x

FIFA Hentikan Intervensinya Terhadap Sepak Bola Afrika

Selasa, 4 Februari 2020 20:48 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Yohanes Ishak
FIFA memutuskan berhenti mengintervensnya terhadap sepak bola Afrika dan CAF

INDOSPORT.COM - Badan sepak bola dunia, FIFA, resmi mengakhiri intervensinya terhadap sepak bola Afrika usai kasus korupsi yang terjadi di tubuh CAF (Federasi Sepak Bola Afrika) pada 2019 silam di benua hitam.

Melansir dari laman iAfrica, sebelumnya FIFA mengambil alih sepak bola Afrika setelah CAF terseret skandal korupsi. Presiden CAF, Ahmad Ahmad, menjadi sosok yang dituduh melakukannya.

Baca Juga

Saat itu FIFA mengkonfirmasi bahwa Ahmad tengah diselidiki oleh komite etik. Bahkan mantan menteri kabinet di Madagaskar tersebut sempat ditahan oleh otoritas Prancis terkait korupsinya.

Alhasil FIFA pun mengambil alih otoritas CAF selama enam bulan sebelum berakhir pada Februari ini. Hal tersebut juga menandai berakhirnya peran Sekretaris Jendral Fatma Samoura sebagai delegari umum untuk Afrika.

Baca Juga

Intervensi yang dilakukan FIFA terhadap sepak bola Afrika bertujuan untuk membenani sistem olahraga paling termahsyur di dunia tersebut. Apalagi FIFA memiliki rencana untuk membangun sepak bola di benua hitam dan menggelontorkan dana hingga miliaran dolar untuk mewujudkannya.

Pembangunan sepak bola Afrika yang dicanangkan oleh FIFA terdiri dari komite wasit bekerjasama dengan CAF, stadion dan infrakstruktur demi memajukan sepak bola di benua hitam.

FIFACAFBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini