x

Apa Kabar Sutanto Tan, Pemain Keturunan Tionghoa yang Sempat Bela Persija

Rabu, 12 Februari 2020 15:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
Masih ingat Sutanto Tan? Salah satu pemain keturunan Tionghoa yang sempat membela Persija Jakarta pada musim 2016/17? Saat ini pemain berusia 25 tahun itu masih aktif di kancah sepak bola nasional.

INDOSPORT.COM - Masih ingat Sutanto Tan? Salah satu pemain keturunan Tionghoa yang sempat membela Persija Jakarta pada musim 2016/17? Saat ini pemain berusia 25 tahun itu masih aktif di kancah sepak bola nasional.

Berbincang dengan INDOSPORT, Sutanto mengatakan tengah berstatus bebas transfer dan menanti tawaran untuk bermain di Liga 1 ataupun Liga 2. Ia mengaku menjalani latihan rutin bersama mantan klubnya di Singapura, Geylang United FC.

Baca Juga

"Saat ini saya masih latihan dengan mantan klub di Singapura. Belum tahu main dimana, masih menunggu tawaran saja," tuturnya.

Musim lalu, Sutanto Tan bermain untuk PSIM Yogyakarta di Liga 2. Sayangnya, ia gagal membawa Laskar Mataram menembus Liga 1 setelah hanya finis di posisi ketujuh wilayah timur. 

Sambil menunggu tawaran yang datang, Sutanto mengaku tengah mengurus bisnis di kampung halamannya di Batam. Ia membangun usaha tersebut untuk mempersiapkan masa depannya jika tak lagi aktif sebagai pesepakbola.

"Sibuk urusin bisnis kopi di Batam juga nih, deket rumah," akunya.

Baca Juga

Belakangan, Sutanto Tan dirumorkan akan merapat ke PSMS Medan. Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang menyatakan timnya akan kedatangan pemain baru setelah mengamankan tanda tangan Azka Fauzi dari Persita Tangerang. 

Namun, Sutanto belum memberikan jawaban pasti. Ia tidak mengiyakan ataupun membantah rumor yang ada, hanya saja meminta didoakan agar mendapat tawaran terbaik.

"Belum tahu nih. Nanti lihat saja bagaimana perkembangan," ucapnya.

Selain Persija dan PSIM, Sutanto Tan pernah memperkuat Mitra Kukar pada musim 2015/16, pasca selesai kontrak dengan klub Singapura lain yakni Hougang United pada 2014. Selanjutnya, ia juga pernah membela Bali United pada 2017 dan mendapat kesempatan trial di salah satu klub Swedia, Dalkurd FF pada awal Januari 2019 lalu.

Baca Juga

Dalam perjalanan kariernya, di tahun 2015 Sutanto pernah dipanggil oleh pelatih Aji Santoso untuk mengikuti pelatnas Timnas Indonesia U-23 jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 di Jakarta. Ia menegaskan bangga bisa menjadi pemain keturunan Tionghoa yang dipercaya ke Timnas dan menyatakan hatinya untuk Merah Putih meski punya garis keturunan lain
 

Persija JakartaPSIM YogyakartaSutanto TanLiga IndonesiaLiga 2Berita Liga 2

Berita Terkini