x

3 Pelatih Eropa Berpengalaman yang Bisa Digaet PSS Usai Eduardo Perez Mundur

Senin, 24 Februari 2020 16:32 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Sedikitnya ada 3 pelatih eropa berpengalaman di Liga 1 yang bisa digaet PSS Sleman usai kepala juru taktik Eduardo Perez menyatakan mundur.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 pelatih eropa berpengalaman di Liga 1 yang bisa digaet PSS Sleman usai kepala juru taktik Eduardo Perez menyatakan mundur.

Pelatih asal Spanyol itu memutuskan untuk melepas jabatannya sebagai pelatih PSS Sleman karena masalah teknis kepelatihan dan performa tim.

Plt manajer PSS Sleman M. Eksan, telah memberikan konfirmasi mengenai kabar tersebut. Pihak PSS Sleman juga telah menerima pengunduran diri Eduardo.

Baca Juga

"Tentu hal ini sangat kami sayangkan, tapi keputusan beliau harus dihargai," kata M. Eksan di Sleman, Senin (24/02/20).

Sedangkan Chief Executive Officer (CEO) PT Putra Sleman Sembada (PT. PSS), Fatih Chabanto mengatakan bahwa tak mudah mencari pengganti Eduardo Perez.

"Meski terbilang mepet, PSS tetap klub yang menarik bagi banyak pelatih. Saya harap suporter bisa memaklumi situasi yang ada. Kami akan bergerak cepat," tegas Fatih.

Baca Juga

Masa bakti Eduardo Perez hanya singkat. Sebab pelatih asal Spanyol dikontrak sejak 15 Januari dan memilih mundur pada 24 Februari 2020.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk PSS dalam mencari pelatih eropa sarat pengalaman di Liga 1 sekaligus memiliki lisensi meyakinkan, yakni UEFA Pro.

Sekadar informasi kalau lisensi UEFA Pro dikeluarkan oleh UEFA lewat federasi sepak bola masing-masing negara kawasan Eropa dan berlaku selama dua tahun.

Baca Juga

Dengan memegang lisensi UEFA Pro, para pelatih bisa menangani klub teratas tiap liga di berbagai negara, termasuk tim nasional. Berikut daftar yang dimaksud.

1. Milomir Seslija

Mantan pelatih Arema FC Milomir Seslija.

Mantan pelatih Arema FC Milomir Seslija tampaknnya bisa masuk ke dalam daftar juru taktik anyar PSS setelah Eduardo Perez nyatakan mundur.

Milomir sudah cukup laman berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia, tepatnya kasta tertinggi yaitu Liga 1 sejak 2011 silam kala menukangi Arema Indonesia (IPL).

Baca Juga

Lalu pelatih asal Bosnia-Herzegovina itu sempat menangani Arema FC (2016, 2019), Persiba Balikpapan (2017), dan Madura United (2018).

Bahkan Milomir sempat mendulang trofi Piala Presiden 2019. Pelatih berusia 55 tahun itu memiliki lisensi UEFA Pro sejak 2009 silam.

2. Milan Petrovic

Milan Petrovic memberikan arah kepada anak asuhnya dalam sesi latihan.

Mantan juru taktik Badak Lampung FC Milan Petrovic juga memiliki sertifikat kepelatihan UEFA Pro sejak 2012 silam dari Federasi Sepak Bola Serbia.

Milan memulai karier kepelatihannya di Indonesia kala didatangkan oleh Arema FC pada 2018 silam. Bahkan Milan membawa Singo Edan finis di urutan enam kala itu.

Baca Juga

Lalu Milan didapuk menjadi kepala pelatih Badak Lampung FC pada pertengahan 2019. Namun dirinya kurang beruntung karena tak bisa membawa tim tersebut lolos dari zona degradasi.

Meski begitu pengalaman Milan dalam menjadi pelatih tak boleh dianggap remeh. Kala menangani Arema FC dulu, Milan sukses membuat Kanjuruhan menjadi angker untuk tim lawan dan semacamnya.

3. Dejan Antonic

Pelatih Madura United, Dejan Antonic memimpin latihan tim Madura United di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Pelatih asal Serbia Dejan Antonic saat ini sedang menganggur pasca mengundurkan diri dari Madura United (2019). Dejan bisa mengisi posisi Eduardo di PSS.

Dejan telah mengantongi lisensi UEFA Pro sejak Desember 2015 silam. Bahkan dirinya masuk ke dalam tiga besar dari 75 pelatih yang ikut kursus tersebut.

Baca Juga

Dejan memiliki cukup pengalaman dengan dunia sepak bola Indonesia. Bahkan Dejan sempat meniti karier di Tanah Air kala masih aktif sebagai pemain.

Kala pensiun dan menjadi pelatih, Dejan sempat menangani Arema Indonesia (2012), Pro Duta (2013), Pelita Bandung Raya (2013-15), Persib Bandung (2016), Borneo FC (2018), dan Madura United (2019).

Dejan AntonicPSS SlemanPelatihMilomir SeslijaLiga IndonesiaLiga 1Eduardo PerezMilan PetrovicTRIVIABola IndonesiaShopee Liga 1Berita Liga 1

Berita Terkini