x

Philip Nguyen, Kiper Liga Eropa Berdarah Vietnam yang Siap Panaskan Piala AFF 2020

Senin, 30 Maret 2020 17:45 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Philip Nguyen, Kiper Eropa Berdarah Vietnam yang Siap Panaskan AFF 2020

INDOSPORT.COM - Mengenal Philip Nguyen, kiper Liga Eropa yang memiliki darah Vietnam dan siap memanaskan gelaran Piala AFF 2020 akhir tahun nanti.

Gelaran Piala AFF 2020 sendiri dijadwalkan berlangsung pada 23 November hingga 31 Desember 2020 mendatang, namun rencana tersebut masih belum pasti lantaran pandemi virus Corona di berbagai kawasan Asia masih belum usai.

Meski begitu, beberapa negara peserta telah mempersiapkan diri demi menyambut turnamen dua tahunan terbesar di kawasan ASEAN tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satunya Timnas Vietnam, juara Piala AFF 2018 itu dikabarkan bakal memperkuat lini pertahanan mereka dengan menaturalisasi penjaga gawang Liga Republik Ceko, Filip Nguyen.

Kabar naturalisasi Filip Nguyen sendiri memang telah berhembus sejak Agustus tahun 2019 lalu, di mana federasi sepak bola Vietnam (VFF) telah berupaya untuk bisa memainkan Filip Nguyen di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. 

"VFF saat ini sedang melaksanakan prosedur untuk mendukung kiper Filip Nguyen (Republik Ceko) menjadi warga negara, dengan demikian dapat memainkan tim Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2022," tulis 24h.com.vn.

Filip Nguyen merupakan pemain keturunan Eropa yang cukup sukses di Eropa, meski lahir di Czechoslovakia namun ia mempunyai darah Vietnam yang berasal dari orang tuanya.

Filip Nguyen pun mengaku bersedia untuk melepas pasport asingnya demi bisa membela The Golden Star, bahkan penjaga gawang berusia 27 tahun tersebut dikabarkan hanya tinggal menunggu persetujuan untuk menjadi WNV.

“Permintaan saya untuk bisa menjadi warga negara Vietnam sedang diproses. Saat ini, saya sedang menunggu persetujuan resmi menjadi warga negara Vietnam dan dapat membela Timnas Vietnam,” ujar Nguyen dikutip VNExpress.

Filip Nguyen memulai karier sepak bola profesional dengan bergabung bersama Loko Vltavín dan Sparta Prague pada tahun 2012 silam. 

Setahun berselang, ia berhasil menembus skuad tim utama Sparta dan menjadi pemain pengganti dalam kemenangan atas rival sekota Dukla Prague.

Nama Filip Nguyen melambung saat memperkuat Vlasim di kasta kedua Liga Republik Ceko tahun 2016 hingga 2018, bersama The Graffin dirinya mampu mencatatkan 43 penampilan dan sempat finish di empat besar musim 2016/17.

Penampilan gemilangnya membuat Slovan Liberec, tim peraih tiga gelar Liga Republik Ceko kepincut mendatangkannya. Meski di awal musim hanya menjadi pelapis dan cuma dua kali tampil, namun Filip Nguyen berhasil membuktikan diri di tahun berikutnya bahkan langsung menjadi pilihan utama hingga musim ini.

Total selama tiga musim memperkuat Slovan Liberec, kiper dengan tinggi 192 cm ini telah mencatatkan 49 penampilan dan berhasil membawa The Modrobili finish di peringkat enam dan sempat tampil di ajang Liga Europa.

Di musim 2019/20 pun penampilannya cukup impresif, dari 23 pertandingan yang dijalani, dirinya mampu mencatatkan lima kali clean sheets dan menghantarkan Slovan Liberec bertahan di peringkat ketujuh klasemen sementara.

Baca Juga
Baca Juga

Andai Timnas Vietnam berhasli menaturalisasi Filip Nguyen, tentu bakal menambah panas tensi persaingan di Piala AFF 2020 nanti, sebab kedatangan Filip Nguyen bakal mempertemukan duel dua penjaga gawang bercita rasa Eropa.

Selain Filip Nguyen, kawasan ASEAN sendiri sebelumnya telah kedatangan satu penjaga gawang lain berdarah Eropa bernama Neil Etheridge yang memperkuat Timnas Filipina.

VietnamNaturalisasiPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamFilip Nguyen

Berita Terkini