x

Kabar Vitor Baia, Eks Kiper Barcelona Dengan Koleksi Trofi Melebihi Ronaldo

Sabtu, 8 Februari 2020 19:27 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Berikut kabar terbaru dari Vitor Baia, salah satu mantan kiper Barcelona dan juga FC Porto yan mempunyai koleksi trofi melebihi Ronaldo.

INDOSPORT.COM - Kabar terbaru dari Vitor Baia, salah satu mantan kiper Barcelona dan FC Porto yang mempunyai koleksi trofi melebihi mega bintang Cristiano Ronaldo.

Meski berstatus mantan pemain Barcelona dan menyandang salah satu pemain dengan torehan gelar terbanyak di Eropa, namun faktanya Vitor Baia tidak terlalu mentereng ketika tampil membela tim Catalan.

Vitor Baia memperkuat Barcelona pada musim 1996 hingga 1999, dalam tiga tahun tersebut dirinya hanya bermain dalam 39 laga La Liga dan kebobolan 51 gol pada saat itu.

Baca Juga

Publik Catalan pun menganggap bahwa penampilan Baia tidak mampu memenuhi ekspektasi. Meski begitu, Vitor Baia tetap berhasil meraih lima trofi, diantaranya dua gelar Copa del Rey serta masing-masing satu trofi La Liga, Piala Super Spanyol, dan Piala Winners.

Total dalam 19 tahun karir sepak bolanya, pemain kelahiran Vila Nova de Gaia tersebut berhasill meraih 30 gelar dengan rincian lima gelar bersama Barcelona dan sisanya di dapat saat berseragam FC Porto.

Salah satu pencapaian manis Vitor Baia tentan saat membawa FC meraih gelar Liga Champions kedua mereka sepanjang sejarah, sekaligus mengulangi prestasi yang pernah diraih The Dragons 17 tahun silam.

Melansir dari thesporteasy.com, raihan gelar yang didapat Vitor Baia selama karirnya di sepakbola membuat mantan pemain yang kini berusia 50 tahun tersebut masuk dalam 11 besar pemain dengan trofi terbanyak sepanjang sejarah.

Bahkan jumlah trofi yang diraih Vitor Baia mampu melebihi torehan milik Cristiano Ronaldo, yang hingga awal 2020 ini cuma bisa meraih 29 trofi baik di level klub maupun negara.

Cristiano Ronaldo, megabintang Juventus yang seperti bukan megabintang sepak bola lagi.

Untuk pemain berposisi sebagai penjaga gawang, jumlah trofi Vitor Baia menjadi terbanyak kedua sepanjang sejarah dan cuma kalah dari Oleksandr Shovkovskiy yang telah memperoleh 36 gelar juara.

Sementara pemain dengan jumlah gelar juara terbanyak sepanjang sampai saat ini masih dipegang wing back asal Brasil, Dani Alves yang telah mengumpulkan 43 trofi.

Pasca memutuskan pensiun dari sepak bola pada 2007 silam, Vitor Baia lebih banyak menghabiskan waktu dengan fokus menjalankan yayasan amal yang ia dirikan bersama istrinya tahun 2004 lalu.

Bahkan sebelum pensiun, Baia menyumbangkan sepasang sarung tangan yang ditandatangani untuk dimasukkan dalam kapsul waktu, sekaligus koleksi memorabilia UEFA yang baru akan dibuka 50 tahun kedepan.

Baca Juga

Vitor Baia juga sempat menerbitkan otobiografinya yang berjudul 99 - Vítor Baia pada tahun 2005, dan pada tanggal 10 Juni 2008 dirinya diangkat menjadi Perwira Ordem do Infante Dom Henrique oleh presiden Portugal.

Meski telah tidak berkecimpung di dunia sepak bola, namun Baia masih tetap menjadi ikon lapangan hijau bahkan pada Agustus 2015 kemarin pihak EA Sports mengumumkan Baia sebagai bagian dari FIFA 16 Ultimate Team Legends.

Dirinya pun masih sesekali tampil menjadi narasumber dan juga pundit dalam beberapa acara sepak bola di Portugal, salah satunya saat tampil di acara Canal 11 pada Agustus 2019 silam.

BarcelonaFC PortoVitor BaiaBola InternasionalSepak BolaApa Kabar

Berita Terkini