selanjutnya dari Grup E, di mana Spanyol vs Swedia hanya terjadi sekali yaitu pada tahun 1953 silam, itu pun pada pertandingan persahabatan. Tak pernah di ajang resmi.

Laga Spanyol vs Polandia di Grup E juga patut dinanti. Pasalnya negara tempat Egy Maulana Vikri bermain itu punya sejarah buruk, yaitu menjadi tim yang pernah ditaklukkan Spanyol dengan margin terbesar dalam 67 tahun terakhir. Dengan skor 6-0 di Murcia pada tahun 2010 silam.

Tibalah pada Grup F, di mana ini merupakan pertama kalinya di sepanjang sejarah Euro, juara Piala Dunia dan juara Euro edisi sebelumnya bertemu di satu grup yaitu Prancis (Piala Dunia 2018) dan Portugal (Euro 2016).

Baca Juga

Yang terakhir adalah fakta individual yang banyak orang belum tahu, yaitu produktivitas seorang Cristiano Ronaldo di sepanjang sejarah dia membela Portugal di ajang Euro.

Total 4 edisi Euro sudah diikuti oleh Ronaldo, yaitu di tahun 2004, 2008, 2012 dan 2016. Keempat edisi Euro itu, Ronaldo juga berhasil mencetak gol, dia menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah turnamen sepak bola antar negara se-Eropa itu.

Cristiano RonaldoKroasiaBelandaSpanyolInggrisItaliaPrancisJermanPortugalIsraelEuro 2020PolandiaBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini