x

5 Eks Persib Bandung Bisa Dibawa Kurniawan Dwi Yulianto ke Sabah FA

Minggu, 22 Desember 2019 07:41 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Prio Hari Kristanto
Sedikitnya ada 5 eks Persib Bandung yang mungkin bisa dibawa Kurniawan Dwi Yulianto usai resmi menjadi kepala pelatih Sabah FA, termasuk Hariono.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada lima eks Persib Bandung yang mungkin bisa dibawa Kurniawan Dwi Yulianto usai resmi menjadi kepala pelatih Sabah FA.

Kepastian legenda hidup Timnas Indonesia menangani Sabah FA itu diketahui lewat unggahan di akun media sosial Instagram resmi pribadinya.

"Alhamdulillah. Semua pujian kepada Allah SWT karena memberi saya berkah, kekuatan, kesempatan bagi saya karena hari ini saya secara resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala untuk Sabah FA," tulis Kurniawan.

Baca Juga

Sementara itu, Presiden Sabah FA. Datuk Peter Anthony, menjelaskan perihal kerja sama dengan Kurniawan Dwi Yulianto dan bisa diperpanjang ke depannya.

“Kurniawan diikat kontrak dengan kami selama setahun dan sekiranya mencapai prestasi baik kontrak beliau akan disambung lagi," ujar Peter.

Kurniawan Dwi Yulianto diumumkan sebagai kepala pelatih Sabah FA (Malaysia) untuk musim 2020.

Ini akan menjadi pengalaman sangat berharga bagi Kurniawan Dwi Yulianto karena baru pertama kalinya menjadi kepala pelatih klub profesional.

Maka dari itu, kepala pelatih yang kini berusia 43 tahun bakal mempersiapkan tim ini dengan maksimal. Baik itu skema yang dipakai hingga pemain idaman.

Bicara soal pemain, di Liga Super Malaysia 2020, Sabah FA bisa mengontrak sedikitnya lima pemain asing. Tiga non-Asia, satu Asia, dan satu ASEAN (3+1+1).

Baca Juga

Dengan begitu tak ada salahnya bagi Kurniawan Dwi Yulianto untuk melirik lima mantan pemain Persib untuk diboyong ke Sabah FA dalam waktu dekat.

Lantaran kualitas mereka telah diuji kala bermain di Liga 1, yang bisa dibilang kompetisi paling ketat dalam setiap pertandingannya.

1. Jonathan Bauman

Jonathan Bauman saat masih membela Persib Bandung.

Eks Persib yang bisa dibawa Kurniawan Dwi Yulianto ke Sabah FA pertama adalah Jonathan Bauman. Striker asal Argentina ini sempat membela Persib pada 2018.

Terlebih, saat ini kontrak Bauman bersama Kedah FA akan berakhir akhir Desember 2019. Sehingga Sabah FA, sebagai klub promosi, bisa meminangnya.

Bauman sukses mencatatkan 10 gol dari 25 pertandingan bersama Kedah FA di semua ajang selama 2019 ini. Hal tersebut bisa disebut cukup baik.

2. Kevin van Kippersluis

Striker Persib Kevin van Kippersluis berusaha melewati dua pemain Bhayangkara FC sekaligus.

Selanjutnya ada striker Persib asal Belanda Kevin van Kippersluis yang bisa saja digaet oleh Sabah FA. Pasalnya, kontrak Kippersluis tak diperpanjang Maung Bandung.

Meski hanya membuat dua gol dari 14 penampilannya di Liga 1 2019, tetapi Kippersluis bisa saja mencari tantangan baru di luar Indonesia dengan bermain di Malaysia.

Pasalnya, Kippersluis tak ingin melanjutkan kariernya di Indonesia. Maka dari itu, Kurniawan Dwi Yulianto bisa melihat peluang ini.

3. Bojan Malisic

Mantan bek Persib, Bojan Malisic saat berlatih di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, belum lama ini./Arif Rahman/Indosport.com

Lalu, ada mantan bek Persib musim 2018 (hingga pertengahan 2019) Bojan Malisic yang bisa dibawa Kurniawan Dwi Yulianto ke Sabah FA.

Kontrak Malisic bersama Perseru Badak Lampung FC juga akan habis pada 31 Desember 2019 berdasarkan data Transfermarkt. Terlebih Laskar Saburai terdegradasi ke Liga 2 2020.

Bojan Malisic dikenal sebagai bek yang tangguh dalam menghalau serangan lawan. Dirinya juga tak segan dalam menerjang bola demi mengamankan gawang.

4. Shohei Matsunaga

Selebrasi mantan pemain Persib Bandung Shohei Matsunaga saat menjebol ke gawang Persela Lamongan.

Bicara pos pemain Asia, Kurniawan Dwi Yulianto bisa saja melongok eks Persib (2017) asal Jepang Shohei Matsunaga untuk dibawa ke Sabah FA.

Shohei saat ini tak memiliki klub sejak dilepas PSIS Semarang, 1 September 2019 lalu. Shohei merupakan pemain yang berposisi sebagai winger hingga gelandang.

Jika Sabah FA mengontrak Shohei, tampaknya cukup bermanfaat lantaran pemain 30 tahun itu bisa segera berlatih untuk beradaptasi akan skema Kurniawan.

5. Hariono

Pemain gelandang Persib, Hariono saat berlatih di Stadion SPOrT Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (31/05/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Terakhir ada gelandang bertahan Persib Hariono yang bisa dibawa Kurniawan Dwi Yulianto untuk membela Sabah FA. Terlebih Hariono bisa mengisi slot pemain ASEAN.

Kontrak Hariono tak diperpanjang oleh Persib usai dibeberkan langsung oleh sang kepala pelatih Robert Rene Alberts belum lama ini.

Dengan kemampuan serta pengalamannya dalam mempertahankan area tengah bisa menjadi nilai positif bagi Sabah FA jika merekrut Hariono.

Bursa TransferPersib BandungHarionoKurniawan Dwi YuliantoShohei MatsunagaSabah FCLiga Super MalaysiaBola InternasionalLiga MalaysiaBojan MalisicJonathan BaumanTRIVIASepak BolaBerita TransferKevin van KippersluisBerita Bursa TransferTransfer Pemain

Berita Terkini