x

Kepada Media Vietnam, Osvaldo Haay Ungkap Sosok Inspiratif yang Buatnya Subur di SEA Games

Selasa, 10 Desember 2019 11:35 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
Pemain sepak bola Persebaya Surabaya dan timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay, mengungkapkan sosok inspiratif yang membuatnya sukses jadi top skor di SEA Games.

INDOSPORT.COM - Pesepak bola Persebaya Surabaya dan timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay, mengungkapkan sosok inspiratif yang membuatnya sukses menjadi top skor di SEA Games 2019 Filipina.

Osvaldo Haay memang mampu tampil luar biasa gemilang di perhelatan sepak bola putra SEA Games 2019. Striker kelahiran Jayapura tersebut berhasil memuncaki klasemen top skor dengan delapan gol bersama pemain Vietnam yang bernama Ha Duc Chinh.

Dengan prestasi ini, ia pun langsung menjadi momok bagi timnas Vietnam U-23. Kedua tim berjumpa di final SEA Games yang akan diselenggarakan di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (10/12/19), pukul 20.00 WIB.

Baca Juga

Kepada media Vietnam, VN Express, pemain muda berusia 22 tahun itu membeberkan sosok yang menjadi inspirasinya sehingga sukses tampil apik di perhelatan multi-event terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Top skor itu tidak bisa disamakan dengan medali emas di SEA Games. Namun, yang paling penting bagi saya adalah kemenangan setiap kami bertanding, bukan gelar top skor atau medali," ujar Osvaldo.

"Saya belajar banyak dari Kurniawan (Dwi Yulianto) tentang cara bermain, teknik, dan taktik ketika menghadapi lawan di lapangan. Saya juga belajar dari Boaz Solossa dan Beto. Mereka adalah pemain veteran Indonesia. Sebagai pemain, saya memang lebih fokus untuk bermain baik dan menang," pungkasnya.

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan mantan striker timnas Indonesia periode 1995-2005 dan juga pernah memperkuat PSM Makassar, Persija Jakarta, PSS Sleman, Persela Lamongan, dll. Sosok yang kerap disapa 'Ade' atau 'Kurus' ini disebut mencetak 200 gol berdasarkan Wikipedia.

Baca Juga

Sementara itu, Boaz Solossa dan Beto Goncalves sendiri adalah pemain yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Meski sudah sama-sama kepala tiga, tapi mereka masih tetap aktif bermain dan mencetak gol bagi klub masing-masing. Sehingga, Osvaldo juga terinspirasi semangat mereka yang membuktikan bahwa usia bukan penghalang untuk tetap produktif.

Terlepas dari hal tersebut, timnas Indonesia U-23 akan menghadapi timnas Vietnam U-23 di final SEA Games 2019 pada Selasa, 10 Desember 2019.

Dari lima pertemuan terakhir mereka di semua kompetisi sepak bola, Indonesia hanya mampu menang sekali, yaitu 2-0, sementara Vietnam sukses menang tiga kali (5-0, 1-0, dan 2-1). Satu pertandingan sisanya, kedua tim bermain imbang 0-0.

Boaz SolossaKurniawan Dwi YuliantoTimnas Indonesia U-23Beto GoncalvesTimnas IndonesiaBola InternasionalOsvaldo Ardiles HaayTimnas VietnamSEA Games 2019Sepak BolaSerba Serbi SEA Games 2019

Berita Terkini