x

Masih Dijajah Asing, Pelatih Lokal Awal Musim Liga 1 Kian Menurun

Rabu, 5 Februari 2020 19:28 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Kepala pelatih lokal atau Indonesia di awal musim Liga 1 (sejak 2017) kian menurun lantaran masih dijajah oleh juru taktik asing.

INDOSPORT.COM - Kepala pelatih lokal atau Indonesia di awal musim Liga 1 (sejak 2017) kian menurun lantaran masih dijajah oleh juru taktik asing.

Pelatih lokal masih menjadi anak tiri di negeri sendiri. Pasalnya sebagian peserta Liga 1 kerap memakai jasa juru latih asing.

Hal itu terlihat jelas dimana ada 18 peserta hampir tak setengahnya memilih pelatih asli Indonesia. Sedangkan lainnya malah mengontrak pelatih asing.

Baca Juga

Kompetisi sepak bola profesional Indonesia memang sudah dimulai sejak 1994 silam usai ajang Perserikatan dan Galatama dilebur oleh PSSI.

Sejauh ini pelatih asing yang cukup sukses di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia ialah Jacksen F. Tiago dan Stefano Cugurra.

Menariknya dua sosok tersebut ialah dari Brasil. Seperti diketahui kalau Brasil menjadi salah satu eksportir pemain ke kompetisi teratas sepak bola nasional.

Baca Juga

Sedangkan pelatih lokal yang bisa disebut pernah mencatatkan tinta emas ialah Rahmad Darmawan usai meraih banyak gelar di beberapa klub berbeda.

Melihat hal ini PSSI pun mengambil gebrakan dengan mengadakan kursus lisensi AFC Pro gelombang pertama pada awal 2019 lalu dan mencetak banyak pelatih lokal berkualitas.

Akan tetapi upaya PSSI itu masih kurang dilirik oleh klub-klub Liga 1. Mereka masih mempercayakan kursi kepelatihan pada juru latih asing karena menargetkan juara.

Baca Juga

Sejauh ini, tepatnya sejak kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia bernama Liga 1 pada 2017 lalu, klub-klub yang memakai jasa pelatih lokal kian menurun.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk melihat komposisi pelatih lokal di awal musim Liga 1 sejak 2017 hingga 2020 saat ini.

2017:

2018

2019

2020

Aji SantosoWidodo C. PutroRachmad DarmawanNilmaizarRahmad DarmawanJoko SusiloJafri SastraLiestiadiIwan SetiawanDjoko SusiloPelatihHendri SusiloJan SaragihHery KiswantoLiga IndonesiaRudy Eka PriyambadaI Putu Gede SwisantosoRudy Eka PriambadaHanafiDjadjang NurdjamanHerry KiswantoSeto NurdiantoroLiga 1Sports FactsBola IndonesiaShopee Liga 1Syafrianto RusliSeto NurdiyantoroBerita Liga 1

Berita Terkini