x

Lihat Edson Tavares Bawa Borneo FC ke Papan Atas, Menyesalkah Persija?

Senin, 23 Maret 2020 17:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Edson Tavares, pelatih Brasil ini dalam tiga pekan awal Liga 1 2020 berhasil menghiasi papan atas klasemen, menyesalkah Persija Jakarta melepasnya?

INDOSPORT. COM - Edson Tavares, pelatih Brasil ini dalam tiga pekan awal Liga 1 2020 berhasil menghiasi papan atas klasemen, menyesalkah Persija Jakarta melepasnya?

Pentas Liga 1 2020, memang menjadi petualangan baru bagi Edson Tavares di Indonesia. Setelah musim lalu melakoni debut bersama Persija Jakarta, kini Edson Tavares hijrah ke klub Indonesia lainnya, Borneo FC.

Perjalanan awal Edson Tavares membesut Borneo FC pun tampak begitu manis. Tiga pekan awal Liga 1 2020, Edson Tavares mampu membawa Borneo FC menempati papan atas klasemen.

Baca Juga
Baca Juga

Laga pekan pertama, Edson Tavares bertemu dengan mantan klubnya, Persija Jakarta. Bertindak sebagai tim tamu, Edson Tavares gagal menghindarkan Borneo FC dari kekalahan 2-3.

Namun setelahnya, Edson Tavares bisa membangkitkan moral tim. Dua laga selanjutnya, Edson Tavares secara beruntun berhasil mengantarkan Borneo FC mengalahkan Persipura Jayapura 2-1, dan Persela Lamongan 2-0.

Berkat segala hasil itu, Borneo FC untuk sementara bercokol di urutan tiga klasemen. Mengumpulkan enam poin, torehan Borneo FC hanya berjarak saja dari sang pemuncak, Persib Bandung.

Sementara itu, Persija Jakarta, dalam tiga pekan awal Liga 1 2020 tak meraih kesuksesan seperti Edson Tavares. Lihat saja tabel klasemen, skuat Macan Kemayoran yang kini diracik Sergio Farias, cuma duduk di peringkat sembilan dengan koleksi empat poin saja.

Baca Juga
Baca Juga

Melihat fakta yang ada, mungkinkah Persija Jakarta menyesal dahulu telah melepas Edson Tavares? Mengingat capaian Edson Tavares saat ini bersama klub barunya lebih manis ketimbang Persija Jakarta.

Soal menyesal atau tidak, jawaban pastinya mungkin hanya manajemen Persija Jakarta yang tahu. Namun demi menerka segala kemungkinannya, mari membedah dari data statistik Edson Tavares.

Pertama, jelas ada kemungkinan Persija Jakarta menyesal sudah membiarkan Edson Tavares pergi. Secara tabel klasemen Liga 1 2020 juga sudah terlihat.

Edson Tavares yang membesut Borneo FC menduduki peringkat tiga, sedangkan Persija Jakarta bersama pelatih anyar Sergio Farias duduk di urutan sembilan.

Namun jangan lupa, Borneo FC mampu mendapatkan singgasana tiga besar papan atas, karena memang telah memainkan tiga laga. Kalau Persija Jakarta, tiga pekan awal hanya bisa melakoni dua laga, sebab salah satu pertandingan kontra Persebaya Surabaya harus mengalami penundaan.

Taruhlah kondisinya Persija Jakarta bisa menang atas Persebaya Surabaya, pasti rasa menyesal telah melepas Edson Tavares tidak akan muncul. Persija Jakarta akan mengoleksi tujuh poin, alias menggusur posisi yang ditempati Borneo FC.

Belum lagi, Persija Jakarta pada laga pekan pertama sudah membuktikan bahwa kualitas tim sekarang, lebih hebat ketimbang racikan Edson Tavares. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Persija Jakarta menang 3-2 atas anak asuh Edson Tavares, Borneo FC, dalam laga pembuka Liga 1 2020.

Toh, secara rekor pribadi Edson Tavares, catatan tiga laga awalnya di dua tim berbeda Liga 1, tidak menunjukkan perkembangan. Tiga laga awal bersama Persija Jakarta dulu, Edson Tavares meraih dua kemenangan dan sekali kalah, sekarang pun bersama Borneo FC hasilnya masih sama, dua kemenangan dan satu kali kalah pula.

Bagaimanapun data statistik yang menjelaskan, nasi sudah terlanjur menjadi bubur. Agar memang tak ada kata menyesal, setidaknya Persija Jakarta yang versi sekarang, harus membuktikan diri sebagai tim lebih hebat dan mengalahkan pencapaian Edson Tavares bersama Borneo FC.

Persija JakartaBorneo FCLiga IndonesiaEdson TavaresBerita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini