x

Apa Kabar Leo Soputan? Eks Dua Klub Saudara di Kota Tangerang

Minggu, 17 Mei 2020 20:08 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Bagi para pencinta sepak bola Indonesia periode 1990 hingga 2000-an pasti tak asing dengan nama Leo Soputan, legenda Persikota dan Persita Tangerang.

INDOSPORT.COM - Bagi para pencinta sepak bola Indonesia khususnya pada periode 1990 hingga 2000-an pasti tak asing dengan nama Leo Soputan yang merupakan eks dua klub bersaudara di Kota Tangerang.

Pria dengan nama lengkap Akira Leonard Soputan ini lahir di Kota Manado, Sulawesi Utara pada 18 April 1976 dan menjelma sebagai pesepak bola yang tenar bersama Persita Tangerang dan Persikota Tangerang.

Baca Juga
Baca Juga

Leo Soputan mengawali karir sepak bolanya bersama Persma Manado pada tahun 1993 hingga 1994 dan kemudian memperkuat Tim Sepak Bola Sulut diajang PON XIV Jakarta di tahun 1996.

Tak disangka, Leo Soputan berhasil meraih prestasi terbaik dalam sejarah Sulut diajang PON dengan mempersembahkan medali perunggu setelah mengalahkan Sulsel pada laga perebutan tempat ketiga.

Setelah itu, Leo Soputan hengkang ke Pelita Jaya yang dijuluki sebagai Los Galacticos sebab dihuni banyak pemain berlabel Tim Nasional Indonesia seperti Ansyari Lubis dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Pada tahun 1998, Leo Soputan yang berposisi sebagai bek tengah memulai cerita indahnya di Kota Tangerang dengan bergabung ke klub berujuluk La Viola, Persita.

Namun, setahun berselang pengidola Herri Kiswanto dan Paolo Maldini ini kembali lagi ke pelukan Pelita Jaya lalu Persijatim (kini Sriwijaya FC) pada tahun berikutnya.

Skenario yang hampir sama kembali terulang, Leo Soputan membela Persita pada tahun 2003 hingga 2005 lalu hengkang ke Arema Malang pada tahun 2006 dan kembali lagi di tahun 2007.

Pada tahun 2008, Leo Soputan memilih kembali ke Sulut untuk memperkuat Persibom Bolaang Mongondow dengan misi mengakhiri musim diperingkat kesembilan Wilayah Timur agar lolos ke Indonesia Super League (ISL).

Sayang, Persibom hanya bisa bertengger diperingkat ke-10 klasemen akhir Wilayah Timur sehingga tak lolos ke ISL 2008/09 dan harus menerima nasib kembali berkompetisi diajang Divisi Utama.

Leo Soputan pun memilih kembali ke Tangerang pada tahun 2009 namun kali ini memperkuat Persikota hingga pada akhirnya mengakhiri karir sebagai pesepak bola profesional pada tahun 2012.

Lantas, apa kabar Leo Soputan saat ini? Berikut awak redaksi berita olahraga INDOSPORT sampaikan untuk anda.

Saat ini, Leo Soputan melanjutkan karir di dunia sepak bola sebagai juru taktik dan telah memiliki lisensi kepelatihan level B AFC sejak pertengahan tahun 2019 lalu.

Ia kini menjadi asisten Ricky Nelson bersama klub Liga 2 2020, Sulut United, dan posisi tersebut telah dijalankan oleh Leo Soputan sejak awal musim Liga 2 2019 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya melanjutkan karir sebagai pelatih karena memang sudah menjadi cita-cita sejak saat masih aktif bermain," ungkap Leo Soputan kepada INDOSPORT via aplikasi pesan instan WhatsApp, Sabtu (16/05/20).

Sebelum bergabung ke Sulut United, Leo Soputan mengawali karier kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih bersama Pro Duta (2017) dan Persita pada tahun 2018.

"Saya bergabung ke Sulut United karena menjadi kesempatan untuk melatih dan membina pesepak bola asal daerah ini agar bisa mengangkat nama Sulut di kancah sepak bola nasional," jelas Leo Soputan.

Untuk saat ini, Leo Soputan dibebas tugaskan oleh Sulut United sebab Liga 2 2020 dihentikan sejak pertengahan Maret lalu dan para pemain pun telah diberi izin untuk pulang ke daerahnya masing-masing.

Persita TangerangPersikota TangerangLiga IndonesiaBola IndonesiaSulut UnitedApa KabarLeo Soputan