x

Mulai Bergulir, Liga Korea Selatan Terapkan Sejumlah Aturan Baru

Sabtu, 9 Mei 2020 15:53 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Yohanes Ishak
Liga sepak bola Korea Selatan (K-League) resmi digelar di tengah pandemi corona, Jumat (08/05/20) dengan mempertemukan Jeonbuk Motors vs Suwon Bluewings.

INDOSPORT.COM – Liga sepak bola Korea Selatan (K-League) resmi digelar di tengah pandemi virus corona, Jumat (08/05/20) dengan mempertemukan Jeonbuk Motors vs Suwon Bluewings.

K-League yang merupakan kompetisi sepak bola terakbar di Korea Selatan sedianya mulai digelar akhir Februari lalu. Namun, ajang itu kemudian ditangguhkan akibat pandemi corona yang memang menyerang benua Asia lebih awal.

Kini, hanya dua bulan kemudian, kondisi di negeri ginseng itu mulai membaik sehingga Federasi Sepak Bola Korea mengizinkan kompetisi digelar lagi. Dalam laga pembuka, Jeonbuk Motors yang merupakan juara bertahan selama 3 musim terakhir, berhasil menundukkan Suwon Bluewings dengan skor 1-0.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, karena pandemi corona belum benar-benar berakhir, sejumlah aturan baru pun diterapkan dalam kompetisi ini. Tak  hanya di luar lapangan, sejumlah aturan tersebut juga meliputi kegiatan di dalam lapangan.

Dilansir BBC, beberapa aturan itu di antaranya adalah larangan jabat tangan, larangan berbicara antar pemain, dan tim pelatih yang berada di bangku cadangan harus mengenakan masker.

Selain itu, sejumlah larangan juga melibatkan hal-hal yang sering dilakukan pemain ketika di lapangan. “Meludah dan membersit hidung merupakan hal yang dilarang dan para pemain diharapkan tidak terlibat pembicaraan jarak dekat,” kata petugas komunikasi K-League, Woo Cheoung-sik.

“Selama pertandingan, pemain yang meludah dan berbicara dalam jarak dekat karena faktor kebiasaan akan menerima peringatan,” tambahnya.

Aturan itu pun ditanggapi oleh penyerang andalan Bluewings, Adam Taggart. “Aturan larangan berbicara itu sulit. Meskipun saya tidak bisa berbahasa Korea, komunikasi dengan rekan setim tetap bisa berjalan. Bakal ada banyak kartu merah jika para pemain mendapat hukuman saat berbicara.”

Baca Juga
Baca Juga

Ia pun turut berpendapat soal kewajiban mengenakan masker bagi tim pelatih yang ada di bangku cadangan. “Mungkin itu aneh bagi orang lain, tapi di sini itu hal normal. Saya sendiri merasa mengenakan masker sudah menjadi kebiasaan baru.”

“Saya merasa seperti telanjang ketika berlari tanpa mengenakan masker. Saya seperti anak nakal,” tutup pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak musim lalu ini.

Laga Jeonbuk vs Suwon Bluewings sendiri akhirnya berakhir 1-0 untuk kemenangan Jeonbuk. Gol tunggal kemenangan mereka dicetak penyerang veteran Lee Dong-Gook pada menit ke-84.

Korea SelatanBola InternasionalJeonbuk Hyundai MotorsK-LeagueJeonbuk MotorsSepak BolaVirus Corona

Berita Terkini