x

Ketika Virus Corona Buat Presiden FIFA Lebih Botak dari Biasanya

Kamis, 19 Maret 2020 19:27 WIB
Editor: Coro Mountana
FIFA Presiden, Gianni Infantino

INDOSPORT.COM – Dampak yang diberikan oleh wabah virus corona sangatlah besar untuk dunia sepak bola, bahkan bisa membuat presiden FIFA lebih botak dari biasanya.

Gianni Infantino selaku presiden FIFA (induk sepak bola dunia) jelas menjadi orang yang paling dipusingkan dengan adanya serangan virus corona. Pasalnya, virus corona telah melumpuhkan sendi-sendi kehidupan terutama sepak bola.

Sejumlah liga-liga di belahan dunia termasuk Liga 1 dan Liga Inggris terpaksa harus dihentikan sementara agar tidak membuat penyebaran virus corona merajalela. Tak hanya itu, sejumlah ajang penting seperti Euro 2020 dan Copa America pun harus diundur.

Baca Juga
Baca Juga

Penghentian dan pemunduran jadwal kompetisi yang berada di bawah naungan FIFA jelas berdampak pada bagaimana proses transfer pemain yang rencananya akan dilangsungkan pada Juni. Bukan apa-apa, banyak pemain sepak bola di Eropa yang kontraknya habis pada bulan Juni.

Masalah-masalah yang begitu kompleks inilah pada akhirnya bisa membuat presiden FIFA dapat lebih botak dari biasanya karena bisa bikin pusing.

Solusi Jitu Gianni Infantino

Untungnya dengan ketenangannya, pria berkepala plontos itu mencoba untuk mencari benang merah dari kusutnya masalah yang sedang menimpa sepak bola dunia. Demi membantu kerjanya, Gianni Infantino pun membentuk tim kerja.

Baca Juga
Baca Juga

Tim tersebut pada nantinya akan difokuskan oleh Infantino untuk mengatasi masalah transfer pemain yang terpaksa harus diundur juga tetapi masa kontrak dengan klub telah habis. Menurut Infantino, timnya nanti akan bekerja di bawah arahannya juga.

Menyoal permasalahan transfer pemain yang begitu pelik, Infantino tampaknya berencana akan memberikan dispensasi sementara terhadap peraturan FIFA mengenai status dan transfer pemain untuk melindungi kontrak sang pemain dan klub.

“Situasi luar biasa (wabah virus corona) membutuhkan langkah-langkah dan keputusan yang luar biasa juga. Krisis ini berdampak pada seluruh dunia dan itulah sebabnya solusi harus mempertimbangkan kepentingan semua pihak,” ungkap Infantino seperti yang dinukil dari Sportskeeda.

Infantino juga berencana untuk memberikan slot 11 Juni hingga 11 Juli untuk ajang Euro dan Copa America tahun depan. Selain itu, FIFA juga akan menyumbang dana hingga 10 juta dollar Amerika Serikat untuk membantu WHO membasmi virus corona.

FIFAGianni InfantinoBola InternasionalFeatureVirus Corona

Berita Terkini