x

Jalan Panjang Ezechiel N'Douassel Dari Persib Bandung Hingga Gabung Bhayangkara FC: Penuh Tarik Ulur

Rabu, 22 Januari 2020 17:04 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Jalan panjang Ezechiel N'Douassel dari Persib Bandung hingga gabung Bhayangkara FC sepertinya dipenuhi unsur tarik ulur.

INDOSPORT. COM - Jalan panjang Ezechiel N'Douassel dari Persib Bandung hingga gabung Bhayangkara FC sepertinya dipenuhi unsur tarik ulur.

Sebuah kabar besar menghiasi bursa transfer jelang Liga 1 2020 pada Selasa (21/01/20) kemarin. Sekitar pukul 23.00 WIB, klub Liga 1 2020, Bhayangkara FC, resmi memperkenalkan rekrutan anyarnya kepada publik, yakni Ezechiel N'Douassel.

Pengumuman dilancarkan Bhayangkara FC melalui akun Instagram klub. Bhayangkara FC mengunggah foto Ezechiel yang sudah mengenakan jersey The Guardian sembari menyertakan caption perkenalan.

Baca Juga

"The King is here, King Ezechiel N'Douassel," tulis akun Instagram Bhayangkara FC.

Jika ditelaah lebih jauh, bergabungnya Ezechiel ke Bhayangkara FC sejatinya telah melewati jalan panjang nan berliku. Terutama soal keterikatan Ezechiel dengan klub sebelumnya, Persib Bandung.

Minta Undur Diri

Ezechiel N'Douassel sudah melayangkan niatnya meninggalkan Persib Bandung sedari penghujung tahun 2019, atau tepatnya di tanggal 23 Desember 2019. Padahal kala itu, Liga 1 2019 belum lama rampung, dan Ezechiel sendiri baru saja bermain gemilang dengan mencetak empat gol di laga terakhir Persib Bandung kontra PSM Makassar.

Kabar Ezechiel ingin undur diri disampaikan langsung oleh Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Pihak manajemen Persib Bandung dan Umuh Muchtar pun kala itu terus mecoba membujuk Ezechiel agar tetap bertahan.

"Saya lagi bujuk Eze mudah-mudahan masih tetap dengan Persib, kalau dia main seperti kemarin (lawan PSM) tidak emosi semua bisa berubah, saya yakin Persib akan lebih baik," ungkapnya.

"Tapi kalau Eze nanti tidak ada, nanti agak sedikit, bukan pesimis tapi was-was juga. Mudah-mudahan masih bisa," harap Umuh.

Peringatan Keras dari Manajemen Persib Bandung

Manajemen Persib Bandung langsung bereaksi mendengar keinginan Ezechiel N'Douassel yang ingin undur diri dari tim. Mengingat Ezechiel merupakan memiliki peran vital bagi tim, manajemen Persib Bandung jelas coba mempertahankan sang bomber.

Reaksi yang diperlihatkan manajemen Persib Bandung bukan hanya sekedar membujuk Ezechiel. Lebih jauh, manajemen Persib Bandung turut memberikan peringatan keras.

Manajemen Persib Bandung menyebut bahwa Ezechiel masih terikat kontrak hingga 2020. Oleh karena itu, Ezechiel diperingati untuk tetap menghargai kontraknya bersama Persib Bandung.

"Ezechiel juga kan dia masih kontrak bersama kami, dia masih sampai 2020, dia harus menghargai kontrak, tidak bisa seenaknya, soal nanti bagaimana ya tunggu saja," jelas Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat, Zainuri Hasyim, pada 31 Desember 2019.


Ezechiel Tetap di Persib

Keinginan Ezechiel N'Douassel untuk meninggalkan Persib Bandung, terdengar hingga ke telinga agennya, Amogou Mathieu. Sang agen pun akhirnya buka suara soal nasib Ezechiel di Persib Bandung.

Menurut Amogou, kliennya tetaplah merupakan pemain Persib Bandung. Hal itu lantaran Ezechiel memang masih terikat kontrak bersama Persib Bandung hingga tahun 2020.

"Ezechiel N'Douassel masih punya sisa setahun kontrak, walaupun dia belum datang tapi masih pemain (Persib) Bandung secara resmi," kata Mathieu, Rabu (8/1/20).


Ezechiel Menghargai Kontraknya

Kemungkinan Ezechiel N'Douassel untuk bertahan di Persib Bandung sempat terbuka lebar pada 9 Januari 2020. Terutama setelah sang agen, Amogou Mathieu melontarkan bahwa kliennya akan tetap taat pada peraturan kontraknya.

Amogou Mathieu menyadari kalau kliennya memang pemain berkualitas, hingga banyak tim yang menginginkan jasanya. Namun Amogou Mathieu menekankan, Ezechiel bakal menaati peraturan dan tidak akan hijrah ke klub lain sampai kontraknya di Persib Bandung selesai.

"Dia salah satu pemain Liga yang orang mau, tapi bukan karena itu. Kita tidak akan lawan aturan, kalau sudah lawan arah itu pelanggaran, kita tidak ingin kerja gitu. Saya sebagai agen tidak mungkin kerja begitu, kita selalu cari jalan keluar damai," ungkapnya. 

"Eze tidak bisa kontrak dengan satu tim pun kalau belum selesai dengan Persib," jelasnya.


Dikaitkan dengan Arema FC

Isu Ezechiel N'Douassel ingin hengkang dari Persib Bandung kembali memanas. Kali ini, Ezechiel santer dirumorkan bakal hijrah menuju Arema FC.

Maklum saja bila isu mengarah kepada Arema FC, sebab di sana ada Mario Gomez, yang merupakan eks pelatih Persib Bandung. Semasa masih ditangani Mario Gomez pada Liga 1 2018, Ezechiel tampil tajam dengan sumbangan 17 gol.

Namun sepertinya rumor itu langsung dibantah oleh manajemen Arema FC. Tanpa menyebutkan nama Ezechiel, pihak Singo Edan secara tegas menolak mendatangkan pemain yang masih terikat kontrak dengan klub lain.

"Pelatih yang memberi rekomendasi, kami dari manajemen sebagai eksekusinya. Tapi kalau agak ruwet, ya sudah lupakan saja," ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

"Contoh kasusnya, adalah ketika sudah deal secara lisan dan siap bergabung, tapi ternyata dia masih punya kontrak dengan klub lama berjangka panjang," lanjutnya.


Pengganti Ezechiel Datang

Persib Bandung mungkin sudah jengah dengan Ezechiel N'Douassel. Buktinya saja, kala Ezechiel belum pasti pergi, Persib Bandung sudah mendatangkan penyerang asing baru, dan bahkan dua pemain sekaligus.

Pada 12 Januari 2020, Persib Bandung memperkenalkan dua penyerang asal Brasil, Wander Luiz dan Joel Vinicius. Keduanya langsung terlihat berlatih dan terekam melalui sebuah unggahan foto di akun Instagram Persib Bandung.

Situasi ini kian membuat rumor Ezechiel meninggalkan Persib kian mendekati kata pasti. Persib seakan sudah mempersilahkan Ezechiel pergi dengan mendatangkan penyerang asing baru.


Bhayangkara FC Mendekat

Situasi Ezechiel N'Douassel di Persib Bandung yang sedang tak jelas, coba dimanfaatkan oleh Bhayangkara FC. Tepat pada 16 Januari 2020, pihak Bhayangkara FC mengungkapkan bahwa tertarik mendatangkan Ezechiel.

Kepastian mengenai ketertarikan Bhayangkara FC terhadap Ezechiel diutarakan langsung oleh COO Sumardji. Bhayangkara FC mengaku ingin merekrut Ezechiel bersama dua bintang lainnya, yakni Renan Silva dan Andik Vermansah.

"Mereka semua masih dalam proses. Ya benar memang ada Andik dan Ezechiel masuk dalam incaran kami, termasuk Renan Silva," kata Sumardji, Kamis (16/1/20).

Baca Juga

Surat Pengunduran Diri Resmi

Langkah Ezechiel N'Douassel untuk meninggalkan Persib Bandung sepertinya sudah bulat. Buktinya pada 20 Januari 2020, Ezechiel melayangkan surat pengunduran resmi kepada manajemen Persib Bandung.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S Taryono. Menurut Kuswara, surat pengunduran diri Ezechiel masih akan dipertimbangkan, baik oleh manajemen ataupun pelatih Persib Bandung.

"Eze sudah mengajukan surat kepada manajemen, namun demikian masih dalam tahap pertimbangan oleh manajemen," kata Kuswara kepada awak media, Senin (20/01/20).

"Kami dari manajemen pun mengkomunikasikan dengan pelatih. Tapi hasilnya bagaimanan nanti kita kasih tahu lebih lanjut," ungkapnya.


Diperkenalkan sebagai Pemain Bhayangkara FC

Sehari pasca mengajukan surat pengunduran diri, Ezechiel N'Douassel langsung mendapatkan klub baru. Tepat pada 21 Januari 2020, Ezechiel diumumkan telah menjadi bagian dari skuat Bhayangkara FC.

Segala tarik ulur yang terjadi, tak mampu membuat Ezechiel untuk tetap bertahan di Persib Bandung. Mulai dari manajemen Persib Bandung dan agennya sendiri, sudah coba membujuk Ezechiel untuk bertahan.

Rayuan Bhayangkara FC yang akhirnya dipilih Ezechiel untuk melanjutkan karier. Patut dinanti, apakah kiprah Ezechiel bersama Bhayangkara bisa sama suksesnya seperti dulu saat masih berkostum Persib Bandung?

Bursa TransferPersib BandungLiga IndonesiaBhayangkara FCLiga 1Ezechiel N'DouasselBola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini

Berita Terpopuler