x

Perbandingan Bek Naturalisasi Persija dan Persib, Mana yang Lebih Kokoh?

Kamis, 2 April 2020 05:30 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Persija Jakarta dan Persib Bandung nyatanya memiliki sosok bek naturalisasi Indonesia di kompetisi Liga 1 2020.

INDOSPORT.COMPersija Jakarta dan Persib Bandung nyatanya memiliki sosok bek naturalisasi Indonesia di kompetisi Liga 1 2020. Lalu siapakah yang lebih kokoh di lini belakang?

Pada bursa transfer Liga 1 musim ini, Persija berhasil menggaet bek naturalisasi Timnas Indonesia dari Persebaya Surabaya, yakni Otavio Dutra.

Sementara Persib Bandung kembali memulangkan mantan beknya yang berkarier di luar negeri, yakni Victor Igbonefo, pada jendela transfer Liga 1 2020.

Sekedar mengingatkan kembali, Igbonefo telah memainkan peran di lini belakang Persib pada kompetisi Liga 1 2018 lalu. Namun pada musim lalu ia hijrah ke klub Liga Thailand, PTT Rayong.

Baca Juga
Baca Juga

Igbonefo sendiri juga pernah mendapatkan tempat utama di Timnas Indonesia. Menurut laporan situs Soccerway, Igbonefo telah tampi sebanyak 12 kali bersama Tim Garuda.

Dengan begitu, Persib dan Persija sama-sama memiliki pemain naturalisasi, yang pernah bergabung ke Timnas Indonesia, di barisan pertahanan mereka.

Seperti yang diketahui, Dutra juga merupakan salah satu bek yang sempat membantu Timnas Indonesia bersaing di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Terhitung, mantan bek Bhayangkara FC tersebut telah memainkan dua pertandingan (melawan Vietnam dan Malaysia) bersama Timnas Indonesia di kualfikasi Piala Dunia 2022.

Lalu bagaimanakah perbandingan Dutra dan Igbonefo saat tampil di kompetisi Liga 1 2020? Berikut INDOSPORT bakal menyajikannya.

Igbonefo telah mendapatkan kepercayaan penuh dari pelatih Persib Robert Rene Albert di awal kompetisi Liga 1 2020 ini. Mengingat, ia selalu tampil di setiap laga bersama Maung Bandung.

Bek naturalisasi milik Persib Bandung, Victor Igbonefo.

Penampilan Igbonefo sendiri bisa dikatakan cukup baik, di mana ia mampu membantu Persib mencatatkan clean sheets satu kali dari tiga pertandingan Liga 1 2020.

Itu terjadi ketika Persib mampu melumat habis Persela Lamongan dengan skor 3-0. Namun mereka harus kebobolan masing-masing satu gol dalam dua laga lanjutannya (melawan Arema dan PSS Sleman).

Catatan itu bisa dikatakan cukup bagus untuk seorang pemain bertahan, mengingat mereka tidak membiarkan lawan mencetak lebih dari satu gol ke gawangnya.

Menurut laporan situs resmi Liga Indonesia, Igbonefo mampu mencatatkan 11 interceptions dan 17 clearances dalam tiga pertandingan di Liga 1 2020.

Igbonefo pun cukup disiplin dalam tiga laga awal tersebut, di mana dirinya hanya melakukan tiga pelanggaran dan satu kartu kuning.

Namun dirinya sejauh ini belum mampu membantu produktivitas Persib di Liga 1 2020. Catatan produktifnya masih kalah dari Dutra.

Baca Juga
Baca Juga

Pemain naturalisasi asal Brasil tersebut mampu mengoleksi satu gol dari satu pertandingan Liga 1 2020 yang ia mainkan bersama Persija. Gol itu ia lesatkan saat bermain imbang 2-2 dengan Bhayangkara.

Meski mampu mencetak gol, namun Dutra masih belum mampu menggungguli catatan Igbonefo di Liga 1 2020, yang hanya kebobolan satu gol dalam satu laga.

Sedangkan Dutra telah membiarkan gawang Persija kebobolan sebanyak dua kali dalam satu pertandingan. Kendati demikian, Dutra masih tak kalah jauh dari Igbonefo.

Mengingat, Dutra baru memainkan satu pertandingan Liga 1 2020. Bukan tidak mungkin jika ia mampu mengungguli Igbonefo dalam laga-laga selanjutnya. Patut dinantikan.

Persib BandungPersija JakartaVictor IgbonefoNaturalisasiOtavio DutraLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini

Berita Terpopuler