x

Perkiraan Formasi Timnas U-19 Bersama Stefan Antonic, Duet Menara kokoh

Senin, 23 Maret 2020 18:15 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
Perkiraan Formasi Timnas U-19 Bersama Stefan Antonic, Duet Menara kokoh

INDOSPORT.COM - Berikut perkiraan formasi Timnas Indonesia U-19 pasca kedatangan Stefan Antonic dari klub Hong Kong, lini belakang Garuda diprediksi bakal memiliki duet menara kokoh.

Tim nasional Indonesia U-19 sendiri memang tengah dipersiapkan untuk menghadapi dua turnamen besar yakni AFF di Indonesia serta AFC di Uzbekistan.

Meski belum pasti kapan turnamen tersebut dimulai lantaran wabah Corona belum juga reda terutama di kawasan Asia, namun pelatih Timnas Indonesia tetap mempersiapkan tim dengan maksimal termasuk rencana pemusatan latihan.

Baca Juga
Baca Juga

Dikabarkan jika pelatih Timnas Indonesia telah menyiapkan beberapa nama untuk TC, dan salah satu nama tersebut adalah Stefan Antonic yang tampil bersama SC Kitchee.

Dipanggilnya Stefan Antonic ke TC Timnas Indonesia U-19 ini pun dibenarkan langsung oleh sang ayah yang juga pelatih di Liga 1 2020, Dejan Antonic.

Juru taktik yang saat ini menukangi PSS Sleman tersebut mengaku sangat gembira setelah sang buah hati diberikan kesempatan bergabung ke Timnas Indonesia U-19.

"Ya, saya senang sekali sebagai orang tua dia (Stefan) karena bisa masuk tim atau negara besar di mana saya dulu bermain dan sekarang kerja sebagai pelatih," katanya, dikutip dari vocketfc.

Walau belum pasti siapa pemain yang dibawa Shin Tae-yong ke AFF dan Piala AFC nanti, namun jika melihat skuat pemusatan latihan saat ini serta beberapa pemain yang pernah tampil sebelumnya, terdapat gambaran mengenai formasi yang mungkin bisa diterapkan STY.

Terlebih setelah kedatangan Stefan Antonic, di mana pemain berusia 19 tahun tersebut bisa membuat lini pertahanan Timnas Indonesia makin kokoh berkat ketangguhan fisiknya.

Lantas seperti apa perkiraan formasi Timnas Indonesia U 19 nanti, terutama setelah bergabungnya Stefan Antonic? Berikut INDOSPORT coba menulisnya.

Pada posisi penjaga gawang, Ernando Ari Sutaryadi bakal menjadi pilihan utama lantaran di beberapa laga sebelumnya sudah menjadi pilihan utama pelatih Timnas, pengalaman itulah yang menjadikan Ernando layak menjadi starter.

Menggunakan taktik 4-3-3 yang lebih mengandalkan fisik khas gaya permainan Shin Tae-yong, sosok Stefan Antonic tampaknya bakal menjadi kesayangan sang pelatih.

Bermodalkan tinggi 183 cm, sosok Stefan Antonic bisa menjadi benteng kokoh pertahanan Timnas terlebih jika berduet dengan Rizky Ridho yang juga berpostur tubuh serupa.

Keduanya bisa menjadi benteng kokoh buat Timnas Indonesia U 19, ditambah kehadiran dua wingback sekelas Bagas Kaffa serta Alfeandra Dewangga menjadikan lini belakang skuat Garuda semakin solid.

Tiga pemain tengah bakal diisi trio David Maulana, Beckham Putra serta Supriadi. Ketiganya merupakan pemain tipikal Shin Tae-yong, terutama Supriadi dan David Maulana yang puya kecepatan sehingga bisa membantu serangan dengan merangsek masuk ke kotak penalti lawan.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara Beckham Putra akan menjadi gelandang pengatur serangan, serta pendistribusi bola dari lini tengah menuju pertahanan lawan.

Pada posisi penyerangan, trio pemain lincah macam Sutan Zico, Bagus Kahfi dan juga Witan Sulaeman menjadi pilihan utama. Ketiganya juga telah terbukti mampu menjadi tumpuan gol Timnas Indonesia dalam beberapa event terakhir.

Bahkan Bagus Kahfi sempat mendapat panggilan ke Timnas Senior meski usianya baru menginjak 18 tahun. Total pemain Barito Putera tersebut telah mencetak delapan gol dari 10 penampilan bersama Timnas U19, sehingga tidak ada alasan bagi pelatih buat mengabaikannya.

Perkiraan Timnas U19 Pasca Kehadiran Stefan Antonic
(4-3-3)
Ernando Ari Sutaryadi; Bagas Kaffa, Stefan Antonic, Rizki Ridho, Alfeandra Dewangga; David Maulana, Beckham Putra, Supriadi; Sutan Zico, Bagus Kahfi, Witan Sulaeman;

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongStefan Antonic

Berita Terkini