x

Sentil PSSI-nya Spanyol, Valverde: Barcelona Ada di Arab Karena Uang

Kamis, 9 Januari 2020 19:23 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ernesto Valverde sebut kehadiran Barcelona di Arab pada ajang Piala Super Spanyol tidak lepas dari urusan bisnis sepak bola.

INDOSPORT.COM - Ernesto Valverde menyentil kebijakan Federasi Sepak Bola Spanyol, RFEF, dengan menyebut Barcelona berada di Arab Saudi untuk ajang Piala Super Spanyol karena uang.

Format anyar yang digagas RFEF membuat empat tim terbaik Spanyol harus menjalani turnamen Piala Super Spanyol di Arab Saudi. Sebelumnya, format turnamen ini hanya mempertemukan jawara LaLiga dengan kampiun Copa del Rey dengan format dua leg.

Atas hal tersebut, Ernesto Valverde secara tersirat menyebut Barcelona mengikuti turnamen ini hanya karena uang semata. Ia menyentil RFEF dengan menyebut sepak bola berkembang sebagai industri.

Baca Juga

"Kami (Barcelona) harus ingat bahwa sepak bola yang kami geluti saat ini adalah industri yang selalu mencari cara baru untuk memperoleh uang," ujar Ernesto Valverde.

"Aneh bagi saya karena ada empat tim yang berlaga. Jika harus memilih, saya akan memilih format sebelumnya, tapi federasi yang memutuskan," geram Valverde.

Baca Juga

Atas kebijakan tersebut, Barcelona konon akan mendapat uang tambahan dalam kesertaannya. Disebutkan, Blaugrana akan mendapat pesangon hingga 6 juta euro (Rp92 miliar) dan akan mendapat tambahan 1 juta euro (Rp15 miliar) jika mencapai final.

Kebijakan RFEF memang dianggap aneh oleh beberapa pihak. Motif uang disebut menjadi alasan Federasi Sepak Bola Spanyol memilih menggelar ajang ini di Arab. Konon, 120 juta euro (Rp1,8 triliun) berhasil dikantongi setelah menjalin kerja sama untuk menggelar Piala Super Spanyol di Arab Saudi selama tiga tahun.

BarcelonaErnesto ValverdePiala Super SpanyolFederasi Sepakbola Spanyol (RFEF)Liga SpanyolSepak BolaBerita Liga Spanyol

Berita Terkini