x

Baru 16 Tahun, Pemain Garuda Select akan Kantongi Lisensi Kepelatihan dari Inggris

Sabtu, 22 Februari 2020 13:48 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Baru 16 tahun, pemain Garuda Select akan mengantongi lisensi kepelatihan dari The FA Inggris.

INDOSPORT.COM – Tak hanya mengikuti latihan dan laga uji coba selama di Inggris, skuat muda asal Indonesia, Garuda Select juga dibekali dengan kursus pengambilan lisensi kepelatihan dari The FA.

Lisensi kepelatihan ini dapat digunakan penggawa Garuda Select untuk melatih sebuah klub sebagaimana lisensi pada umumnya. Sebab, sertifikat ini sendiri langsung dikeluarkan oleh The FA, organisasi sepak bola tertinggi di Inggris.

Namun, meski sudah mengantongi lisensi sebagai pelatih, para penggawa Garuda Select tetap difokuskan untuk menjadi pemain sepak bola andalan bagi klub dan Timnas Indonesia. Pra pemain dapat menggunakan sertifikatnya saat sudah dewasa nanti.

Baca Juga

“Meski masih berusia rata-rata 16 tahun, mereka sudah dibekali ilmu kepelatihan langsung dari Inggris, yang berguna bagi karir di masa depan,” ungkap Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, seperti dilansir dari Mola TV.

Instruktur dari The FA pun membekali para pemain Garuda Select dengan pengetahuan dasar kepelatihan, salah satunya adalah bagaimana menangani pemain yang cedera saat di lapangan.

“Banyak sekali hal penting yang diajarkan, salah satunya cara menangani kondisi darurat di mana salah satu rekan jatuh pingsan,” papar penggawa Garuda Select, Arsa Ramadan Ahmad.

Baca Juga

“Langkah-langkah yang dibutuhkan seperti membuka saluran pernafasannya, mengarahkan kepala menghadap ke atas, hingga mengecek detak jantungnya, semuanya menjadi wawasan baru bagi kami,” tambah pesepakbola 16 tahun tersebut.

Kursus lisensi kepelatihan ini dilakukan setiap pekannya, diselingi laga uji coba Garuda Select menghadapi tim sepak bola Inggris. Dalam waktu dekat, Arsa Ahmad dkk akan menantang tim Preston North End U-18 pada Selasa (25/02/20) mendatang.

InggrisDennis WiseFootball Association (FA)Bola InternasionalGaruda SelectSepak Bola

Berita Terkini