x

Berawal dari Sekolah Pertanian, Tinus Pae Nyaris ke Persib

Sabtu, 25 April 2020 17:41 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
Bek Kanan Persipura Jayapura, Yustinus Pae, dalam konferensi pers usai laga.

INDOSPORT.COM - Yustinus Pae atau yang akrab disapa dengan Tipa nyaris memperkuat Persib Bandung saat dirinya masih berseragam SMA, tepatnya di Sekolah Pertanian Cianjur.

Saat itu, Tipa menjadi salah satu siswa berprestasi di Sekolah Pertanian Koya, Kota Jayapura, yang dikirim ke Cianjur untuk melanjutkan pendidikan di sana.

Semasa menjalani pendidikan di sana, Tipa kerap mendapat ajakan bermain sepak bola dari warga setempat. Karena punya potensi besar, ia disarankan ikut seleksi di Persib Bandung.

Baca Juga
Baca Juga

"Waktu dengar itu, saya langsung tertarik. Dan saya pikir itu peluang yang sangat bagus buat saya kalau bisa bermain di Persib. Itu menjadi salah satu impian saya juga," ujar Tipa, Sabtu (25/4/20).

Tipa akhirnya menamatkan sekolahnya di Sekolah Pertanian Cianjur pada 2002. Saat itu ia ingin melanjutkan pendidikan ke Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Ia merasa itu bisa membantunya untuk lebih dekat mewujudkan impiannya sebagai sarjana sekaligus pemain bola, mengingat jenjang perguruan tinggi sering menggelar turnamen sepak bola.

"Saya pikir itu bisa membantu saya lebih dekat ke arah sepak bola profesional. Dan mungkin bisa lebih dekat menuju Persib karena yang jelas pasti banyak teman yang bisa memberikan informasi untuk masuk ke Persib. Saya tertarik, karena di masa itu untuk masuk ke Persipura sangat sulit," ungkapnya.

Baca Juga
Baca Juga

Sayang, impian Tipa itu tak kesampaian. Ia diminta pulang ke kampung halamannya oleh orang tuanya lantaran tak memiliki cukup biaya.

Andai saja Tipa jadi melanjutkan pendidikannya di IPB kala itu, mungkin nasibnya akan berbeda. Bisa jadi ia akan memperkuat Persib.

Persib BandungPersipura JayapuraLiga IndonesiaLiga 1Yustinus PaeBerita Liga 1

Berita Terkini