x

Prediksi Pertandingan Piala AFC 2020 Lalenok United vs PSM Makassar: Menang Besar?

Rabu, 22 Januari 2020 02:59 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Prediksi pertandingan Piala AFC 2020 antara Lalenok United vs PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (22/01/20).

INDOSPORT.COM - Berikut prediksi pertandingan Piala AFC 2020 antara Lalenok United vs PSM Makassar yang akan dimainkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Rabu (22/01/20) sore.

Meski bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, yang merupakan markas Bali United, Lalenok United akan bertindak sebagai tuan rumah saat menghadapi PSM Makassar di laga Kualifikasi Piala AFC 2020 ASEAN Zone.

Markas Lalenok United yang asli, Municipal Stadium di Kota Dili, Timor Leste, dianggap tak layak menggelar pertandingan ajang Piala AFC. Bisa dilihat dari kapastitas stadion yang hanya mampu menampung sebanyak 5 ribu orang.

Baca Juga

Ya, Lalenok United menjadi klub yang paling pertama mewakili Timor Leste di kompetisi antar klub Asia, Piala AFC. Sepanjang sejarah, belum pernah ada klub Timor Leste yang melenggang ke Piala AFC.

Dengan status ini, Lalenok United dikabarkan tengah termotivasi untuk menjadi kambing hitam. Namun lawan mereka adalah klub bersejarah dari sepak bola Indonesia, yakni PSM Makassar.

Sangat miris jika melihat tahun berdiri kedua klub yang akan saling berhadapan nanti sore. PSM didirikan sejak tahun 1915 silam, sementara Lalenok United baru dilahirkan pada 2016 lalu.

Tapi Bojan Hodak menyebut nama besar PSM serta lebih lama berdiri, tidak bakal berpengaruh besar pada hasil pertandingan nanti sore.

"PSM memang memiliki nama besar tapi itu tidak mempengaruhi penampilan pemain dan hasil laga nanti. Kami mendatangkan banyak pemain baru sehingga membutuhkan waktu untuk saling memahami satu sama lain," ungkap Hodak saat jumpa pers pra-laga, Selasa (21/01/20).

Bojan Hodak yang merupakan pelatih berlisensi UEFA Pro ini bahkan menaruh rasa hormat dan kewaspadaan tingkat tinggi terhadap Lalenok United.

Baca Juga

Alasannya, klub yang diasuh Yance Matmey itu berstatus sebagai klub terukses di Timor Leste. Terlebih pada musim 2019 lalu, mereka menyabet tiga gelar sekaligus.

"Paling pertama, kita harus memberikan respek kepada Lalenok United. Ya, memang mereka berasal dari negara yang ranking FIFA-nya berada di bawah Indonesia. Tapi mereka berstatus juara liga dan piala di negaranya," tutur pelatih sepak bola berpaspor Kroasia ini.

Prakiraan susunan pemain Lalenok United vs PSM Makassar

Lalenok United (4-4-2): Agbozo Nathaniel; Filipi Santos, Francisco da Costa, Florencio Perreira, Mariano Aparicio; Matheus Silva, Gaspar Amaral, Abilio da Costa, Saul Adriano; Italo Pimental, Rafino Gama

PSM Makassar (4-3-3): Miswar Saputra; Zulkifli Syukur, Hussein El Dor, Dedi Gusmawan, Hasim Kipuw; Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Irsyad Maulana; Ferdinand Sinaga, Osas Saha, Giancarlo

Baca Juga

Player to Watch:

Rufino Gama (Lalenok United)

Salah satu pemain Lalenok United yang harus diwaspadai pertahanan PSM Makassar adalah penyerang Timnas Timor Leste, yakni Rufino Gama. Striker berusia 21 tahun ini punya atribut yang siap merepotkan lini pertahanan PSM Makassar.

Dengan usia yang masih terbilang muda, Rufino Gama merupakan langganan Timnas Timor Leste senior. Bahkan dirinya pernah ikut bermain saat Timor Leste menghadapi Timnas Indonesia dan juga mencetak gol di Piala AFF 2018 lalu.

Wiljan Pluim (PSM Makassar)

Sementara pemain yang diyakini punya peranan penting untuk PSM Makassar, adalah gelandang asing asal Belanda, Wiljan Pluim. Gelandang serang berusia 31 tahun ini punya pengalaman di kompetisi sekelas Piala AFC.

Dia pun sudah bermain untuk PSM Makassar saat mentas di Piala AFC 2019 lalu, dengan mencatat 7 penampilan serta 2 gol dan 2 assists atas namanya sendiri.

5 Pertandingan Terakhir Lalenok United

Baca Juga

5 Pertandingan Terakhir PSM Makassar

Prediksi INDOSPORT: Lalenok United menang: 20% - imbang 35% - PSM Makassar menang 45%

PSM MakassarAFC CupPrediksiTimor LestePiala AFCBola InternasionalLiga 1Sepak BolaBerita Liga 1Lalenok United

Berita Terkini