x

3 Alasan Simon McMenemy Layak Latih PSS Sleman di Liga 1 2020

Selasa, 25 Februari 2020 15:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
3 Alasan Simon McMenemy layak melatih PSS Sleman di Liga 1 2020: pengalamannya di Liga 1 dan Timnas Indonesia, serta lisensi yang sesuai standar AFC.

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola PSS Sleman bergerak cepat dalam upaya mendatangkan pelatih anyar jelang kompetisi Liga 1 2020. Eks pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, menjadi calon kuat pelatih Elang Jawa.

Sebagaimana diketahui, PSS Sleman baru saja ditinggalkan pelatih Eduardo Perez. Padahal, kick-off kompetisi Liga 1 2020 sudah di depan mata. Konon, ada visi yang berbeda antara Eduardo dan manajemen dalam mengarungi kompetisi musim ini.

Kini, nama Simon McMenemy mulai dikait-kaitkan dengan PSS Sleman sebagai calon kuat pelatih pengganti Eduardo Perez, seiring dengan kekosongan jabatannya usai tak lagi menukangi Timnas Indonesia.

Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi sejumlah pihak, khususnya penggawa PSS yang memang segera membutuhkan sosok pelatih jelang Liga 1 2020, sebab mereka akan menghadapi tim kuat PSM Makassar di pekan pertama, Minggu (01/03/20) mendatang.

Setidaknya, ada tiga alasan mengapa Simon McMenemy layak menggantikan Eduardo Perez untuk menukangi PSS Sleman di Liga 1 2020. Berikut rangkuman INDOSPORT untuk Anda.

1. Paham Liga Indonesia

Skuat Bhayangkara FC merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 1 2017.

Setelah hampir 10 tahun menjadi pelatih di Liga Indonesia dan Asia, rasanya kemampuan dan pemahaman Simon McMenemy akan kompetisi sepak bola Tanah Air sudah khatam dan tak perlu dipertanyakan lagi.

Terlebih, Simon McMenemy sempat membawa Bhayangkara FC menjadi kampiun Liga 1 2017 lalu, dan ia mendapat penghargaan individu sebagai pelatih terbaik. Secara pengalaman, tentu bukan hal yang sulit bagi pelatih 42 tahun itu untuk menukangi PSS Sleman.

2. Khatam Potensi Pemain Lokal

Simon McMenemy menunjuk Febri Hariyadi gantikan Rizki Pora di Timnas Indonesia.

Bukan hal yang baru lagi jika Simon McMenemy adalah mantan pelatih Timnas Indonesia, dan memiliki wewenang penuh untuk memilih sejumlah pemain bergabung dalam skuat nasional. Ia seakan sudah khatam dengan potensi masing-masing pemain di Liga 1.

Dengan pengalamannya tersebut, jelas jika Simon McMenemy tahu mana penggawa terbaik yang layak memperkuat PSS Sleman beserta strategi yang tepat, dan tahu siapa saja pemain klub lain yang patut diwaspadai kala berhadapan dengan Laskar Juku Eja.

3. Kantongi Lisensi Sesuai Regulasi

Logo Piala AFC.

Ada polemik yang sempat membelit Bali United selaku kampiun Liga 1 2019, kala ingin mentas di kompetisi skala Asia, yakni lisensi pelatih yang belum sesuai dengan standar AFC. Sehingga, Serdadu Tridatu harus mencari pelatih lain yang sesuai dengan kriteria.

Lain halnya dengan Simon McMenemy, pelatih asal Skotlandia ini sudah mendaftarkan diri dalam kursus lisensi Pro Diploma AFC 2020. Pengambilan lisensi membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun, sehingga masih cukup waktu untuk menukangi PSS Sleman musim ini.

PSS SlemanPelatihTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSimon McMenemyLiga 1TRIVIABerita Liga 1

Berita Terkini