x

3 Bintang Eropa Ini Pernah Main dengan Striker Naturalisasi Palsu

Selasa, 21 April 2020 07:56 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Striker naturalisasi palsu Timnas Indonesia, Wanderley Santos Monteiro Junior, nyatanya pernah main dengan 3 bintang bintang Eropa, salah satunya Ramires.

INDOSPORT.COM – Striker naturalisasi palsu Timnas Indonesia, Wanderley Santos Monteiro Junior, nyatanya pernah main dengan 3 bintang bintang Eropa. Siapa sajakah mereka?

Nama Wanderley Santos sempat diperbincangkan jagat sepak bola nasional, tepatnya pada 2016 lalu saat Transfermarkt mencantumkan Indonesia di profil kewarganegaraan sang pemain.

Tak hanya situs tersebut saja, sejumlah bukti pada saat itu menunjukkan jika penyerang berkebangsaan Brasil ini memang seorang warga Indonesia asli. 

Pertama, melalui Wikipedia klub Al Nasr mencantumkan negara asal Wanderley dari Indonesia. Mereka juga mengunggah foto Wanderley dan bendera Indonesia di akun Twitter.

Namun setelah ditelisik, Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia menemukan fakta bawah paspor Indonesia milik Wanderley Santos tidak resmi.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan kata lain, Wanderley Santos telah memalsukan paspor Indonesia agar bisa bermain di Liga Uni Emirat Arab. Karena kompetisi Liga UEA meminta satu pemain Asia dalam regulasinya.

Terlepas dari itu, nyatanya striker palsu Timnas Indonesia ini nyatanya pernah memiliki pengalaman manis dengan 3 bintang Eropa. Berikut INDOSPORT merangkumnya.

Ramires

Ramires saat bertarung bersama Chelsea.

Pecinta sepak bola Liga Inggris tentunya sangat familiar dengan nama Ramires. Mengingat, dirinya pernah menjadi bagian penting klub raksasa Chelsea selama kurang lebih enam musim.

Ramires sendiri pernah menjadi rekan satu tim dengan striker naturalisasi palsu Timnas Indonesia, yakni Wanderley Santos. Itu terjadi pada musim 2008 dan 2009 silam.

Saat itu keduanya masih menjadi bagian klub Liga Brasil, Cruzeiro. Dalam dua musim itu, Ramires dimainkan sebanyak 29 kali dan mengumpulkan tujuh gol dan tiga assists di Liga Brasil.

Sementara itu, Wanderley Santos hanya diberi kesempatan untuk memainkan peran sebanyak 14 kali dalam dua musim. Ia juga menyumbangkan satu gol dan satu assists.

Gilberto

Sama seperti Ramires, Gilberto juga pernah bekerja sama dengan Wanderley Santos saat masih menjadi bagian Cruzeiro pada musim 2009 silam.

Pada Liga Brasil 2009 silam, pria yang kini sudah menginjak usia 43 tahun tersebut memainkan 11 pertandingan dengan torehan dua gol dan dua assists.

Sekedar mengingatkan kembali, Gilberto merupakan pemain yang cukup sering berkelana di liga elite Eropa. Ia pernah tampil bersama Inter Milan, Hertha Berlin dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga
Baca Juga

Ronaldinho

Nomor punggung dengan angka besar sempat dikenakan Ronaldinho saat di AC Milan, yakni 80.

Ketimbang dua nama pemain di atas, sosok yang satu ini tentunya lebih fenomenal. Bagaimana tidak, Ronaldinho sudah banyak mencicipi klub raksasa Eropa.

Dirinya memulai karier di Eropa bersama Paris Saint Germain pada periode 2001-2003. Penampilan apiknya di PSG membuat Barcelona bersedia membajaknya ke Spanyol.

Membantu Barcelona meraih berbagai gelar, Ronaldinho pun akhirnya hijrah ke klub raksasa Serie A Liga Italia, AC Milan.

Terlepas dari itu, Ronaldinho pernah main bareng dengan Wanderley Santos saat berseragam Flamengo pada musim 2011 lalu. Kerja sama mereka terbilang cukup singkat.

Menurut Transfermarkt, Wanderley Santos hanya memainkan enam laga dengan catatan satu assists. Sedangkan Ronaldinho mampu meraih 14 gol dan tujuh assists dari 31 laga.

RamiresRonaldinhoNaturalisasiBola InternasionalWanderley Santos Monteiro JuniorTRIVIA

Berita Terkini