x

Rekrut Marc Klok, Persija Jakarta Kini Punya Mata-mata untuk Bongkar Kelemahan Persib Bandung

Sabtu, 1 Februari 2020 15:02 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Kedatangan Marc Klok sepertinya membuat Persija Jakarta kini mempunyai mata-mata untuk membongkar kelemahan rivalnya, Persib Bandung, di Liga 1 2020 mendatang.

INDOSPORT. COM - Kedatangan Marc Klok sepertinya membuat Persija Jakarta kini mempunyai mata-mata untuk membongkar kelemahan rivalnya, Persib Bandung, di Liga 1 2020 mendatang.

Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2020, Persija Jakarta memang tampak melakukan persiapan serius. Manajemen Macan Kemayoran terus mendatangkan pemain bintang yang diyakini bisa meningkatkan prestasi tim.

Ada beberapa nama top yang sudah dipastikan merapat. Persija Jakarta telah resmi merekrut tiga bintang lokal berlabel Timnas Indonesia, seperti Otavio Dutra, Alfath Fathier, dan Evan Dimas.

Baca Juga

Soal legiun asing, Persija Jakarta mendapatkan jasa pemain yang pernah merumput bersama klub top Serie A Italia, Juventus dan AS Roma, yakni Marco Motta. Klub besutan Sergio Farias baru-baru ini juga meresmikan gelandang asal Belanda yang direkrut dari PSM Makassar, Marc Klok.

Khusus nama terakhir, sepertinya kedatangan Marc Klok akan memberikan dampak besar bagi kekuatan Persija Jakarta. Berkat Marc Klok, Persija Jakarta kini memiliki mata-mata yang bisa membongkar kelemahan klub rival, Persib Bandung.

Sang Mata-mata Persija Jakarta

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa Marc Klok merapat ke Persija Jakarta usai meninggalkan klub peserta Liga 1 2020 lainnya, PSM Makassar. Status Klok selaku eks penggawa Juku Eja inilah, yang lantas membuatnya bisa menjadi mata-mata Persija Jakarta untuk membongkar kelamahan Persib Bandung.

Klok saat dulu masih membela PSM Makassar, pernah mendapat arahan dari pelatih bernama Robert Rene Alberts. Kebersamaan Klok dengan Robert Alberts terjadi selama dua musim, yaitu Liga 1 2017 dan Liga 1 2018.

Selama diasuh Robert Alberts, Klok mampu tampil gemilang dalam menjaga lini tengah PSM Makassar. Kerja sama Klok dan Robert Alberts pun, sukses mengantarkan PSM Makassar selalu bersaing di tiga besar papan atas klasemen selama dua musim beruntun.

Roberts Alberts dan Marc Klok saat dulu masih membela PSM Makassar.
Baca Juga

Sayangnya, Robert Alberts tak lagi melatih PSM Makassa ketika musim berganti ke Liga 1 2019. Awal musim, Robert Alberts hijrah menuju Persib Bandung, dan Klok masih bertahan di PSM Makassar.

Situasi kini kembali berubah, Klok meninggalkan PSM Makassar dan gabung Persija Jakarta, sedangkan Robert Alberts tetap setia bersama Persib Bandung. Perubahan situasi tersebut terlihat memberikan keuntungan bagi Persija Jakarta, karena Klok sudah mengerti betul bagaimana kualitas Robert Alberts dalam melatih.

Klok bisa saja membongkar semua strategi andalan Robert Alberts kepada pihak Persija Jakarta. Jika itu terjadi, Macan Kemayoran bakal dengan mudah menemukan skema untuk menangkal taktik jitu Robert Alberts, yang diyakini masih diterapkan di Persib Bandung.

Kalau diterka melalui data Transfermarkt, Robert Alberts adalah tipe pelatih yang gemar menerapkan formasi 4-2-3-1. Formasi seperti itu ternyata masih dipakai Robert Alberts, bahkan secara beruntun dalam 10 pertandingan terakhir Persib Bandung di Liga 1 2019 lalu.

Patut dinanti, apakah kedatangan Klok benar bisa membantu Persija Jakarta untuk membongkar kelemahan Persib Bandung? Jawabannya mari kita saksikan bersama di perhelatan Liga 1 2020 mendatang.

Persib BandungPersija JakartaRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Marc KlokBerita Liga 1

Berita Terkini