x

Statistik Miswar vs Hilman, 2 Kiper Muda Berebut Posisi Inti PSM

Kamis, 14 Mei 2020 18:37 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Berikut statistik antara Miswar Saputra dan Hilmansyah, dua kiper muda yang saling berebut posisi inti di klub Liga 1 PSM Makassar, pada beberapa laga yang telah dimainkan sebelumnya.

Miswar dan Hilman menjadi dua opsi terdepan PSM untuk mengisi posisi kiper inti sebab keduanya dinilai memiliki skill yang masih bisa berkembang dan juga telah berpengalaman.

Sejatinya, PSM masih memiliki dua kiper lain yakni Syaiful Syamsuddin dan Reza Arya Pratama, namun performa dan pengalaman keduanya dinilai belum selevel dengan Miswar maupun Hilman.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi virus corona, PSM telah memainkan delapan laga resmi dengan rincian tiga laga diajang Liga 1 2020 dan sisanya diajang Piala AFC 2020.

Dari delapan laga tersebut, Miswar membukukan lima penampilan, dimana catatan tersebut lebih unggul sedikit dari Hilman yang baru dimainkan sebanyak tiga kali pada musim ini.

Sayang, Miswar dan Hilman belum sekalipun mencatatkan cleansheet (nirbobol) setiap kali dimainkan dimana total gawang PSM telah dirobek sebanyak sembilan kali.

Walau selalu kebobolan setiap kali bermain, mantan kiper PSM, Deny Marcel menilai pasang surut performa Miswar dan Hilman merupakan hal yang wajar sebab semua pesepakbola pasti mengalaminya.

"Intinya semua kiper PSM memiliki kualitas sama bagusnya sekalipun semuanya muda pun tidak asa masalah. Cuma harus sering dikasih menit bermain saja sehingga menemukan pengalaman berlaga," ungkap Deny.

Lantas bagaimanakah statistik performa Miswar Saputra dan Hilmansyah di PSM Makassar? Berikut awak redaksi berita olahraga sampaikan untuk anda.

Piala AFC 2020

Diajang Piala AFC 2020, Miswar tampil sebanyak empat kali dengan catatan lima kebobolan yang terbagi ke dalam dua laga di fase play-off dan sisanya di fase penyisihan grup H.

Meski demikian, terkhusus di fase penyisihan grup, eks Persebaya Surabaya musim lalu ini mampu mencatatkan total enam kali penyelamatan atau rata-rata tiga kali disetiap laganya.

Selain itu, sebagai kiper modern, Miswar juga sangat aktif terlibat dalam penguasaan bola dengan catatan 40 kali operan sukses dari total 48 kali dan mencapai akurasi hingga 85 persen.

Sementara itu, Hilman baru tampil sekali diajang Piala AFC 2020 tepatnya pada laga ketiga penyisihan grup H melawan Kaya FC yang berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Pada laga tersebut, Hilman mencatatkan dua kali penyelamatan dan akurasi operan sebesar 60 persen yang berasal dari 18 kali operan sukses dari 30 kali percobaan.

Liga 1 2020

Di ajang Liga 1 2020, Hilman tampil sebanyak dua kali dan harus merasakan pahitnya kebobolan disetiap laga tersebut. Begitupun dengan Miswar yang telah kebobolan sekali dari satu laga.

Hilman mencatatakan 11 kali penyelamatan dan masuk ke dalam jajaran kiper tersibuk diajang Liga 1 2020. Ia hanya kalah dari kiper Persib Bandung, Teja Paku Alam, dengan koleksi 13 penyelamatannya.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, Miswar mencatatkan lima kali penyelamatan dari satu kali penampilan. Meski demikian, Hilman masih unggul dengan rata-rata 5,5 kali penyelamatan diajang Liga 1 2020.

Namun, dari segi keterlibatan dalam penguasaan bola, Miswar lebih unggul. Kiper asal Aceh ini mencatatkan akurasi operan hingga 81 persen berbanding 65 persen milik Hilman.

Statistik Misawar Saputra (kiri) & Hilman Syah (kanan) di tahun 2020 bersama PSM Makassar
PSM MakassarPiala AFCLiga IndonesiaLiga 1HilmansyahBola IndonesiaMiswar SaputraBerita Liga 1

Berita Terkini