x

Tidak Ada Liverpool, Ini 6 Klub yang 'Ngamuk' Jika Liga Inggris Dibatalkan

Selasa, 17 Maret 2020 16:23 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Enam klub kabarnya bakal ajukan tuntutan jika kompetisi Liga Inggris musim ini dibatalkan karena virus Corona.

INDOSPORT.COM - Enam klub yang saat ini berkompetisi di Divisi Championship, atau liga kasta kedua Liga Inggris, akan mengajukan gugatan jika kompetisi musim ini benar-benar dibatalkan. Langkah tersebut diambil karena mereka merasa peluang promosi ke kasta pertama terancam.

Penghentian sementara Liga Inggris musim ini akibat pandemi Corona menimbulkan banyak pertanyaan, khususnya terkait kelanjutan kompetisi. Muncul berbagai kemungkinan opsi, salah satunya melanjutkan liga saat situasi sudah lebih aman.

Belakangan muncul opsi kedua yang lebih ekstrem, yaitu membatalkan liga musim ini dan menganggapnya tidak berlaku. Namun, opsi ini dinilai akan menimbulkan masalah besar, khususnya soal siapa yang lolos ke kompetisi Eropa dan siapa yang terdegradasi atau promosi.

Baca Juga
Baca Juga

Terkait tentang promosi, sejumlah pihak menyebut bahwa Leeds United dan West Brom harus dinaikkan ke kasta tertinggi Liga Inggris musim depan. Pasalnya, kedua klub tersebut kini menempati posisi pertama dan kedua Divisi Championship yang memang mendapatkan jatah promosi otomatis.

Masalahnya, ide tersebut mengabaikan jatah promosi ketiga yang diperebutkan oleh tim posisi ketiga hingga keenam melalui play-off. Padahal, jarak Leeds dan West Brom dengan Fulham yang berada di posisi ketiga pun hanya tujuh dan enam poin, dengan semua tim masih bisa menyisakan 9 laga atau 27 poin.

Dilansir Mirror, klub-klub yang kini berada di posisi enam besar Divisi Championship, yakni Leeds, West Brom, Fulham, Brentford, Nottingham Forest, dan Preston menggelar pertemuan rahasia, Senin (16/03/20) waktu setempat untuk membahas polemik ini.

Baca Juga
Baca Juga

Keenamnya menganggap pembatalan kompetisi merugikan mereka karena ketatnya persaingan di Divisi Champioship membuat perebutan posisi dua besar belum aman. Karena alasan itu, mereka bahkan berencana mengajukan gugatan jika Liga Inggris musim ini dibatalkan dan hanya dua tim yang dipromosikan.

Keenam klub itu juga akan menggelar pertemuan kedua, Selasa (17/03/20) waktu setempat, dengan melibatkan seluruh 24 klub Divisi Championship. Jatah promosi ke kasta pertama Liga Inggris, meskipun hanya melalui jalur play-off, memang menggiurkan karena bernilai 200 juta pounds (Rp3,6 triliun).

West Bromwich AlbionFulhamDivisi ChampionshipLeeds UnitedLiga InggrisSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini