x

Musikan, Striker Legendaris Persik Kediri Yang Catatkan Gol Tercepat di Liga Indonesia

Selasa, 7 April 2020 12:43 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Yohanes Ishak
Musikan, Mantan legenda Persik Kediri yang membawa Macan Putih juara Liga Indonesia

INDOSPORT.COM - Bicara masa lalu, Persik Kediri memang menyimpan segudang romantisme indah dalam kiprahnya di sepak bola nasional. Prestasi mereka pun tergolong fenomenal, dengan meraih trofi juara Liga Indonesia dua kali pada tahun 2003 dan 2006.

Namun di luar prestasi tim, ada secuil momen besar yang dihadirkan eks penggawanya Persik Kediri. Ya, dia adalah Musikan, striker legendaris yang setia membela tim Macan Putih sejak berjuang dari kasta terbawah, hingga berjaya menembus Liga Champions Asia.

Baca Juga
Baca Juga

Meski tidak pernah menembus tim nasional, namun jangan lupa, sosok yang satu ini pernah mencatat rekor fantastis. Yakni menjadi pencetak gol tercepat di Liga Indonesia dengan durasi 22 detik saja.

Momen itu terhampar kala Persik memulai kiprahnya di Liga Indonesia Divisi Utama 2003, atau setelah promosi dari Divisi Satu. Tim besutan Jaya Hartono menyambangi markas Arema Malang, yang sudah menunggu pembalasan atas kekalahan telak 0-4 pada putaran pertama kompetisi.

Puluhan ribu Aremania yang menjejali tribun Stadion Gajayana Kota Malang pada (13/07/03), sontak kaget. Lantaran baru 22 detik, Musikan membobol gawang yang dikawal Ansar Abdullah setelah melakukan sentuhan one two dengan rekannya.

Baca Juga
Baca Juga

Para pemain tim Singo Edan seperti belum siap dengan peulit kick-off itu, sehingga membiarkan Musikan berakselerasi seorang diri. Namun wasit mengesahkan lesakan itu menjadi gol untuk Persik.

Berselang 10 menit kemudian, Musikan membuat geger lagi. Dia kembali melesakkan sepakan keras dan membuat Persik unggul 2-0 di Malang.

Meski sempat berjalan dengan tensi panas, namun hasil akhir kedua tim sama-sama imbang. Striker Arema asal Papua, Charles Is Horick menjadi pahlawan setelah memborong dua gol Arema pada menit 53 dan 61.

Arema (3-5-2) : 
Ansar Abdullah/Kurnia Sandi (K)
Hermawan, Donny Saperi, Simamo Basille (B)
Tony Febian/Muhammad Arief, Iwan Setiawan, Aji Santoso, Rodrigo Araya (kapten), Setyo Budiarto/Bayu Andra Cahyadi (T)
Charles Horick, Stanley Mamuaya (D)
Pelatih : Henk Wullems

Persik (3-5-2): 
Wahyudi (K)
Juan Carlos Tapia/Kuncoro, Siswantoro, Ari Susanto (B)
Khusnul Yuli, Aris Budi Santosa, Suswanto, Haryanto (kapten), Claudio (T)
Musikan, Bamidele Bob Manuel (D)
Pelatih ; Jaya Hartono

Persik KediriLiga Champions AsiaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini