x

Bambang Pamungkas dan Kenangan Pahit Setiap Main di Laga Persija vs Persebaya

Senin, 16 Desember 2019 12:58 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM  - Kabar yang sedang hangat di kalangan para pecinta sepak bola Indonesia, khususnya Jakmania, adalah Bambang Pamungkas yang dilaporkan pensiun jelang laga Liga 1 2019 antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya.

Pertandingan Liga 1 2019 pekan ke-33 antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya akan dilangsungkan pada Selasa (17/12/19) besok di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Pertemuan Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya ini menjadi lebih ramai dari sebelumnya, pasalnya akun resmi Instagram Macan Kemayoran mengunggah video misterius tentang Bambang Pamungkas.

Baca Juga

Unggahan video yang dimaksudkan tercipta pada Sabtu (14/12/19) kemarin sekitar pukul 22.00 WIB malam. Persija Jakarta mengunggah video yang berisi full wajah Bambang Pamungkas saja.

Dalam unggahan Bambang Pamungkas nampak sedang melakukan persiapan jelang pertandingan. Pemain yang akrab disapa Bepe nampak tengah sibuk mengenakan tape di bagian kakinya.

Namun unggahan Persija Jakarta ini terkesan cukup misterius. Lihat saja, videonya dibuat dengan tone warna hitam putih dan musik bernada mengharukan.

Belum lagi di penghujung video, ada sebuah tulisan yang entah apa maksud tujuannya. Persija menambahkan tulisan "Almost There" serta tanggal 17.12.2019.

Tanggal yang dimaksud bertepatan saat Persija menjamu Persebaya di SUGBK pada Selasa besok malam. Spekulasi Bepe akan pensiun dan memainkan laga kandang terakhirnya di SUGBK pun bermunculan bahkan sempat menjadi trending di Twitter beberapa hari yang lalu.

Jika ditelusuri lebih jauh, bahkan ada ajakan untuk para Jakmania memenuhi kursi tribun SUGBK karena laga Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya ini diyakini bakal spesial untuk Bambang Pamungkas.

Apalagi melihat cuitan dari sang legenda sepak bola Indonesia itu di akun Twitter pribadinya beberapa jam yang lalu yang menguatkan indikasi dirinya akan segera pensiun dan tak lagi main untuk Persija.

"Sedang memilih kata, dan memilah rasa yang tepat untuk hari Selasa nanti...," tulis Bepe di kolom status lengkap dengan tagar Almost There, yang sama seperti video unggahan klub di akun resmi Instagram beberapa hari lalu.

Baca Juga

Jika semua spekulasi ini menjadi kenyataan dan Bepe akan pensiun, tentulah laga Persija vs Persebaya akan sangat spesial dan penting untuk disaksikan oleh Jakmania besok malam.

Oleh karena itu sangat menarik untuk mengetahui seperti apa kenangan yang dimiliki Bambang Pamungkas setiap menghadapi Persebaya Surabaya dengan seragam Persija Jakarta dalam dua musim terakhir.

Kenangan Pahit Bepe Setiap Hadapi Persebaya Surabaya

Selebrasi khas pemain senior Persija, Bambang Pamungkas setelah mencetak 1 gol untuk Persija

Jika melihat pada era Liga 1 yang dimulai pada tahun 2017 lalu, Persija tak pernah menghadapi Persebaya karena tim berjuluk Bajul Ijo itu masih berlaga di Liga 2.

Barulah pada Liga 1 musim 2018, Persebaya Surabaya promosi dan menghadapi Persija Jakarta sebanyak 2 kali dengan hasil imbang sekali dan kalah sekali. Pertemuan pertama di tahun 2018, berakhir imbang di mana Bambang Pamungkas bermain sebagai starter di laga ini.

Tapi selama 45 menit Bambang Pamungkas, Persija kesulitan mendobrak pertahanan Persebaya. Malah tim tamu, unggul lebih dulu lewat gol Rishadi Fauzi menit ke-20.

Tertinggal 1-0 saat babak pertama berakhir, Stefano Cugurra Teco yang saat itu masih menjadi pelatih Persija Jakarta memutuskan untuk menarik Bambang Pamungkas dan memasukkan Rohit Chand.

Menarik keluar striker apalagi sosok legendaris seperti Bepe tentu menuai kecaman. Tapi Teco memang menginginkan adanya kreativitas di lini serang, dia memasukkan Rohit yang akhirnya keputusan itu berbuah manis.

Ya, 5 menit setelah Rohit masuk menggantikan Bepe, penggawa Timnas Nepal itu menyumbang assist untuk gol Novri Setiawan ke gawang Persebaya Surabaya. Persija menyamakan kedudukan menit ke-51.

Teco pun mengakui bahwa para pemainnya memang bermain tanpa skema di babak pertama. Dia pun menyatakan pergantian pemain murni karena taktik yang diterapkan oleh Persebaya Surabaya.

"Soal pergantian pemain, kami memahami situasi pertandingan lawan Persebaya. Mereka punya sayap kiri dan kanan yang begitu cepat dan itu bisa membuat kami kebobolan. Makanya saya masukkan Valentino dan Novri mundur ke belakang supaya ada tenaga di pertahanan," ucap Teco usai pertandingan.

Pada pertemuan kedua kalinya menghadapi Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Bambang Pamungkas malah hanya duduk di bangku cadangan sepanjang 90 menit pertandingan. Dia harus meratapi saat timnya dicukur 3-0 oleh Bajul Ijo.

Di Liga 1 2019, pertemuan pertama antara Persebaya vs Persija digelar di Stadion Gelora Bung Tomo pada 24 Agustus 2019 lalu. Lagi-lagi, kedua klub harus berbagi poin dengan hasil imbang 1-1, tapi Bepe bermain di laga ini.

Bepe baru diturunkan pada menit ke-82, di mana dua menit sebelum sang legenda dimasukkan mengganti Ramdani Lestaluhu, Persija baru kebobolan oleh Misbakus Solikin menit ke-80. Julio Banuelos, pelatih Persija saat itu pun memutuskan untuk memainkan Bepe guna menambah daya gedor timnya.

Tapi sangat disayangkan, bermainnya Bepe tak banyak mengubah jalannya pertandingan hingga wasit mengakhiri laga dengan skor imbang 1-1 antara Persebaya vs Persija.

Total dalam 2 musim terakhir Liga 1, 3 pertemuan terjadi antara Persija vs Persebaya, Bambang Pamungkas nyatanya hanya bermain selama 53 menit saja. Tanpa cetak satu gol pun, dan juga assist.

Baca Juga

Mungkin Persebaya Surabaya menjadi salah satu klub yang masuk dalam daftar kenangan pahit Bambang Pamungkas dalam 2 musim terakhir membela Persija Jakarta.

Jika benar besok adalah hari terakhir Bambang Pamungkas membela Macan Kemayoran, semoga saja dia mampu bersinar dan menutup laga Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya dengan kemenangan.

Persebaya SurabayaPersija JakartaBambang PamungkasLiga IndonesiaLiga 1Edson TavaresBerita Liga 1

Berita Terkini