x

Fenomena Uji Coba Klub Liga 1 dengan Tim Luar Negeri, Efektif atau Sebaliknya?

Jumat, 24 Januari 2020 17:43 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Beberapa klub Liga 1 2020 mulai mengikuti laga uji coba atau turnamen pramusim bersama tim-tim luar negeri sebelum menyambut kompetisi sesungguhnya.

INDOSPORT.COM – Beberapa klub Liga 1 2020 mulai mengikuti laga uji coba atau turnamen pramusim bersama tim-tim luar negeri sebelum menyambut kompetisi sesungguhnya.

Sebut saja Madura United, Bhayangkara, dan Persib Bandung. Ketiga tim ternama itu melakukan uji coba bersama klub luar negeri demi meningkatkan performa mereka di Liga 1 2020.

Madura United memainkan beberapa pertandingan uji coba internasional melawan klub Malaysia, yakni Johor Darul Takzim II dan Terengganu.

Menghadapi Johor Darul Takzim II, Madura United berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 2-1. Dua gol itu dihasilkan melalui aksi David Laly dan Rifaldi Bawuo.

Setelah itu, tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab tersebut akan menjalani pertandingan melawan Terengganu pada Jumat (24/01/20) dan Minggu (26/01/20).

Baca Juga

Berbeda dengan Madura United, Bhayangkara FC dan Persib Bandung memilih untuk ikut serta dalam turnamen pramusim internasional sebelum bergulirnya Liga 1 2020.

Bhayangkara akan menjalani kompetisi Siem Reap Super Asia Cup 2020 bersama dua klub Kamboja, yakni Vishaka FC, Angkor Tiger FC, dan satu wakil Malaysia Petaling Jaya City.

Sedangkan Persib sudah lebih dulu menjalani ajang Asia Challenge 2020 pada akhir pekan lalu. Mereka sudah menghadapi dua klub Asia Tenggara, yakni Selangor FA dan Hanoi FC.

Persib harus menelan kekalahan lebih dulu di pertandingan pertama dari Selangor FA dengan skor 0-3. Barulah di laga kedua mereka berhasil mengantongi kemenangan 2-0 atas Hanoi.

Fenomena uji coba melawan klub luar negeri nyatanya memang sudah terjadi pada musim 2018 lalu. Saat itu Bhayangkara dan Persija Jakarta mengikuti agenda uji coba internasional.

Bhayangkara saat itu bermain bersama klub asal Jepang, FC Tokyo. Bermain di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Guardians takluk 2-4.

Sementara itu, Persija tergbung dalam turnamen pramusim internasional bertajuk Boost Sportsfix Super Cup 2018. Macan Kemayoran sukses menjuarai ajang itu.

Persija berhasil menduduki peringkat pertama mengungguli Kelantan FA dan Ratchaburi FC. Turnamen pramusim ini pun cukup efektif bagi Persija.

Baca Juga

Pasalnya, Macan Kemayoran berhasil menyelesaikan kompetisi Liga 1 2018 sebagai juara. Ajang pramusim internasional pun bisa dikatakan efektif bagi Persija.

Meski begitu, efektif atau tidaknya pertandingan uji coba internasional tergantung pada konsitensi klub saat menjalani kompetisi Liga 1.

Karena hal itu menjadi kunci keberhasilan yang dilakukan Bali United di Liga 1 2019, meski mereka tak melakukan uji coba internasional terlebih dahulu.

Uji CobaPersib BandungIn Depth SportsMadura United FCBhayangkara FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini