x

Apa Kabar Sol Campbell, Khianati Tottenham Demi Berjaya di Arsenal

Senin, 13 April 2020 15:24 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Mantan bek asal Inggris, Sol Campbell, sempat khianati Tottenham Hotspur demi berjaya di Arsenal. Apa kabarnya kini?

INDOSPORT.COM - Mantan bek asal Inggris, Sol Campbell, sempat khianati Tottenham Hotspur demi berjaya di Arsenal. Apa kabar dirinya kini?

Campbell lahir di wilayah Plaistow, London, Inggris 18 September 1974 silam. Dirinya telah menekuni dunia sepak bola sejak kecil.

Postur tubuh yang menjulang besar membuat Campbell dikategorikan sebagai pemain bertahan atau bek yang cukup tangguh pada masanya.

Bahkan, Campbell mendapat gemblengan langsung di akademi West Ham United sejak 1988-1989. Setelahnya, Campbell berlabuh ke Tottenham Hotspur.

Baca Juga
Baca Juga

Selama hampir tiga musim, Campbel terus mengembangkan kemampuannya. Pemain berdarah Jaimaika itu pun akhirnya mendapat kesempatan tembus ke tim senior.

Campbell menjalani debut perdana bersama Tottenham Hotspur ketika bersua Chelsea pada 1992 silam. Meski sempat mencetak satu gol, tetapi Campbell harus mengakui tim lawan lebih jago.

Permainan yang garang di lini belakang serta mentalitas mumpuni membuat suporter Tottenham Hotspur memuja Campbell, lantaran sang bek adalah produk asli akademi The Lilywhites.

Campbell juga menjadi bagian ketika Tottenham Hotspur menjuarai Piala Liga 1998-99 silam, sekaligus menjadi kapten orang kulit hitam pertama merengkuh kampiun.

Sol Campbell saat masih membela Tottenham Hotspur.

Menjelang akhir musim 2000-01, Campbell enggan memperpanjang kontraknya bersama Tottenham Hotspur. Padahal klub berkali-kali membujuk sang kapten agar bertahan.

Tottenham Hotspur tak ragu dalam memberikan gaji selangit pada Campbell. Akan tetapi tawaran tersebut tak membuat Campbell goyah untuk bisa bermain di Liga Champions.

Kesempatan tersebut membuat para rival berusaha untuk mendapatkan jasa Campbell. Akan tetapi, anehnya, malah Arsenal yang bisa memboyong sang bek.

Padahal, Campbell pernah berujar enggan bermain di klub rival. Meski demikian, Campbell tetap menjilat ludahnya sendiri dan pilihannya gabung ke Arsenal adalah tepat.

Baca Juga
Baca Juga

Campbell turut mengantarkan Arsenal meraih gelar juara Liga Inggris (2001-02 dan 2003-04), Piala FA (2001-02 dan 2004-05), runner up Liga Champions 2005-06.

Setelahnya, Campbell turut membela Portsmouth (2006-09) dan Notts County (2009). Namun siapa sangka kalau Campbell sempat kembali berseragam Arsenal pada 2010.

Performanya yang semakin turun karena termakan usia membuat Newcastle United menjadi klub terakhir yang dibela Campbell. Akhirnya, pada 2012, memilih pensiun.

Selain berkiprah dengan klub, Campbell juga sempat membela Tim Nasional Inggris U-15, U-16, U-18, U-21, B, dan senior hingga 2007 silam.

Momen Sol Campbell (kiri) mencetak gol pada laga Barcelona vs Arsenal di final Liga Champions 2005-06.

Usai pensiun, Campbell tampaknya tak ingin jauh-jauh dari dunia sepak bola. Karena dirinya turut mengambil ilmu kepelatihan dan telah memegang lisensi UEFA Pro.

Campbell mengawalinya kala menjadi asisten pelatih tim nasional Trinidad and Tobago pada 30 Januari 2017 hingga 30 Juni 2018 silam.

Lalu, Campbell menerima tawaran klub League Two Macclesfield Town selama hampir satu musim sejak 28 November 2018 hingga 15 Juni 2019 lalu.

Kini, Campbell diketahui tengah melatih klub League One Southend United. Dirinya dikontrak sejak 23 Oktober 2019 hingga 30 Juni 2022 mendatang.

ArsenalTottenham HotspurNewcastle UnitedSol CampbellPortsmouthTimnas InggrisLiga InggrisInggris U-21Apa KabarBola InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini