x

Tujuh Pesepak Bola Terpendek di Dunia yang Menarik Perhatian

Minggu, 17 Mei 2020 14:23 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Benedict Vilakazi (kiri), mantan pemain Timnas Afrika Selatan.

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, dan Diego Costa dapat dikatakan sebagai contoh pesepakbola yang memiliki tinggi badan yang ideal. Lalu bagaimanakah dengan mereka yang bertubuh pendek? Dapatkah mereka mendapat perhatian mata pecinta sepakbola dunia?

Memang tidak bisa dipungkiri jika Cristiano Ronaldo memiliki tinggi dan postur badan yang sempurna untuk pesepak bola pada masa kini. Tidak banyak pemain yang memiliki tubuh seperti dirinya, sehingga wajar Ronaldo sering mendapatkan penghargaan individu atau tampil sebagai bintang iklan dalam berbagai produk tertentu.

Beberapa pemain lainnya tentu ingin memiliki lekuk tubuh yang ideal layaknya sang megabintang Juventus tersebut. Walaupun tidak memiliki tinggi badan yang sama, setidaknya mereka memiliki bentuk badan yang menyerupai pemain berkebangsaan Portugal itu. 

Baca Juga
Baca Juga

Namun rupanya, cukup banyak pemain yang memiliki tinggi badan yang kurang sempurna. Meski memiliki fisik tidak ideal bagi pesepak bola, deretan pemain ini ternyata mampu menyedot perhatian mata dunia berkat aksinya yang memukau saat mengolah si kulit bundar.

Mungkin, tak sedikit yang langsung terbesit dalam benak pikiran salah satu pemain terpendek namun sukses saat ini ada pada diri gelandang klub Liga Inggris, Chelsea asal Prancis, N'Golo Kante.

Pemain bintang klub Liga Inggris, Chelsea, NGolo Kante.

Ya, Kante yang bertinggi 168cm sudah meraih banyak gelar bergengsi, seperti 2 gelar Liga Inggris, dan masing-masing satu gelar Piala FA, Liga Europa,dan Piala Dunia.

Mantan pemain Leicester City ini merupakan salah satu contoh pemain sepak bola terpendek namun punya peranan penting bagi Chelsea maupun Timnas Prancis.

NGolo Kante dan Blaise Matuidi bersama trofi Piala Dunia 2018.

Lalu, siapa sajakah deretan pemain sepak bola lainnya yang masuk kategori pendek namun mampu menjadi daya tarik publik? Berikut ulasannya:

1. Rui Barros

Rui Barros, eks pemain Juventus.

Mantan pemain profesional ini pernah bermain di berbagai klub Eropa, seperti Juventus, AS Monaco, Olympique Marseille, dan FC Porto.

Dirinya juga merupakan mantan pemain timnas Portugal era 1980 hingga 1990an. Bermain sebagai gelandang serang, Rui Barros memiliki tinggi badan 160cm. Menurut catatan dari berbagai sumber, pria yang kini berusia 54 tahun ini telah mencetak 43 gol dan 191 penampilan bersama FC Porto. Bersama klub tersebut, saat ini dirinya telah dipercaya menjadi bagian dari staf kepelatihan.

2. Elton Jose Xavier Gomes

Elton Gomes, pesepak bola bertinggi 154cm.

Pada tahun 2009, Elton pernah memperkuat Steaua Bucharest. Kini, dirinya bermain di Liga Arab Saudi bersama klub Al-Wehda. Tinggi badannya yang hanya 154cm, tidak menghalanginya untuk menjadi gelandang serang bersama klubnya tersebut.

Meski memiliki tubuh yang pendek, namun pemain berusia 34 tahun itu pernah dijuluki Diego Maradona-nya Arab Saudi, karena gaya bermainnya yang gesit dan lincah seperti sang legenda asal Argentina tersebut.

3. Madson Formagini Caridade

Madson Formagini Caridade (kiri) saat masih bermain di Santos.

Pemain berusia 33 tahun ini dikabarkan bermain untuk klub asal Brasil, Fortaleza. Memiliki tinggi badan 157cm, Formagini memiliki kemampuan menggiring bola yang cukup menawan. Ia juga dikenal dengan kelebihannya yang mampu memotong umpan dari lawan.

Di Brasil, namanya sempat mencuat kala dirinya bermain untuk Santos di tahun 2009 hingga 2011 lalu.


1. 4. Levi Porter

Levi Porter saat bermain bagi klub Liga Inggris, Leicester City di tahun 2006 lalu.

Levi Porter saat ini berusia 33 tahun dan bermain bagi klub kasta bawah Liga Inggris, Oadby Town FC yang memiliki tinggi badan 160cm.

Dia juga pernah bermain untuk klub Liga Inggris, Leicester City sekitar tahun 2006 hingga 2010 dan perlu diketahui juga, jika Levi Porter merupakan produk akademi dari klub juara Liga Inggris tahun 2016 lalu tersebut.

5. Benedictus Vilakazi

Benedict Vilakazi (kiri), mantan pemain Timnas Afrika Selatan.

Benedict merupakan pemain asal Afrika Selatan yang mendapat julukan "Napoleon Kecil". Dia pernah bermain untuk timnas saat Piala Dunia 2006 di Jerman yang lalu. 

Meski memiliki tinggi badan 157cm, Benediktus memiliki fisik yang kuat saat berduel dengan lawannya.

6. Maximiliano Moralez

Maxi Morales saat masih di Atalanta.

Pemain berkebangsaan Argentina ini pernah dikabarkan merupakan pemain sepak bola terpendek di Serie A Italia, dirinya memiliki tinggi badan 160cm dan bermain untuk klub Atalanta dari tahun 2011 hingga 2015 lalu.

Kini, pemain berusia 33 tahun itu bermain bagi klub Amerika Serikat di kompetisi MLS, New York City sejak tahun 2017.

Baca Juga
Baca Juga

7. Marcin Garuch

Marcin Garuch, pemain asal Polandia.

Mungkin dapat dikatakan pemain berkebangsaan Polandia ini merupakan pemain terpendek di dunia pada masa kini. Marcin Garuch yang lahir pada tanggal 14 September 1988 silam ini memiliki tinggi badan 154cm dan bermain sebagai pemain sayap untuk klub Miedz Legnica, klub asal negara asalnya sendiri di divisi keempat Liga Polandia.

Cristiano RonaldoChelseaJuventusN'Golo KanteBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini