x

Man United Bakal Butuh Lebih dari 10 Tahun untuk Juara Liga Inggris Lagi

Kamis, 23 Januari 2020 11:03 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Logo Manchester United.

INDOSPORT.COM - Manchester United kemungkinan kecil akan juara Liga Inggris musim ini. Manchester United butuh waktu lama untuk bisa kembali juara Liga Inggris. 

Salah satu klub sepak bola tersukses di daratan Inggris, Manchester United, kembali menelan hasil buruk pada laga lanjutan Liga Primer Inggris musim 2019/20. 

Menjamu Burnley di Stadion Old Trafford, Manchester United menyerah kalah dengan skor 0-2. Gol dari Chris Wood dan Jay Rodriguez membuat pendukung Setan Merah terdiam. 

Baca Juga

Reaksi penggemar Manchester United tak hanya sampai di situ saja. Seruan agar Ole Gunnar Solskjer dicopot dari jabatannya pun kembali mengemuka. 

Padahal, Ole Gunnar Solskjaer baru memegang jabatannya sebagai pelatih Manchester United selama 1 tahun 1 bulan. Waktu yang terbilang masih singkat untuk klub dengan catatan seperti Manchester United. 

Dalam sejarah klub, seorang pelatih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membawa Manchester United meraih gelar juara Liga Inggris. 

Siklus Puluhan Tahun 

Manchester United pertama kali menjuarai kasta tertinggi Liga Inggris pada musim 1907-08. Kemudian gelar kedua diraih pada musim 1910-11. 

Kemudian Manchester United harus puasa gelar Liga Inggris cukup lama sekitar 40 tahun, hingga akhirnya kembali meraih trofi pada musim 1951-52. 

Selanjutnya, Manchester United kembali mengalami puasa gelar Liga Inggris yang cukup lama. Setelah menjuarai Liga Inggris 1966-67, Manchester United baru bisa juara lagi pada musim 1992-93 atau 26 tahun lamanya. 

Kini Manchester United sudah 6 tahun tak merasakan gelar juara Liga Inggris dan setidaknya musim ini gelar juara Liga Inggris juga belum akan diraih mengingat performa tim saat ini. 

3 Pelatih Saja 

Jika melihat fakta yang ada, Manchester United adalah klub yang tidak bisa melakukan cara instan untuk meraih gelar juara Liga Inggris. 

Jika klub seperti Manchester City dan Chelsea bisa meraih gelar juara Liga Inggris dengan membeli pemain-pemain bintang serta mendatangkan pelatih kenamaan, Manchester United tak bisa berhasil dengan cara itu. 

Sejak ditinggal Sir Alex Ferguson, Manchester United sudah 5 kali berganti pelatih (termasuk Ryan Giggs). Pelatih kelas dunia seperti Louis van Gaal dan Jose Mourinho pun tak mampu membawa Manchester United juara Liga Inggris. 

Karena dalam sejarahnya, hanya ada 3 pelatih saja yang berhasil membawa Manchester United menjadi juara di kasta tertinggi Liga Inggris. 

Ernest Mangnall 

Ernest Mangnall menjadi pelatih Manchester United pada periode 1903-1912. Ernest Mangnall baru bisa memberikan gelar juara Liga Inggris pada musim 1907-08 atau setelah 5 musim menangani Setan Merah. 

Sir Alexander Matthew Busby 

Sir Matt Busby mulai menangani Manchester United pada 1 Oktober 1945. Sedangkan gelar Liga Inggris pertamanya, ia raih pada musim 1951-52. 

Setelah melatih selama 7 musim baru Sir Matt Busby berhasil meraih gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris. 

Sir Alex Ferguson 

Sir Alex Ferguson mulai menangani Manchester United pada 6 November 1986. Lalu kapan Sir Alex Ferguson mampu membawa Manchester United meraih gelar Liga Inggris? 

Jawabannya adalah musim 1992-93 atau saat pertama kali kasta tertinggi Liga Inggris berubah nama menjadi Premier League. Butuh waktu 6 musim untuk Sir Alex agar Manchester United bisa juara Liga Inggris. 

Baca Juga

Sedangkan pelatih penerusnya di Manchester United hanya diberi kesempatan 1-2 tahun saja melatih di Old Trafford. Meski berhasil meraih gelar lain seperti Piala Liga Inggris, Piala FA atau Europa League, namun waktu dua musim tak cukup untuk meraih gelar Liga Primer Inggris. 

Oleh sebab itu, Manchester United harus kembali bisa memberikan kesempatan yang lebih lama untuk pelatih mereka, jika ingin kembali meraih gelar Liga Inggris dalam beberapa musim ke depan. 

Manchester UnitedSir Alex FergusonOle Gunnar SolskjaerLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini