x

Persebaya, Juara Pramusim dan Tradisi Pertandingan Pembuka Liga 1

Sabtu, 29 Februari 2020 15:13 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Persebaya Surabaya berhasil meraih trofi Piala Gubernur Jatim 2020.

INDOSPORT.COM - Persebaya vs Persik menjadi pertandingan pembuka Liga 1 2020 malam nanti, Sabtu (29/02/20). Hal itu sekaligus melanjutkan tradisi yang sudah terbangun sepanjang sejarah Liga 1.

Liga 1 2020 akan segera bergulir dengan Persebaya Surabaya vs Perik Kediri menjadi penanda pertandingan pembuka, Sabtu (29/02/20).

Berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pertandingan antara dua tim asal Jawa Timur ini seakan melanjutkan tradisi yang selama ini selalu terjadi sepanjang sejarah Liga 1.

Baca Juga

Tak seperti lazimnya sebuah kompetisi yang dibuka dengan pertandingan klub yang menjadi juara musim sebelumnya, di Liga 1 justru ada kecenderungan menarik, yang entah disengaja atau tidak. Dimana pertandingan pembuka selalu dijalani oleh tim yang menjadi juara di turnamen pramusim.

Di mulai dari gelaran Liga 1 perdana di musim 2017. Menjadi kompetisi resmi pertama setelah Indonesia mengalami hukuman FIFA, ajang itu dibuka dengan pertandingan antara Persib Bandung dan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (15/04/17).

Persib Bandung memang juara bertahan Liga Indonesia, yang terakhir terjadi di tahun 2014. Namun, keberadaan Arema FC yang berstasus sebagai juara Piala Presiden 2017 menjadi awal dimulainya tradisi. Klub juara turnamen pramusim mewarnai pertandingan pembuka Liga 1.

Tradisi berlanjut di Liga 1 2018. Ketika pembukaan kompetisi ditandai dengan pertandingan Bhayangkara FC vs Persija Jakarta, Jumat (23/03/18)

Masih seperti musim sebelumnya, memang ada juara bertahan yang akan terlibat di pertandingan pembuka, yakni Bhayangkara FC. Namun, status Persija Jakarta yang merupakan juara turnamen pramusim Piala Presiden 2018 menjadi menarik.

Entah disengaja atau tidak, Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), menempatkan klub yang menjadi juara di turnamen pramusim pada laga pembuka.

Semakin jelas tradisi itu di kompetisi Liga 1 2019. Ketika tak ada lagi klub juara bertahan yang harus menjalani pertandingan pembuka, tetapi klub juara turnamen pramusim yang masih terlihat.

Saat itu, Arema FC sebagai juara Piala Presiden 2019, menjalani pertandingan pembuka di Stadion Maguwoharjo, melawan tuan rumah yang sekaligus tim promosi PSS Sleman, Rabu (15/05/19).

Ketika itu, PT LIB beralasan tak adanya nama Persija jakarta sebagai juara bertahan Liga 1 di pertandingan pembuka, karena klub berjuluk Macan Kemayoran itu juga akan bertanding di laga Piala AFC 2019.

Tak adanya klub juara bertahan di pertandingan pembuka di Liga 1 kembali berlanjut di kompetisi 2020 ini, tetapi tidak untuk klub juara turnamen pramusim. Sebagai catatan, turnamen pramusim Piala Presiden juga tak dilangsungkan tahun ini.

Meski demikian, PT LIB masih menempatkan klub yang menjadi juara di turnamen pramusim lainya, Persebaya Suarabaya, di pertandingan pembuka.

Baca Juga

Seperti yang diketahui, Juara turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020 itu akan menjalani pertandingan pembuka Liga 1 2020 di stadion Gelora Bung Tomo melawan tim promosi Persik kediri.

Dengan fakta yang sudah berlangsung bertahun-tahun itu, menjadi menarik menanti apakah di musim mendatang, tradisi selalu adanya klub juara turnamen pramusim akan kembali berlanjut.

Persebaya SurabayaPersik KediriPiala PresidenLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini