x

Terungkap! Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Nyaris Bersatu di Real Madrid

Jumat, 10 April 2020 03:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona (kiri) dan pemain megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo

INDOSPORT.COM - Duo superstar sepak bola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, sejatinya nyaris berada dalam satu tim di Real Madrid. Hal ini tak lepas dari upaya mantan agen Messi, Horacio Gaggioli, kala itu.

Kembali ketika Lionel Messi masih sangat muda (12 tahun) dan belum bergabung dengan akademi Barcelona, La Masia. Dia dibawa oleh agennya, Gaggioli, dari Argentina ke Spanyol.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam suatu titik, Gaggioli dihadapkan dengan dua pilihan demi mengadu nasibnya sendiri, yakni antara kepindahannya ke kota Barcelona atau Real Madrid.

Dilansir dari IBTimes, keputusan hidup Gaggioli pun juga turut menentukan nasib Lionel Messi di kancah sepak bola Eropa kala itu.

“Karena keadaan hidup, saya pergi untuk tinggal di Barcelona, dan saya membawa Messi ke Barca untuk dinilai. Namun saya ingin tinggal di Madrid. Jika itu terjadi, saya akan membawanya ke Real Madrid. Itulah hidup,” ungkap Gaggioli.

Pada akhirnya Gaggioli memutuskan tinggal di Barcelona dan mendaftarkan Messi ke Barcelona pada 2001 di usianya yang masih 13 tahun.

Meski demikian, kedatangan Messi di Barcelona sempat tidak disambut oleh sejumlah petinggi klub. Kecuali mantan bintang Barca, Carles Rexach, yang kala itu menjadi CEO klub, para petinggi menganggap skeptis mengingat fisiknya yang kurang sempurna.

Hal ini membuat ayah Messi, Jorge, mengancam akan membawa anaknya ke klub lain di Spanyol. Namun, Rexach tak ingin membiarkan Messi pergi mengingat sang pemain dianggap memiliki masa depan yang cerah di depan.

Tanpa membuang waktu, Rexach pun segera merekrut Messi dalam keadaaan tanpa persiapan. Dia menulis kontrak pertama Messi di atas serbet makan yang ditandatangani oleh tiga anggota manajemen klub kala itu.

Andaikan kala itu agen dan ayah Messi membuat keputusan berbeda, bukan tidak mungkin Lionel Messi saat ini menjadi superstar Real Madrid.

Messi pun juga akan satu tim dengan rival bebuyutannya, Cristiano Ronaldo, yang bergabung ke klub ibukota Spanyol, pada 2009. Ronaldo direkrut melihat potensinya sebagai seorang striker yang menjanjikan di masa depan.

Baca Juga
Baca Juga

Kini Messi dan Ronaldo berjalan di jalur yang berbeda. Messi masih tetap setia bersama Barcelona, sedangkan Ronaldo meninggalkan Madrid setelah sembilan tahun mengabdi dan bergabung dengan Juventus.

Kendati demikian, Messi dan Ronaldo masih terlihat persaingan secara diam-diam, baik itu dalam hal jumlah gol hingga penghargaan invididu. Messi berhasil meraih enam Ballon d’Or sedangkan Ronaldo lima.

Real MadridCristiano RonaldoBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini

Berita Terpopuler